Mengenal GameFi: Hasilkan Uang Kripto dengan Bermain Game Online

Default

GameFi adalah terobosan terbaru dalam dunia game dan kriptografi. Bayangkan, cuma main game saja kamu bisa dapat cuan! Tak perlu lagi diomelin orang tua gara-gara kebanyakan ngegame lagi, nih.

Seperti yang kamu tahu, topik tentang cryptocurrency kembali panas belakangan ini, apalagi setelah kemunculan GameFi memberi angin segar bagi pemain untuk mendapatkan keuntungan dari game.

Nah, kira-kira apa itu GameFi dan apa yang membedakannya dari game tradisional pada umumnya? Daripada penasaran, berikut sudah Jaka jabarkan secara lengkap ulasannya berikut.

BACA JUGA
  • 45 Game Penghasil Uang Tercepat 2023 Langsung ke Rekening, Terbukti Membayar!
  • 13 Aplikasi Crypto Indonesia Terbaru 2022, Cocok buat Pemula & Berizin BAPPEBTI!
  • NFT Art: Definisi, Contoh, Cara Membuat & Jual NFT Crypto Art
  • Mengenal Apa Itu NFT dan Cara Membuatnya untuk Mendapatkan Cuan

Apa Itu GameFi?

Apa Itu Defi 1 90402
Sumber foto: How-to Geek

GameFi adalah kombinasi dari keuangan terdesentralisasi (DeFi) dan token digital yang tak dapat ditukarkan (NFT) dengan game online berbasis blockchain.

Semuanya berawal dari tahun 2017 saat game online berbasis Ethereum bernama CryptoKitties muncul dan berhasil menggebrak dunia game. Kerennya, game kripto ini sendiri berhasil mengumpulkan puluhan ribu pemain setia hingga kini.

Biasanya, pemain bisa mendapatkan hadiah dalam game dengan menyelesaikan quest harian, melawan pemain lain, dan naik level ke tingkatan yang berbeda. Pemain juga bisa mentransfer aset mereka di luar permainan untuk berdagang di bursa kripto dan pasar NFT.

Cara Kerja GameFi

Apa Itu Defi 2 94144
Sumber foto: IndustryWired

Berbeda dengan game online konvensional yang beroperasi pada model "pay-to-win", GameFi memperkenalkan model "play-to-earn".

Jika model lama mengharuskan pemain menggunakan uangnya sendiri, game play-to-earn melibatkan pemberian insentif finansial kepada pemain. Tujuannya agar pemain bisa maju dan memanen keuntungan lewat permainan.

Biasanya, semua objek dalam game tersebut dinyatakan sebagai NFT, mulai dari tanah, senjata, kostum, avatar, hingga aset-aset penting lainnya.

Nantinya, setelah pemain memperoleh aset kripto tersebut melalui game, pemain diberikan opsi untuk menukarkannya dengan orang lain melalui marketplace populer ataupun menjualnya dengan imbalan token kripto.

Pemain juga bisa meningkatkan potensi cuan dengan mendedikasikan waktu untuk meningkatkan karakter mereka dan menaikkan level. Beruntungnya, semuanya ini bakal tercatat secara otomatis di dalam blockchain publik.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai game berjenis play-to-earn, Jaka sudah menuliskannya secara lengkap. Kamu hanya tinggal membacanya dengan mengelik banner di bawah ini.

Cats Ca56e
Game Play-To-Earn: Penjelasan & Cara Mencairkan Cuan
Game play-to-earn memungkinkan pengguna untuk farming kripto dan NFT yang dapat dijual di markeplace. Berikut ulasan lengkapnya!
LIHAT ARTIKEL

Manfaat Bermain GameFi

Apa Itu Defi 3 64433
Sumber foto: Freepik.com

Mengingat permainan ini sepenuhnya berada dalam blockchain, maka autetifikasi kepemilikan aset bisa berjalan dengan cepat dan mudah. Selain itu, ada beberapa poin penting lain yang membuktikan keunggulan GameFi dibandingkan game konvensional.

  1. Tidak ada kegagalan. Dengan kata lain, pemain takkan berisiko kehilangan jejak atas aset yang dimiliki. Semuanya sudah tersimpan secara aman dalam blockchain.

  2. Aset-aset NFT yang diperoleh selama bermain game tidak dapat dipalsukan, dihapus, atau dihancurkan.

  3. Cryptocurrency game-native dapat dikirim dan diterima oleh para pemain tanpa perlu penyelesaian perantara, kliring, atau penjagaan yang ribet.

Kerennya, beberapa game NFT menyertakan elemen DeFi dalam proses administrasinya seperti staking, di mana pemain dapat mengunci token tertentu untuk mendapatkan bunga tahunan. Selain itu, mereka juga bisa mendapat hadiah lain yang disimpan untuk membeli item game.

Di bawah ini, Jaka sudah menuliskan artikel mengenai perbedaan NFT dan DeFi. Silakan klik banner berikut untuk membaca ulasan lengkapnya secara detail.

Cats3 131d3
Perbedaan NFT Dan DeFi: Tren Baru Cari Cuan Di Tahun 2022
Beda NFT dan DeFi ternyata sangatlah tipis dan sederhana. Berikut ulasan lengkapnya!
LIHAT ARTIKEL

Akhir Kata

Itulah ulasan lengkap tentang DeFi dan perkembangannya di tahun 2022. Tren telah membuka peluang sebesar-besarnya bagi para penggemar NFT dan aset kripto untuk menghasilkan uang.

Terlebih dengan melihat bagaimana tren tersebut bisa meningkat begitu pesat dalam setahun ke belakang, maka ini bisa jadi peluang bisnis yang sangat besar, lho.

Baca juga artikel seputar Crypto Blockchain, DApps, NFT, atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT
Game NFT Android Terbaik B02e7
24 Game NFT Android Terbaik 2022, Bersenang-senang Sambil Meraup Kripto!
Untitled Design 49 6da89
7 NFT Teraneh di Dunia, Dari Kentut Digital Sampai Lukisan Diri Sendiri!
Game Nft Paling Cuan3 7ce6f
A-Z Istilah Dalam NFT yang Wajib Kamu Tahu, Panduan Penting buat Pemula!
Nft Art 5f0f9
NFT Art: Definisi, Contoh, Cara Membuat & Jual NFT Crypto Art
Nft Marketplace E72eb
NFT Marketplace: Definisi, Cara Kerja, dan Contoh NFT Marketplace!
Arti Nft 8576e
Mengenal Apa Itu NFT dan Cara Membuatnya untuk Mendapatkan Cuan
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal