17 Aplikasi Pinjaman Online Terbaik & Terpercaya 2023, Terdaftar di OJK!

Default

Aplikasi pinjaman online bisa jadi jalan solusi ketika kamu sedang butuh dana darurat, baik untuk kebutuhan personal, biaya sehari-hari, hingga berbagai keperluan mendesak lainnya.

Tapi ingat, tidak semua layanan ini menawarkan bunga rendah terpercaya, loh. Adanya beberapa layanan yang belum terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menjadi alasan kamu kenapa harus lebih waspada.

Oleh karena itu, kamu wajib cek dulu legalitas dari setiap aplikasi penghasil uang tercepat agar tidak tertipu dan malah mengalami kerugian.

Untungnya kamu tak perlu bingung lagi mencari aplikasi pinjaman online terbaik 2023, sebab berikut ini sudah Jaka siapkan rekomendasi pinjol terpercaya yang dikenal menawarkan bunga rendah dan tercatat di OJK!

1. AdaKami

AdaKami
Sumber foto: Play Store - pinjaman online bunga rendah

AdaKami merupakan salah satu platform Peer-to-Peer (P2P) lending atau pinjaman online yang dikembangkan oleh PT Pembiayaan Digital Indonesia. Aplikasi ini sudah mendapat izin beroperasi dari OJK sejak 13 Desember 2019.

TKB90 milik AdaKami mencapai 99,89%. TKB90 adalah ukuran tingkat keberhasilan penyelenggara P2P lending dalam menfasilitasi penyelesaian kewajiban pinjam meminjam dalam jangka waktu sampai dengan 90 hari terhitung sejak jatuh tempo.

Hingga kini, aplikasi AdaKami tercatat telah menyalurkan pinjaman hingga belasan triliun dengan pengguna mencapai lebih dari 2 juta orang. Aplikasi ini sendiri menawarkan tenor cicilan mulai dari 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan dengan limit hingga Rp20 juta.

Keterangan AdaKami
Nominal Pinjaman Rp3 juta ribu-Rp20 juta
Tenor 3 bulan - 12 bulan
Bunga 3% per bulan

>>> Download AdaKami APK <<<

2. Jenius

Jenius
Sumber foto: Play Store - pinjaman online bunga rendah tenor panjang

Jenius adalah sebuah aplikasi perbankan digital yang diluncurkan oleh Bank BTPN pada 11 Agustus 2016. Aplikasi ini membantu penggunanya melakukan aktivitas finansial seperti menabung, bertransaksi, mengatur keuangan, hingga memiliki rekening bank.

Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan para penggunanya untuk bisa melakukan pinjaman online melalui fitur Flexi Cash. Nasabah Jenius terpilih bisa mengajukan fasilitas pinjaman melalui aplikasi Jenius.

Saat ini, Jenius BTPN memberikan pinjaman Flexi Cash mulai dari Rp500 ribu sampai Rp200 juta. Kamu bisa ajukan pinjaman online limit hingga Rp200 juta bunga rendah hanya 1,75 persen saja tanpa jaminan.

Kamu hanya memerlukan KTP sebagai satu-satunya persyaratan dokumen yang dibutuhkan dalam aplikasi ini. Persyaratan lain yang harus dipenuhi adalah batas minimal usia yang berada di angka 21 tahun.

Keterangan Jenius
Nominal Pinjaman Rp500 ribu-Rp200 juta
Tenor 1 bulan - 36 bulan
Bunga 0,99% - 3,50% per bulan

>>> Download Jenius APK <<<

3. Kredivo

Kredivo
Sumber foto: Play Store - pinjaman online bunga rendah tenor panjang

Kartu kredit digital pertama yang Jaka rekomendasikan adalah Kredivo. Aplikasi satu ini bisa kamu gunakan untuk belanja di merchant e-Commerce yang kamu inginkan.

Cara pendaftaran Kredivo mudah dan cepat banget karena bisa dilakukan lewat aplikasi pinjol bunga rendah ini di HP. Kredivo juga memiliki sistem dengan tingkat keamanan setara bank.

Kamu bisa memilih tenor pinjaman yang kamu inginkan, mulai dari 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan. Bunganya juga cukup kecil, yaitu 2,95% saja, geng.

Kerennya lagi, kamu nggak perlu membayar DP barang yang ingin kamu beli. Cicilan bakal langsung disesuaikan dengan lama tenor dan besarnya pinjaman.

Keterangan Kredivo
Nominal Pinjaman Rp1,5 juta-Rp30 juta
Tenor 1 bulan - 12 bulan
Bunga 0% - 2,95% perbulan

>>> Download Kredivo APK <<<

4. Akulaku

Aplikasi Pinjaman Online Bunga Rendah Akulaku
Sumber foto: Play Store - pinjaman online bunga rendah

Pinjaman online pribadi berupa kartu kredit digital berikutnya adalah Akulaku. Melalui aplikasi ini, kamu dapat membeli barang dengan cicilan di merchant yang bekerja sama dengan Akulaku.

Cara mengajukan kredit HP online atau barang lainnya di Akulaku sangat mudah. Setelah kamu download dan install aplikasi Akulaku, kamu cuma harus mengupload foto KTP dan ID Card karyawan.

Setelah disetujui, kamu bisa belanja di merchant seperti blibli.com, Bukalapak, Tokopedia, dan lain sebagainya. Selain untuk mencicil, kamu juga bisa melakukan pinjaman online, lho.

Untuk mencicil tanpa kartu kredit, kamu diwajibkan untuk membayar DP hingga 15% dulu. Aplikasi pinjaman online bunga rendah tenor panjang ini punya limit hingga Rp20 juta.

Keterangan Akulaku
Nominal Pinjaman Hingga Rp20.000.000,-
Tenor 1 bulan - 15 bulan
Bunga 1% - 40%

>>> Download Akulaku APK <<<

5. Tokopedia

Tokopedia
Sumber foto: Play Store - pinjaman online Tokopedia

Tokopedia ternyata juga menyediakan layanan pinjaman uang tunai, selain hadir sebagai platform marketplace. Melalui fitur bernama Dana Instan, para pengguna Tokopedia bisa mendapatkan alternatif sumber dana darurat.

Pinjaman online Tokopedia adalah program kerja sama Tokopedia dengan mitra penyedia pinjaman. Para pengguna Tokopedia bisa mengajukan permohonan pinjaman dana secara online melalui situs atau aplikasi.

Menurut informasi dari laman resminya, pinjaman online Tokopedia sudah terdaftar secara resmi dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pinjaman online Tokopedia ini sendiri difasilitasi oleh perusahaan pinjol Finmas dan KreditPintar.

Tokopedia menawarkan pinjaman dana dengan bunga pinjaman mulai dari 2,72 persen per bulan. Persyaratan yang dibutuhkan untuk bisa meminjam dana di Tokopedia, seperti KTP, slip gaji, dan Warga Negara Indonesia.

Keterangan Tokopedia
Nominal Pinjaman Hingga Rp6.000.000,-
Tenor 2 bulan - 6 bulan
Bunga 2,72% - 3,40%

>>> Download Tokopedia APK <<<

6. Home Credit

Aplikasi Pinjaman Online Bunga Rendah
Sumber foto: Play Store - pinjaman online bunga rendah OJK

Bagi kamu yang ingin mencicil tanpa kartu kredit, kamu juga bisa coba melalui aplikasi pinjol bunga kecil Home Credit.

Untuk mengajukan cicilan, modalnya cukup KTP dan satu dokumen pendukung seperti kartu keluarga, buku tabungan, SIM, dan sebagainya, lho!

Setelah itu, kamu bisa belanja di merchant-merchant yang bekerja sama dengan Home Credit dan dapatkan cicilan mulai dari 10 bulan sampai 18 bulan.

Keterangan Home Credit
Nominal Pinjaman Rp750 ribu-Rp20 juta
Tenor 10 bulan-18 bulan
Bunga mulai dari 0% perbulan

>>> Download Home Credit APK <<<

7. Modalku

Modalku
Sumber foto: Play Store - aplikasi pinjaman online 24 jam

Modalku adalah platform pendanaan digital bagi UMKM berbasis teknologi finansial di Indonesia. Cara kerja Modalku adalah menghubungkan UMKM berpotensi dengan pendana agar mereka bisa saling mendukung.

Bunga yang ditawarkan cukup rendah hingga 17% saja per tahun. Tenornya juga tersedia mulai dari 1-24 bulan. Kamu bisa pinjam dana rendah mulai dari Rp100.000, dan risiko terkendali dengan proses yang mudah.

Tak cuma di Indonesia, tapi Modalku juga sudah hadir di beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Jadi, dipastikan sudah aman dan diawasi OJK, ya!

Keterangan Modalku
Nominal Pinjaman mulai dari Rp100.000
Tenor 1 bulan-24 bulan
Bunga hingga 17% per tahun

>>> Download Modalku <<<

8. JULO

Homepage 2 Cut
Sumber foto: Play Store - aplikasi pinjaman online terpercaya

Kalau tadi bahas kartu kredit digital, sekarang ada aplikasi pinjaman online langsung cair tanpa ribet. Rekomendasi pertama adalah JULO yang bisa memberikan pinjaman hingga Rp15 juta.

Cukup dengan mengunduh aplikasinya ke HP kamu, isi data pribadi, dan menunggu proses verifikasi yang cepat, kamu bisa langsung mendapatkan uang tunai dalam waktu kurang dari 28 jam.

Terdapat beberapa persyaratan untuk melakukan pinjaman melalui JULO. Di antaranya adalah pendapatan minimum per bulan Rp2 juta dan rentang usia 21-60 tahun.

Keterangan JULO
Nominal Pinjaman Rp500.000,- - Rp15.000.000,-
Tenor 3 bulan hingga 9 bulan
Bunga 4% - 7% per bulan

>>> Download JULO APK <<<

9. RupiahCepat

Aplikasi Pinjaman Online Bunga Rendah 5 Ceaeb
Sumber foto: Play Store - pinjaman online bunga rendah tenor 12 bulan

RupiahCepat adalah salah satu aplikasi pinjaman online bunga paling rendah yang bisa kamu jadikan alternatif. Aplikasi ini menawarkan kecepatan dan kemudahan pengajuan kredit online.

Tanpa membuat kartu kredit online, kamu bisa mendapat pinjaman dana dengan persyaratan berusia 22 tahun ke atas, memiliki nomor HP, dan sumber pendapatan yang stabil. Dokumen yang diperlukan juga cuma KTP, geng.

Aplikasi pinjaman online terbaik ini menawarkan pinjaman tunai mulai dari Rp400 ribu hingga Rp5 juta yang bisa kamu lunasi dalam waktu 3 bulan hingga 1 tahun.

Keterangan RupiahCepat
Nominal Pinjaman Rp400 ribu - Rp5 juta
Tenor Terpendek 91 hari, terpanjang 1 tahun
Bunga 24% pertahun

>>> Download RupiahCepat APK <<<

10. DanaBijak

Danabijak C812e
Sumber foto: Play Store - pinjaman online bunga rendah bayar bulanan

Aplikasi pinjaman online terbaik bunga rendah yang satu ini cocok buat kamu yang ingin meminjam dana dengan nominal kecil, geng. Sebab, di aplikasi ini kamu hanya bisa mengajukan pinjaman awal sebesar Rp3 juta saja.

Hanya dengan menyiapkan file E-KTP dan rekening tabungan 3 bulan terakhir, kamu bisa mendapatkan pinjaman yang kamu butuhkan dalam waktu kurang dari 48 jam.

Meski tergolong masih asing di telinga banyak orang, namun aplikasi ini sudah terdaftar resmi di OJK, geng. Jadi sudah aman, ya.

Keterangan DanaBijak
Nominal Pinjaman Maksimal Rp3 juta (awal)
Tenor 7 hari - 30 hari
Bunga 7% per bulan

>>> Download DanaBijak APK <<<

Daftar Aplikasi Pinjaman Online Terbaik & Terpercaya 2023 Lainnya

11. Dompet Kilat

Dompet Kilat 4f935
Sumber foto: Play Store - daftar pinjaman online OJK

Aplikasi pinjaman online yang bisa jadi pilihan selanjutnya adalah Dompet Kilat. Layanan pinjaman online satu ini pun tentunya aman karena terdaftar di OJK, geng.

Kelebihan aplikasi ini dibanding aplikasi sejenis lainnya terlihat dari pilihan jenis pendanaan yang lebih banyak. Mulai dari kredit motor, modal wirausaha, biaya pengobatan, pelunasan hutang, hingga biaya pernikahan bisa kamu ajukan lewat sini, lho.

Syaratnya cukup gampang, kamu minimal harus berusia 18 tahun dan sudah punya KTP. Selain itu, kamu juga harus memberi bukti bahwa sudah memiliki penghasilan sendiri.

Keterangan Dompet Kilat
Nominal Pinjaman Rp2.000.000,-
Tenor Sampai 30 hari
Bunga 0.1% per hari

>>> Download Dompet Kilat APK <<<

12. Kredit Pintar

Aplikasi Pinjaman Online Bunga Rendah 8 6f431
Sumber foto: Play Store - aplikasi pinjaman online bunga rendah

Aplikasi pinjaman online tanpa rekening pribadi berikutnya adalah Kredit Pintar. Dengan aplikasi ini, kamu bisa memilih jumlah dan tenor pinjaman sesuai dengan kebutuhan secara mudah.

Syarat untuk mengajukan pinjaman uang online di Kredit Pintar yakni usia minimal 18 tahun, foto KTP dan foto selfie dengan KTP kamu. Kamu juga tetap harus memiliki penghasilan.

Setelah itu, tunggu hingga proses verifikasi selesai dan pinjaman uang kamu akan langsung cair ke rekening. Praktis banget, kan?

Keterangan Kredit Pintar
Nominal Pinjaman Maksimal Rp10.000.000,-
Tenor 91 hari - 360 hari
Bunga Maksimal 11% per tahun

>>> Download Kredit Pintar APK <<<

13. PinjamanGo

Pinjaman Go
Sumber foto: Play Store - aplikasi pinjaman online cepat cair

Aplikasi pinjaman online OJK 2023 yang juga Jaka rekomendasikan adalah PinjamanGo. Selain sudah diawasi langsung oleh OJK, aplikasi ini merupakan salah satu layanan fintech dari Sinar Mas, loh.

Pada dasarnya, aplikasi ini memiliki sistem seperti platform khusus yang mempertemukan peminjam dengan pemberi pinjaman. Lantaran semua prosesnya dilakukan secara digital, kamu pun dapat menghemat waktu serta menghasilkan biaya yang ringan untuk setiap penggunanya.

Setelah dana cair, kamu bisa langsung membeli kebutuhanmu melalui aplikasi jual beli online, atau membelinya langsung di store resminya.

Keterangan PinjamanGo
Nominal Pinjaman Maksimal Rp6.000.000,-
Tenor Hingga 14 hari
Bunga 0.8% per hari

>>> Download PinjamanGo APK <<<

14. DanaRupiah

235337b3e532c947ef2d67d4a468a2b4
Sumber foto: Play Store - aplikasi pinjaman online resmi OJK

DanaRupiah merupakan aplikasi pinjaman online legal dengan bunga rendah yang bisa memberikan kamu pinjaman cepat tanpa perlu memiliki rekening bank.

Selain itu, DanaRupiah juga menawarkan pinjaman online tanpa jaminan, geng. Kecepatan pelayanan jadi kualitas yang sangat diunggulkan oleh penyedia layanan ini.

Cukup isi data pribadimu dengan lengkap, dana pinjaman yang kamu ajukan bakal langsung cair dalam hitungan menit. Bunganya pun kecil, lho.

Keterangan DanaRupiah
Nominal Pinjaman Maksimal Rp8.000.000,-
Tenor Lebih dari 91 hari
Bunga 10.5% per tahun

>>> Download DanaRupiah APK <<<

15. Indodana

Aplikasi Pinjaman Online Pinjam Indodana Klikkoran Ade Yuandha
Sumber foto: Google Play Store - Indodana PayLater

Sebenarnya, Indodana adalah layanan PayLater, yang memungkinkan pengguna berbelanja dengan fasilitas kredit dari mereka. Jadi, nggak murni memberikan pinjaman dana tunai. Tapi, aplikasi ini bisa jadi pilihan buat kamu yang ingin kredit barang.

Platform ini dikelola oleh PT Artha Dana Teknologi, yang didirikan sejak November 2017 dan mendapat izin OJK dengan nomor surat nomor S-235/NB.213/2018 sejak Maret 2018.

Indodana sudah mendukung berbagai merchant seperti Tokopedia, MNC Play, Kalbe Store, dan lain-lain. Kamu bisa kredit barang dengan limit sampai Rp25 juta. Pembayarannya juga bisa dicicil sampai 12 bulan dengan bunga 4% per bulan.

Detail Indodana
Developer PT Artha Dana Teknologi
OS Minimal Android 5.0
Ukuran 15MB
Jumlah download 1.000.000+
Rating 4,5/5 (Google Play Store)

>>> Download Indodana PayLater APK <<<

16. Octo Loan

Octo Loan
Sumber foto: CIMB Niaga - KTA CIMB Niaga

OCTO Loan adalah produk dari bank CIMB Niaga. Kamu bisa mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA) atau pinjaman Xtra Dana secara online, cuma lewat website CIMB aja.

Bunganya rendah, mulai dari 0,65% aja yang bersifat flat tiap bulan. Dengan total dana tunai yang bisa diajukan sampai Rp200 juta yang bisa dicicil selama 1-5 tahun.

Proses pengajuan dan pencairannya juga bisa instan di hari yang sama. Nggak perlu bertemu agen. Cukup instal aplikasi Octo Mobile dan isi data lengkap pengajuan. Siapkan juga dokumen berupa KTP dan NPWP sebagai syarat.

Keterangan Octo Loan
Nominal Pinjaman sampai Rp200 juta
Tenor 1 - 5 tahun
Bunga mulai dari 0,65% per bulan

>>> Download Octo Loan APK <<<

17. OK Bank

Ok Bank
Sumber foto: Google Play - OK! Bank Indonesia

OK Bank atau OK! Bank Indonesia adalah salah satu contoh penyedia pinjaman online yang sudah dipastikan aman dan diawasi OJK. Aplikasi ini menyediakan limit kredit mulai dari Rp3 juta sampai Rp200 juta, loh.

Kelebihannya, OK Bank memberikan suku bunga yang terbilang rendah, yakni 0,98% sampai 3,49%, jangka waktu hingga 5 tahun, serta proses persyaratan yang tidak pakai ribet.

Jenis pinjaman yang ditawarkan di sini mulai dari Kredit Modal Kerja, Kredit Investasi BPR, dan Pinjaman Rekening Koran. Kalau kamu tertarik, kamu bisa langsung melakukan registrasi di web resmi mereka pada alamat www.okbank.co.id.

Keterangan OK Bank
Nominal Pinjaman sampai Rp200 juta
Tenor 1 - 5 tahun
Bunga mulai dari 0,98% per bulan

>>> Download OK Bank APK <<<

Tips Terhindar dari Aplikasi Pinjol Ilegal

Meskipun pinjol legal sudah merebak, nyatanya masih banyak masyarakat yang terjebak dengan kehadiran pinjol ilegal. Mereka mengira sistemnya diawasi oleh otoritas terkait, padahal operasinya tidak resmi. Bagaimana cara agar terhindar dari pinjol seperti ini?

  • Hindari iklan ajakan yang mencolok. Kamu sering lihat iklan pinjol yang banyak wow effect-nya? Seperti memberi bunga sangat rendah, tenor cicilan sangat panjang sampai 36 bulan dan lain-lain. Mungkin saja pinjol ini ilegal. Apalagi kalau didukung dengan desain iklan yang nggak meyakinkan. Hati-hati, ya!
  • Rajin-rajin cek website OJK untuk mengetahui pinjol yang legal, ilegal, dan operasinya sudah diberhentikan. Pastikan juga rekam jejak mereka, kamu bisa cek Google untuk mengetahui berita terbaru tentang mereka. Kalau nggak ada informasi sama sekali, mending dihindari!
  • Pinjam dengan jumlah kecil lebih dulu. Kalau memang mepet dan nggak ada pilihan, kamu bisa coba pinjam dana, tapi usahakan nggak lebih dari Rp1.000.000. Kalau bunga dan tenor pembayarannya nggak sesuai yang dijanjikan, lebih baik jangan terus digunakan!

Daftar Aplikasi Pinjaman Online Terbaik & Terpercaya 2023

  1. AdaKami
  2. Jenius
  3. Kredivo
  4. Akulaku
  5. Tokopedia
  6. Home Credit
  7. Modalku
  8. JULO
  9. RupiahCepat
  10. DanaBijak
  11. Dompet Kilat
  12. Kredit Pintar
  13. Kredit Pintar
  14. DanaRupiah
  15. DanaRupiah
  16. Octo Loan
  17. OK Bank

Akhir Kata

Itulah daftar aplikasi pinjaman online dengan bunga paling rendah yang bisa kamu gunakan. Tak perlu khawatir lagi akan terjerat bunga tinggi mencekik, karena aplikasi-aplikasi tersebut sudah terdaftar dan diawasi OJK.

Kenapa harus terdaftar di OJK? Tentu saja agar transaksi keuangan yang kamu lakukan di aplikasinya dapat berjalan dengan aman. Aplikasi pinjol yang ada terdata di OJK memiliki payung hukum lebih jelas dan aman.

Meski begitu, jangan sampai aplikasi resmi ini malah bikin kamu kalap dan meminjam uang yang nominalnya tak sesuai dengan kemampuan bayar. Hati-hati dan selalu lakukan perhitungan yang tepat sebelum pinjam dana!

Baca juga artikel seputar Fintech atau artikel menarik lainnya dari Andini Anissa.

ARTIKEL TERKAIT
Pinjaman Online Cepat Cair 45a7a
14 Pinjaman Online Terpercaya 2023, Dijamin Aman & Langsung Cair!
Gopay Ovo 9b58e
GO-PAY vs OVO: Siapakah Raja FinTech Indonesia?
Daftar Fintech Yang Terdaftar Di BI 9ccac
Ini Daftar 54 Fintech yang Sudah kantongi Izin dari Bank Indonesia | Maret 2019
Fintech Ilegal Banner 2920d
Tidak Punya Izin dari OJK, Inilah Daftar 231 Fintech Ilegal di Indonesia!
Ciri Penyedia Pinjaman Online 1489c
Ciri Aplikasi Pinjaman Uang Online yang Aman dan Terpercaya
Bi Checking 33cde
Cara Melihat BI Checking Agar Pengajuan Pinjaman Online Diloloskan
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal