Harga dan Spesifikasi Xiaomi TV A2 Series, Android TV Desain Modern & Kaya Fitur

Default

Xiaomi TV A2 adalah varian Android TV terbaru 2022 yang membawa fitur menggoda dan harga yang terjangkau. Hadirnya seri ini menunjukkan keseriusan Xiaomi untuk terus memberikan inovasi perlahan-lahan menjadi pemain yang lebih kuat dan lebih kuat di pasar televisi.

Menurut data All View Cloud ( AVC ), Xiaomi menempati posisi pertama dalam pengapalan Smart TV di China selama tiga belas kuartal (lebih dari 3 tahun) berturut-turut, dan juga berhasil mempertahankan peringkat lima besar secara global.

Seri Xiaomi TV A2 menghadirkan empat model yang masing-masing dirilis dengan harga berbeda, dengan spesifikasi berbeda. Antara lain model 32 inci, 43 inci, 50 inci, dan 55 inci.

Beruntungnya, Jaka dapat kesempatan untuk menjajal Xiaomi TV A2 ukuran 43 inci resolusi 4K yang dibanderol Rp3.999.000. Varian ini ditawarkan pada posisi tengah baik dari segi harga dan resolusi serta ukuran yang ditawarkan.

Lalu, bagaimana performa Android TV A2 Xiaomi ini? Apakah kualitas fitur-fiturnya sesuai dengan harga yang ditawarkan? Mari simak review Xiaomi TV A2 di bawah ini.

Review Xiaomi TV A2

Butuh waktu hampir 15 menit untuk mengangkat TV ini dari kardus dan memasang dua dudukan dasar dengan obeng. Dudukan TV terbuat dari plastik yang bisa dikatakan kokoh untuk menopang TV.

Setelah itu, Jaka bisa menyalakan TV dan ada prosedur layar untuk menghubungkan akun Google untuk mempercepat proses penyiapan.

Prosedur ini memakan waktu sekitar 15 menit, mulai dari menghubungkan ke internet, menautkan ID Gmail, mengatur preferensi, dan akhirnya muncul layar beranda yang siap diakses.

Seakan jadi default, tak ada yang berbeda dengan tampilan beranda TV Xiaomi dengan pendahulunya. Semua layanan streaming muncul di beranda beserta rekomendasi tayangan hiburan, mulai dari film, serial, acara olahraga, hingga musik.

Patchwall UI Xiaomi TV A2

Tampilan Patchwall Ui Xiaomi Tv A2 309c4
Sumber foto: JalanTikus. (PatchWall UI berdampingan dengan Android TV)

Harus diakui, ada beberapa hal membingungkan karena PatchWall UI berdampingan dengan Android TV. Pada remote pun terdapat dua tombol untuk beralih di antara keduanya.

Ngomong-ngomong, PatchWall UI adalah antarmuka yang disediakan Xiaomi untuk tv pintar miliknya. Jadi, ketika menggunakan smart TV ini, pengguna bisa memilih mau menggunakan antarmuka Android bawaan Google yang standar atau menggunakan antarmuka yang disediakan Xiaomi lewat PatchWall UI.

Di dalam PatchWall juga tersedia kurasi berisi Live TV sehingga bagi kamu yang masih gemar menyaksikan channel stasiun televisi nasional tetap bisa mengaksesnya.

Sementara versi Android TV, tampilan hanya standar, tapi masih menampilkan berbagai aplikasi yang sudah kamu pasang sesuai dengan kategorinya.

Terdapat Universal Search, fitur yang pencarian menyeluruh, di mana kamu hanya perlu mengetikkan nama aktor atau kata dari judul konten, kemudian sistem akan mencantumkan semua judul yang cocok dengan pencarianmu.

Selain itu, PatchWall menawarkan Mode Anak dengan fitur kontrol orang tua yang memastikan anak-anak tidak mendapatkan akses ke konten yang tidak sesuai usianya.

Menariknya, berdasarkan pemahaman pola menonton dari waktu ke waktu, PatchWall akan mulai merekomendasikan film, serial TV, dan konten lain yang cocok dengan jenis genre tertentu, yang lebih disukai oleh penggunanya.

Sayangnya, UI kadang sedikit lambat jika koneksi internet tidak stabil. Bahkan, hal itu membuat beranda tidak merespons alias freeze.

Hal ini juga beberapa kali berlaku ketika casting atau screencast. Butuh sekitar 15-20 menit untuk menyambungkannya. Dari kendala itu, bisa dibilang PatchWall-nya masih jauh di depan persaingan merek TV lain.

Masuk ke jeroannya, Xiaomi Smart TV A2 ditenagai oleh SoC quad-core yang menjalankan CPU Quad A55 dan GPU Mali G52 MP2. Ini didukung dengan RAM 2 GB dan penyimpanan internal 16GB. PatchWall UI, dengan fitur-fitur barunya, menangani tugas perangkat lunak. Ini didasarkan pada Android TV 10.

Bodi Xiaomi TV A2 Limitless

Dengan bingkai logam unibody yang ramping dan didukung oleh single stand, Xiaomi TV A2 Series menawarkan desain bezel-less untuk kepuasan visual yang luar biasa.

Desain bezel-less menawarkan bingkai tv yang tipis, sehingga rasio layar ke bodi lebih besar. Imbasnya, layar buat nonton pun jadi lebih lega dan tampilan TV jadi lebih cantik karena seakan hadir nyaris tanpa bingkai.

Bodi yang ringan juga memudahkan pemasangan kaki dan juga bracket untuk dipasang di dinding. Di sisi bagian bawah terdapat lampu indikator ON/OFF. Pengalaman Jaka, TV ini mampu menyala dengan cepat.

Bobot totalnya 6,8kg dengan kaki penyangga. Ketebalannya bodi belakangnya sekitar 7cm. Xiaomi TV A2 Bezel-less sebenarnya belum dibilang tipis jika dibandingkan dengan merek lainnya, tapi masih termasuk ramping.

Di bagian belakang ada port Ethernet untuk kabel LAN ke router, audiojack untuk headphone, AV, S/PDIF, serta tiga buah port HDMi dan dua port USB 2.0.

Remote Xiaomi TV A2

Remote Xiaomi Tv A2 343ff
Sumber foto: JalanTikus. (Remote Bluetooth A2 Xiaomi berukuran besar.)

Remotenya ramping, tapi enggak minimalis layaknya seri sebelumnya, seperti Mi TV 4. Remote ini ditenagai oleh 2x baterai berukuran AAA dan terhubung melalui Bluetooth. Kamu dapat dengan mudah memasangkannya dengan menekan tombol pada remote.

Remote Bluetooth responsif dan berfungsi tanpa masalah. Terdapat tombol pintasan untuk Netflix dan Prime Video. Ada juga tombol Google Assistant untuk memulai pencarian suara.

Sayangnya, remotenya besar dengan jumlah total 38 tombol, sehingga kurang pas di tangan.

Selain itu, karena remotenya terkoneksi dengan bluetooth, kamu tak perlu mengarahkan remote ke layar ketika mengganti siaran acara. Namun, karena terlalu responsif, tampaknya kurang ideal untuk berada di dekat anak-anak untuk menghindari penekanan yang tidak disengaja.

Kualitas Layar dan Kemampuan Audio Xiaomi TV A2

Xiaomi TV A2 menggunakan panel layar begitu nyata lewat Ultra HD 4K premium dengan Dolby Vision. Xiaomi menjanjikan teknologi Dolby Vision membuat gambar yang dihasilkan lebih tajam lantaran punya tingkat kecerahan, kontras, warna, dan detil yang lebih baik

Untuk audio, TV ini dilengkapi dengan speaker ganda 2 x 12 W. Selain itu, speaker ini Ini juga didukung mendukung dengan teknologi Dolby Audio dan ARC (Dolby Atmos Pass-through).

Dolby Atmos Pass-through diklaim membuat suara TV ini bersih bebas distorsi ketika suara yang diteruskan dari TV ke aksesori audio, seperti soundbar atau sistem home theater.

Untuk pengalaman menonton TV, Xiaomi Smart TV A2 43 ini cukup memuaskan. Bentang layar 178 derajat yang sangat lebar memungkinkan pengguna menikmati tampilan yang nyaman dari sudut mana pun.

Panel LCD berkualitas baik hingga menghasilkan gambar yang hidup dengan kontras tinggi dan kecerahan yang memadai. Sayangnya, meski gambar terlihat nyata, warna yang dihasilkan sebenarnya kurang tajam dan dalam.

Kontrol lampu latar cukup baik dan Jaka tidak melihat adanya cahaya yang redup saat menonton konten gelap di malam hari. Resolusi Full HD dan 4K tampil baik dan pada kanvas 43 inci.

Buktikan saja pada film-film di Netflix yang mendukung format 4K Dolby Vision, seperti The Adam Project (2022), The Tinder Swindler (2022), atau Peaky Blinders.

Pada tipe 43 inci ini sudah dibekali refresh rate 60 Hz yang bisa bikin gambar gerak jadi halus. Cocok buat nonton film aksi, pertandingan olahraga, live streaming Mobile Legends, hingga turnamen esports.

Bagi sebagian besar pengguna yang menonton film atau saluran TV melalui koneksi TV satelit, TV ini sudah lebih dari cukup untuk memberikan pengalaman menonton yang memuaskan.

Kendala lain dari TV ini adalah kontrol volume yang tidak sepenuhnya linier pada speaker. Volumenya meningkat secara tidak merata, tapi masih jelas alias bersih. Namun, hal itu bukan masalah jika kamu adalah pengguna yang lebih mementingkan fungsional.

Harus diakui, meski menjadi pemain baru di pasar smart TV di Indonesia, Xiaomi mampu menandingi merek lainnya. Hal ini bisa dibuktikan dengan beragam fitur dan teknologi mutakhir yang disematkan dalam jajaran televisi Android-nya.

Bagi Jaka, harga Rp3.999.000 pada Xiaomi TV A2 43 inci resolusi 4K, rasanya masih terjangkau jika kamu termasuk penggemar gadget yang mampu membeli smartphone terbaru setiap tahun dengan kisaran harga Rp3-5 juta. Nah, kamu bisa membuat tabungan ringan per bulannya untuk memiliki televisi berukuran 43 inci ini.

Spesifikasi Xiaomi TV A2

Review Xiaomi Tv A2 45b0b
Sumber foto: JalanTikus. (Spesifikasi A2 Xiaomi ada empat varian: 32 inci, 43 inci, 50 inci, dan 55 inci.)

Perangkat Xiaomi Smart TV A2 ditawarkan dalam empat varian ukuran yaitu 32 inci, 43 inci, 50 inci, dan 55 inci. Semua model menggunakan panel LCD berbasis backlit LED.

Pada model 32 inci memiliki resolusi HD (1366 x 768 piksel). Sementara versi ukuran 43 inci, 50 inci, dan 55 inci hadir dengan resolusi 4K (3840 x 2160 piksel).

Semua model smart TV ini menawarkan refresh rate 60 Hz dan sudut pandang hingga 178 derajat. Resolusi 4K mendukung kedalaman warna 10 bit, MEMC, HDR10, HLG, dan Dolby Vision.

Nah, karena Jaka review model 43 inci, berikut spesifikasi Xiaomi TV A2 43 inci secara lengkap, simak tabel di bawah ini.

Spesifikasi Xiaomi TV A2
Display 4K UHD

Resolution: 3,840 2,160

Color gamut: DCI-P3 90% (typ)

Color depth: 1.07 billion

Refresh rate: 60Hz

MEMC: up to UHD 60Hz

Viewing angle: 178 (H)/178 (V)

Supports Dolby Vision, HDR10, HLG
Speaker (Sound Output): 2 12 W

Supports Dolby Audio and DTS-HD
OS Android TV 10

CPU: Quad A55

GPU: Mali G52 MP2

RAM: 2GB

Storage: 16GB
Content Netflix, Amazon Prime Video

Youtube pre-installed

Thousands of apps available in Google Play
Smart Home Google Assistant built-in

Smart home control hub

Chromecast built-in

Supports Miracast
Design Size: 43''

Limitless display with no-bezel

Color: Black

Stand: Single Power button
Dimensions including base (L W H): 957.2 244.4 609.8mm

Weight including base: 6.97kg
Material Frame: Metal

Stand: Plastic
Wall mount Wall mount: 300 300mm
Connectivity Bluetooth 5.0

Wi-Fi 2.4GHz/5GHz

HDMI 3 (1 port with eARC)

USB 2.0 2

Composite In (AV): Yes

Ethernet (Lan): Yes

Optical Digital Audio Out: Yes

3.5mm headphone jack: Yes

CI Slot*: Yes
Package contents 360 bluetooth remote control 1

Screws bag 1

Stand 1 (Set)

Power cable 1

User manual 1

Warranty card 1

Fitur Unggulan Smart TV A2 Xiaomi

Port Koneksi Dan Fitur Xiaomi Tv A2 E02a5
Sumber foto: JalanTikus. (Seri TV A2 Xiaomi ini memiliki fitur konektivitas lengkap.)

Setelah mengetahui daftar spesifikasi, bisa dibilang lini baru dalam daftar TV Xiaomi ini patut diperhitungkan. Terlebih dengan harga mulai dari 3 jutaan, kamu bisa dapat serangkaian fiturnya. Apa saja? Simak di bawah ini.

1. Desain Modern Gaya Bezel-less

Seri TV A2 Xiaomi ini memiliki desain full-screen yang diklaim menawarkan pengalaman visual yang immersive. Desain bezel ultra-narrow memberikan rasio layar-ke-bodi yang melampaui TV standar. Saat layar menyala, bingkai TV hampir tidak terlihat.

2. Dolby Audio

Smart TV A2 ini mengemas dua speaker 12W. Ini merupakan peningkatan 4W dibandingkan dengan seri Mi TV 4A. Selain itu, disertakan pula dukungan Dolby Audio, DTS-HD, dan Dual Decoding yang high power stereo untuk output suara yang lebih baik.

3. Fitur Live Streaming Lengkap

Layaknya default, Xiaomi juga menyertakan fitur platform live streaming lengkap sejak perilisan Mi TV 4A pada periode 2018 hingga 2019. Android TV ini turut mendukung semua platform streaming terkemuka, aplikasi Mi Home, dan Miracast.

Perangkat ini menyediakan aplikasi, seperti HOOQ, Catchplay, Bein Sports, Iflix, Spotify, Red Bull TV, Rakuten VIKI, Genflix, Disney+ Hotstar, Vidio, dan lainnya.

Selain itu, TV ini juga mendapatkan dukungan dari aplikasi-aplikasi Google. Mulai dari Google Play Store, Chromecast built-in, Google Voice Search, dan Android TV.

4. Chipset dan Sistem Operasi

Xiaomi Android TV A2 mempunyai penyimpanan 16GB dengan RAM 2GB. Dengan memori tersebut, kamu bisa menginstal aplikasi favorit demi pengalaman entertainment yang memuaskan.

Ditambah lagi, TV ini dibekali Quad-core A55 CPU, Mali G52 GPU, dan menjalankan sistem operasi Android TV 10. Sistem operasi terintegrasi dengan konten PatchWall, Chromecast Built-in, dan Google Assistant.

5. Kelengkapan Konektivitas

Soal konektivitas, semua model hadir dengan WiFi dual-band sehingga pengguna bisa memilih untuk menggunakan koneksi WiFi dengan frekuensi 2,4 GHz atau 5 GHz.

Koneksi nirkabel lain yang disediakan adalah Bluetooth 5.0. Deretan port yang disediakan termasuk HDMI 3 (1 port with eARC), USB 2.0 2, Ethernet, AV, optik, dan jack headphone 3.5 mm. Yap, tampaknya kelengkapan ini jadi default Xiaomi pada beberapa Smart TV andalannya.

6. Universal Search

Fitur Universal Search Ini menawarkan pencarian universal. Ini sangat berguna ketika kamu telah menginstal beberapa aplikasi OTT. Jadi, kamu hanya perlu mengucapkan kata kunci seperti aktor, nama film, atau nama serial TV.

Fitur ini membantu pengguna yang kerap lupa OTT mana yang menayangkan serial TV atau film populer.

7. Fitur Mi Quick Wake

Fitur Mi Quick Wake diklaim bisa menghidupkan TV dalam waktu 5-8 detik, lebih cepat dari TV biasa yang membutuhkan waktu hingga 30 detik. Ia juga dilengkapi Kids Mode yang bisa merekomendasikan beragam konten ramah anak-anak.

8. Remote Control Xiaomi TV A2

Sayangnya, A2 ini enggak melanjutkan warisan desain minimalis dari pendahulunya. Kini, tombol yang diberikan Xiaomi lebih banyak.

Remote ini masih menyediakan tombol angka 1-9 yang untuk mengakses TV Digital.

Selain itu, ada juga tombol daya diikuti oleh Google Assistant, tombol panggilan navigasi bersama dengan tombol back, dan tombol volume.

Ada juga tombol grid view yang berguna untuk beralih antara perangkat yang terhubung seperti decoder kabel, hard drive, komputer, atau home screen yang menampung aplikasi OTT.

Terdapat pintasan untuk Netflix dan Amazon Prime Video seperti remot TV Xiaomi lainnya. Untuk TV ini, total ada 38 tombol.

Kelebihan & Kekurangan Android TV Xiaomi A2

Kelebihan Dan Kekurangan Xiaomi Tv A2 Dde3b

Seperti Samsung, Xiaomi juga jadi salah satu merek yang bersaing dalam meluncurkan TV desain modern. Android TV Xiaomi A2 pun dihadirkan untuk menjawab berbagai kebutuhan mendasar dan hiburan para konsumennya yang dari berbagai kalangan.

Melihat spesifikasi dan fitur keunggulan yang dibawa, Android TV Xiaomi A2 layak kamu perhitungkan. Apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh Android TV Xiaomi A2? Simak detailnya berikut ini.

Kelebihan Android TV Xiaomi A2:

  • Harga terjangkau

  • Bezel tipis

  • Desain yang bagus dan modern

  • Universal search

  • UI yang terorganisir

Kekurangan Android TV Xiaomi A2:

  • Adanya lag pada input dan audio

  • Tidak memiliki HDR

  • Banyaknya iklan pada Live TV

  • Panel layar rentan tergores

Harga Xiaomi TV A2 di Indonesia

Setelah mengetahui spesifikasi lengkap dan sejumlah fitur unggulannya, Jaka yakin di antara kamu pasti kepincut dengan TV terbaru 2022 satu ini. Kamu bisa mendapatkannya melalui offline dan online.

Lalu, berapa harga jual Xiaomi TV A2 Series? Mari simak daftar harganya di bawah ini.

Tipe Harga
Xiaomi TV 43 UHD (4K) Rp3.999.000
Xiaomi TV 55 UHD (4K) Rp5.999.000
Xiaomi TV P1E 65 inci Rp 9.499.000

Xiaomi TV A2 43 inci UHD (4K) hadir secara eksklusif di Shopee, Lazada, Tokopedia, BliBli, Akulaku, JD.ID mulai periode 7-14 Juli 2022. Varian ini dijual bersama Xiaomi TV A2 55 inci UHD dan Xiaomi TV P1E 65 inci secara resmi di platform online dan offline (Xiaomi Store, Xiaomi Shop, Erafone) mulai 14 Juli 2022.

Kesimpulan

Xiaomi TV A2 memberikan tawaran menarik untuk smart TV Android dengan harga hanya Rp3 jutaan. TV ini cocok bagi kamu yang ingin nonton tayangan dengan layar luas.

Ditambah lagi, Xiaomi juga mendukung ratusan aplikasi di Google yang bisa kamu install, serta berbagai aplikasi multimedia favorit.

TV ini sangat pas bagi konsumen yang membutuhkan smart TV berukuran besar tapi masih mempertimbangkan harga. Bahkan, dengan harga terjangkau, kamu bisa memilih tipe dan resolusi yang berbeda.

Tak bisa dimungkiri, banyak hal yang harus kamu pertimbangkan dalam memilih TV baru, dari mulai ukuran layar, fitur yang diberikan, dan yang paling penting tentunya kesesuaian harga dengan bujet yang kamu miliki.

Nah, selain Xiaomi TV A2, Jaka sudah siapkan rekomendasi Smart TV terbaik di bawah ini:

Akhir Kata

Itulah pembahasan lengkap mengenai fitur, spesifikasi, dan harga Xiaomi TV A2. Sebagai entri Android TV terbaru 2022, Xiaomi menawarkan berbagai fitur canggih yang membuatnya tampil bernilai ketimbang merek lainnya.

Kalau kamu berminat untuk membeli Smart TV, pastikan untuk memilih tipe-tipe yang tersedia saat ini di pasaran dengan cermat sebelum memutuskan untuk membelinya.

Nah, dari penjelasan dan review di atas, apakah kamu tertarik membelinya?

Baca juga artikel seputar Harga dan Spesifikasi iPhone 14, Samsung Galaxy A33, atau artikel menarik seputar smartphone dari Nural.

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal