Tokenomics: Penjelasan, Contoh Token Baik/Buruk, & Pentingnya di Cryptocurrency

Default

Tokenomics sejatinya tidak bisa dipisahkan dari dunia cryptocurrency atau mata uang kripto. Jadi salah satu bagian terpenting, tokenomics idealnya dipahami oleh kamu yang terjun di dunia kripto.

Merancang ekonomi token adalah hal yang harus dilalui oleh setiap proyek cryptocurrency karena terdapat banyak jenis koin beredar. Dari sekian banyak koin ini, ada token yang baik dan buruk.

Alhasil, sejak dunia kripto semakin dikenal luas ke berbagai belahan dunia, banyak orang yang akhirnya mempelajari ilmu satu ini. Tentunya meningkatkan kemampuan analisis sebagai investor bisa didapatkan, geng.

Buat kamu yang sudah atau berencana ingin terjun ke dunia kripto ada baiknya memahami tentang tokenomics. Berikut Jaka sajikan informasi tentang definisi tokenomics dan kenapa sangat penting di dunia kripto.

BACA JUGA
  • 45 Game Penghasil Uang Langsung ke Rekening Tanpa Modal, Auto Cuan!
  • 13 Aplikasi Crypto Indonesia Terbaru 2022, Cocok buat Pemula & Berizin BAPPEBTI!
  • NFT Art: Definisi, Contoh, Cara Membuat & Jual NFT Crypto Art
  • Mengenal Apa Itu NFT dan Cara Membuatnya untuk Mendapatkan Cuan

Tentang Tokenomics

Tentang Tokenomics D2f39
Sumber foto: Medium

Tokenomics merupakan sebuah ilmu untuk memahami karakteristik penawaran dan permintaan cryptocurrency. Dalam beberapa kasus, tokenomics juga membahas tentang pembuatan dan manajemen sebuah token.

Istilah tokenomics menjadi populer dalam beberapa tahun terakhir, di mana untuk menggambarkan matematika dan insentif yang mengatur aset kripto. Ilmu ini mencakup segala sesuatu tentang mekanisme cara kerja aset dalam investasi kripto.

Ilmu ini penting untuk mempertimbangkan dan membuat keputusan investasi atau proyek aset kripto. Para pelaku investasi ini bisa memanfaatkannya untuk memutuskan membeli dan menyimpan token seperti apa.

Proyek token yang dirancang dengan menggunakan tokenomics baik ini cenderung menghasilkan jauh lebih berhasil dalam jangka panjang. Sebaliknya, tokennomics yang buruk pasti akan membuat proyek token gagal.

Memahami tentang keilmuan token ini dapat membuatmu bisa mempertimbangkan apakah akan membeli aset kripto atau tidak. Memahami tokenomics juga adalah langkah pertama yang dapat dilakukan untuk membuat keputusan tepat.

Variabel Utama yang Memengaruhi Tokenomics

Variabel Utama Yang Memengaruhi Tokenomics 3dd11
Sumber foto: iStockphoto/Jirapong Manustrong

Struktur ekonomi cryptocurrency menentukan insentif untuk mendorong investor membeli dan memegang koin atau token tertentu. Sama seperti bagaimana mata uang biasa, setiap cryptocurrency memiliki kebijakan moneternya sendiri.

Tokenomics menentukan dua hal tentang ekonomi kripto, yaitu insentif yang menentukan bagaimana token akan didistribusikan dan utilitas token yang memengaruhi permintaannya. Pasokan dan permintaan berdampak besar pada harga serta proyek.

Berikut adalah variabel utama yang memengaruhi tokenomics:

  • Mining and staking: Di sini, token baru diberikan kepada mereka yang mencurahkan daya komputasi untuk menemukan blok baru, mengisinya dengan data, dan menambahkannya ke blockchain.

  • Hasil: Token dipertaruhkan di kumpulan likuiditas, di mana kumpulan besar cryptocurrency yang menggerakkan hal-hal seperti pertukaran terdesentralisasi dan platform pinjaman. Hasil ini dibayarkan dalam bentuk token baru.

  • Token burn: Menurut hukum penawaran dan permintaan, mengurangi pasokan token akan membantu mendukung harganya karena token yang tersisa dan beredar menjadi lebih langka.

  • Persediaan terbatas vs tidak terbatas: Tokenomics menentukan persediaan maksimum token, sebagai contoh Bitcoin yang menyatakan bahwa tidak lebih dari 21 juta koin dapat ditambang, dengan sirkulasi sekitar tahun 2140.

  • Alokasi token dan periode vesting: Beberapa proyek kripto memperhitungkan distribusi token yang terperinci. Seringkali, sejumlah token dicadangkan untuk pemodal ventura atau pengembang, tetapi mereka dapat menjualnya dalam waktu tertentu.

Contoh Proyek Token dengan Rancangan Baik & Buruk

Contoh Proyek Token Dengan Rancangan Baik Buruk 35790
Sumber foto: MARCA

Ada ribuan koin beredar yang terdaftar di CoinMarketCap atau platorm pelacakan aset kripto lainnya. Namun, apa yang membedakan token baik dan buruk? Mari kita lihat contoh-contohnya berikut ini.

Contoh Proyek Token Baik

1. Polkadot (DOT)

Dengan menetapkan standar entri tinggi untuk pengajuan pengembang, Polkadot mempertahankan standar tinggi untuk proyek di ekosistemnya. Pada akhirnya hal ini menarik lebih banyak investor dan pengembang lainnya.

2. Helium (HNT)

Dengan model tokenomik yang sederhana dan perangkat keras yang cerdik, proyek Helium dan token HNT-nya telah menunjukkan pertumbuhan yang konsisten selama beberapa bulan terakhir.

3. Ethereum (ETH)

Apa yang membuat Ethereum begitu sukses adalah lapisan alat dan infrastruktur yang mereka tawarkan kepada pengembang. Pengembang dapat membuat token mereka sendiri, menulis kontrak, dan membangun aplikasi terdesentralisasi di atas jaringan ini.

Contoh Proyek Token Buruk

1. Safemoon (SAFEMOON)

Koin ini memiliki biaya transaksi 10% untuk mentransfer token. Bisa dibilang, ini adalah keputusan desain token yang buruk yang dapat menghambat pertumbuhan token dalam jangka panjang.

2. IRON Titanium Token (TITAN)

Token IRON dirancang sebagai stablecoin algoritmik yang terkait dengan harga kripto lain di dalam kumpulan (TITAN). Namun pada Juni 2021, tekanan jual pada TITAN menyebabkan semua investor kehilangan uang mereka.

3. Dogecoin (DOGE)

Tidak seperti Ethereum atau token yang dibuat di jaringan Ethereum, pengembang tidak dapat membuat kontrak pintar atau membangun aplikasi terdesentralisasi di Dogecoin. Orang hanya dapat mengirimnya bolak-balik sebagai mata uang.

Kenapa Tokenomics Penting di Investasi Cryptocurrency?

Kenapa Tokenomics Penting Di Investasi Cryptocurrency 74f5b
Sumber foto: News18

Tokenomics bisa menjadi panduan untuk menentukan nilai suatu aset kripto di masa depan dengan berfokus pada prinsip-prinsip tertentu. Pada dasarnya, terdapat banyak faktor yang bisa memengaruhi tokenomics sebuah aset kripto.

Sejumlah faktor perlu dipertimbangkan, seperti memahami bagaimana mata uang digital akan digunakan. Kamu bisa melakukan pembelian dan penggunaan tokenomics untuk membantu menaikkan harga aset kripto.

Bagi investor, tokenomics adalah alat yang sangat perlu digunakan untuk meningkatkan rasa percaya diri dalam menilai potensi dari suatu aset kripto. Jadi, kita tidak asal-asalan lagi dalam menempatkan aset yang dimiliki.

Akhir Kata

Itulah penjelasan tentang tokenomics beserta contoh-contoh proyek token yang dirancang baik maupun buruk. Ilmu ini menjadi salah satu bagian terpenting yang idealnya dipahami oleh mereka yang terjun ke dunia cryptocurrency, geng.

Baca juga artikel Soul Seeker Defense, Satoshi City, atau artikel menarik lainnya dari Ilyas.

ARTIKEL TERKAIT
Cats 2c9b2
Panduan Bermain Axie Infinity untuk Pemula, Hasilkan Cuan dengan Koleksi Hewan Virtual
Untitled3 40678
7 Aplikasi Penghasil Uang Tanpa Modal Terbaik 2022, Praktis dan Langsung ke Rekening
Cryptocurrency Adalah Ee021
Cryptocurrency: Pengertian, Fungsi, Kelebihan & Kelemahannya, Haram atau Halal?
Island King Mod Apk D6f56
Island King Pro MOD APK v2.40.1 Terbaru 2022, Unlimited Money & Lucky Spin!
Higgs Domino Rp 7bc35
Download Higgs Domino RP APK v1.94 X8 Speeder, Bundle X8 Speeder & No Ads
Banner Higgs Domino E3b4e
Download Higgs Domino MOD APK + X8 Speeder v1.94 P1H1 P1H4, Bebas Iklan & Koin Gratis!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal