Mengenal Apa Itu Crypto Wallet dan Jenisnya, Pemula Wajib Tahu!

Default

Cryptocurrency wallet menjadi salah satu perangkat lunak yang wajib dimiliki oleh para trader. Sebab, dompet digital ini merupakan jembatan untuk berbagai transaksi kripto dalam blockchain.

Perkembangan dunia cryptocurrency yang semakin melejit membuat banyak orang tertarik dan mulai mencoba investasi satu ini. Namun, perlu beberapa persiapan sebelum mulai berinvestasi aset kripto.

Salah satunya adalah dengan mempersiapkan dompet digital atau cryptocurrency wallet untuk transaksi kripto. Masing-masing dompet dibedakan berdasarkan tingkat keamanan dan likuiditas.

Nah, jika kamu masih bingung soal dompet kripto, sebaiknya kamu simak penjelasan mengenai apa itu crypto wallet dan jenis-jenisnya yang sudah Jaka siapkan di artikel ini. Langsung cek, yuk!

Mengenal Apa Itu Crypto Wallet

Apa Itu Crypto Wallet 917fa

Cryptocurrency adalah mata uang digital terdesentralisasi yang dikembangkan dengan teknologi blockchain. Mata uang ini umum digunakan untuk melakukan transaksi virtual dalam jaringan internet.

Crypto dilengkapi dengan teknologi kriptografi. Selain bertugas untuk mengamankan dan memverifikasi transaksi, teknologi ini juga dapat mengendalikan pembuatan unit baru dari mata uang kripto tertentu.

Sementara itu, kripto disimpan dalam dompet digital yang disebut dengan crypto wallet. Crypto wallet adalah program perangkat lunak yang berfungsi untuk mengirim dan menerima mata uang kripto.

Garis besarnya, crypto wallet merupakan tempat kamu menyimpan seluruh aset kripto yang kamu miliki dalam blockchain. Fungsinya agar seluruh aset kripto yang kamu miliki dapat tersimpan dengan aman.

Untuk alasan keamanan, terdapat 2 kunci yang harus dimiliki oleh setiap pengguna. Pertama, ada kunci privat atau private key yang hanya boleh diketahui oleh penggunannya.

Kedua adalah kunci publik yang biasanya diperoleh ketika pengguna baru melakukan pendaftaran crypto. Kunci publik ini juga bersifat umum sehingga tidak masalah jika diketahui oleh orang-orang.

Dompet kripto ini menggunakan kunci publik dan privat secara bersama-sama. Nantinya, kunci privat ini bersifat rahasia dan seluruh aset kripto yang dimiliki bisa hilang jika kunci privat ini diretas oleh orang lain.

Jenis Crypto Wallet yang Perlu Diketahui

Crypto Wallet 4ad5d

Terdapat berbagai jenis dompet kripto yang bisa kamu gunakan. Setiap jenis dompet kripto dibedakan berdasarkan karakteristik, likuiditas, dan tingkat keamanannya. Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Hosted Wallet

Hosted wallet adalah jenis wallet yang paling populer dan mudah diatur. Salah satu contohnya adalah ketika kamu membeli aset kripto melalui platform exchange seperti PancakeSwap.

Salah satu keuntungan menggunakan hosted wallet adalah kamu tak perlu khawatir apabila lupa private key atau public key. Kamu pun tidak perlu takut kehilangan seluruh kripto yang dimiliki meski lupa kata sandi.

2. Hardware Wallet

Hardware wallet adalah perangkat keras fisik yang memiliki ukuran serupa dengan flashdisk. Di dalam dompet ini tersimpan private key pada aset kripto kamu secara offline.

Kebanyakan orang memilih untuk tidak menggunakan hardware wallet karena lebih rumit dan biayanya yang cukup tinggi. Namun, bagi sebagian orang, dompet perangkat keras ini menjadi pilihan yang menarik.

3. Cold Wallet

Cold wallet adalah jenis wallet dengan private key akan dicetak pada selembar kertas sehingga membuat dompet ini lebih unik. Dompet ini disimpan secara offline dan tidak memiliki koneksi ke internet.

Cold wallet sangat aman karena untuk mendapatkannya, seseorang harus memiliki akses langsung terhadap kertas tersebut untuk mendekripsi dompet kamu. Jadi, pastikan kamu menyimpannya di tempat aman, ya!

4. Non-Custodial Wallet

Non-custodial wallet merupakan jenis wallet yang memberikan kendali penuh atas kripto milimu dan tidak bergantung pada pihak ketiga untuk menjaga keamanan aset milik kamu.

Meskipun dompet ini menyediakan software yang berfungsi untuk menyimpan aset kripto, kamu tetap bertanggung jawab untuk mengingat dan menjaga kata sandi dari dompet kripto milikmu.

Akhir Kata

Cryptocurrency wallet adalah perangkat lunak yang merupakan kunci untuk mengirim atau menerima berbagai token kripto dalam jaringan blockchain. Dengan dompet kripto, semua aset akan tersimpan dengan aman.

Baca juga artikel seputar Pola Candlestick, Crypto Blockchain, DApps, NFT, atau artikel menarik lainnya dari Reishatia.

ARTIKEL TERKAIT
Metamask Ebee6
Download MetaMask Terbaru 2022, Lengkap dengan Cara Daftar!
Cryptokitties 6f867
CryptoKitties: Cara Main dan Mendapatkan CryptoKitty Termahal
Axie Infinity Apk A14a5
Download Axie Infinity APK v1.2.6 Terbaru 2022, Rawat Pet Virtual & Hasilkan Cuan!
The Sandbox 9f685
The Sandbox: Penjelasan, Cara Main, & Menghasilkan Token SAND
Rise City Nft 33b2e
Rise City NFT: Panduan Lengkap dan Cara Menambang Kripto
Kaka Nft World C782a
KAKA NFT World: Cara Daftar, Main, & Menghasilkan Kripto
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal