Cerdas dan Multitalenta! 7 Artis Indonesia yang Ternyata PNS

Default

Pegawai Negeri Sipil atau PNS adalah bagian dari Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bekerja di lembaga pemerintah tingkat pusat maupun daerah di Indonesia untuk memberikan pelayanan publik.

Pekerjaan tetap dengan proses seleksi super ketat ini memang bisa dibilang punya tanggung jawab berat, tapi juga menjanjikan masa depan cerah. Makanya, banyak yang bilang PNS adalah menantu idaman mertua, hehehe.

Di sisi lain, menjadi seorang artis juga identik dengan kekayaan dan kepopuleran. Tentu tak semua orang bisa cukup beruntung dan bertalenta untuk jadi artis.

Sekarang, gimana kalu ada artis yang juga seorang PNS? Wah, berbakat dan tentunya cerdas, dong! Siapa saja mereka?

Jika biasanya dunia entertainment dipenuhi para artis yang suka menebar sensasi, saatnya kita melihat lebih jauh ke para artis yang penuh prestasi.

Berbeda dengan yang lain, para artis berikut ternyata mendalami karier sebagai seorang abdi negara bahkan hingga rela meninggalkan karier gemilangnya di dunia hiburan. Kira-kira, apa alasannya, ya?

1. Edwin Manansang

Edwin Manansang 4a91e
Sumber foto: Instagram @edmanans

Nama Edwin Manansang memang mulai meredup dari dunia hiburan beberapa tahun belakangan.

Padahal, dulu ia dikenal sebagai personel Trio Libels serta presenter berbagai acara TV seperti Siapa Berani? dan Jelang Siang.

Bukan karena tak dapat job manggung, Edwin ternyata sekarang fokus bekerja sebagai Asisten Deputi Kerjasama Ekonomi Multilateral dan Pembiayaan Kemenko Perekonomian di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Meski dulu sibuk berkarier sebagai artis, ia sempat kuliah hingga jenjang S3 juga, lho. Keren banget, kan?

2. Risa Saraswati

Risa Saraswati 7d0ac
Sumber foto: Instagram @risa_saraswati

Sering mengunjungi tempat-tempat bersejarah penuh misteri di malam hari seperti yang kita saksikan di channel YouTube-nya, ternyata Risa Saraswati juga punya kesibukan lain.

Risa yang dikenal memiliki kemampuan supranatural untuk berkomunikasi dengan makhluk tak kasat mata ternyata merupakan seorang PNS di Departemen Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Karawang, lho.

Selama ini, Risa juga dikenal sebagai penulis berbagai novel horor tentang beberapa 'teman gaibnya yang kemudian diangkat menjadi film horor berdasarkan kisah nyata.

3. Ellen Cherrybelle

Ellen Nita Ad77e
Sumber foto: Instagram @ellennitaa

Chibi, chibi, chibi, ha ha ha ha! Masih inget gak, nih?

Siapa yang menyangka bahwa salah satu mantan personil girlband unyu-unyu Cherrybelle ternyata sekarang berkarier sebagai seorang Pegawai Negeri Sipil.

Yes, ia adalah Ellen Nita Vindriana. Ellen saat ini adalah seorang dosen di Politeknik Negeri Malang.

Ia sudah mengajar mata kuliah aplikasi komputer bisnis selama 4 tahun lamanya, lho. Masih suka dilema tidak nih, Bu Dosen? Hehe.

4. Sherly Malinton

Photo 90332
Sumber foto: Radaris

Sosok Sherly Malinton mungkin lebih akrab di telinga orang tua atau kakak-kakak kita, karena artis berusia 57 tahun ini memulai kariernya sejak kecil.

Dahulu, ia merupakan seorang jurnalis, model, dan penyiar. Sherly juga sempat tampil di beberapa film Warkop DKI, lho.

Namun Sherly memutuskan mundur dari dunia hiburan pada tahun 1989 dan bekerja di Kementerian Luar Negeri selaku diplomat, tepatnya sebagai Konsul Fungsi Penerangan, Sosial dan Budaya di Konsulat Jenderal RI di Chicago. Wow!

5. Phopi RA

125437817 124174165932572 7590601639524628563 N 802eb

Kamu yang metalhead pasti tahu band Lose It All yang sempat digawangi oleh seorang vokalis wanita yang keren banget, Phopi Ratna Agustin.

Beberapa tahun lalu, Phopi memutuskan keluar dari band yang membesarkan namanya itu dan fokus berkarier menjadi PNS di Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi, dan UMKM Kabupaten Bandung Barat.

Selain jago nyanyi metal, Phopi juga bisa main skateboard, lho. Wih, abdi negara gaul ini mah.

Kalau lagi kerja, suka keceplosan head bang tidak, ya?

6. Fryda Lucyana

Fryda Lucyana Fad5a
Sumber foto: Instagram @frydalucyana

Ada lagi artis era 90-an yang beralih jadi seorang PNS, geng. Dia adalah penyanyi Fryda Lucyana. Mungkin sosok ini lebih akrab di kalangan ibu atau ayah kamu, ya.

Fryda juga memutuskan cabut dari dunia hiburan demi mengabdi pada negara. Kini, ia tercatat sebagai PNS di Kementerian Sekretariat Negara. Walaupun sibuk jadi PNS, tapi Fryda masih tetap aktif sebagai penyanyi kok, geng. Ia masih sering tampil di berbagai acara off-air.

7. Luh Paramita Ardianti (Dian AFI)

Dian Afi D708b
Sumber foto: NUSA BALI

Luh Paramita Ardianti atau lebih dikenal sebagai Dian AFI (Akademi Fantasi Indosiar) juga beralih profesi jadi PNS.

Tak seperti rekan AFI lainnya yang melanjutkan karier sebagai penyanyi, Dian justru sibuk sebagai PNS di bagian Humas dan Protokol Pemerintah Kota Denpasar, Bali.

Akhir Kata

Sekarang percaya kan, bahwa banyak juga artis Indonesia yang memang memiliki otak cemerlang dan punya banyak bakat selain bernyanyi, berakting, atau bakat di depan kamera lainnya.

Karena itulah, mereka tak silau dengan panggung hiburan dan memilih mengejar passion-nya seraya mengabdi untuk menjadikan negara ini lebih baik dengan menjadi PNS. Salut!

Baca juga artikel seputar Artis Indonesia atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

ARTIKEL TERKAIT
Untitled Design 2022 06 13t143732 692 38b8d
7 Artis Indonesia yang Pernah Mati Suri, Ada yang Sampai Dua Kali!
Untitled Design 2021 01 03t203948 061 A1250
7 Artis Indonesia yang Terinfeksi COVID-19 | Sudah Sehat Lagi!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal