10 Film Indonesia Terbaru dan Terbaik 2023, Update Bulan Januari

Default

Deretan film Indonesia terbaru 2023 berkualitas tinggi semakin banyak mendominasi layar bioskop Indonesia. Tak hanya menawarkan cerita seru, tapi akting para pemainnya sampai sinematografinya nggak main-main!

Walaupun baru awal tahun, tapi sudah banyak film keren dari berbagai genre seperti drama, komedi, fantasi, romantis, dan tentu saja horor yang mengantre masuk bioskop di bulan Januari 2023 ini.

Di antaranya ada Puisi Cinta yang Membunuh (2023), Alena Anak Ratu Iblis (2023), Hidayah (2023), Anak Titipan Setan (2023), Bayi Ajaib (2023), Balada si Roy (2023), Autobiography (2023), Mangkujiwo 2 (2023), hingga Adagium (2023).

Padahal, belum tentu kita sudah menyaksikan semua film bioskop terbaru yang rilis pada Desember 2022 lalu seperti Cek Toko Sebelah 2 (2022), Like & Share (2022), atau Tumbal Kanjeng Iblis (2022).

Biar nggak kelewatan film apa saja yang ditayangkan di bioskop 2023, simak rekomendasi film Indonesia terbaik dan terbaru di artikel berikut ini! Siapa tahu, bisa jadi referensi tontonan akhir tahunmu!

1. Mangkujiwo 2 (2023)

Mangkujiwo 2
Sumber foto: IMDb - Mangkujiwo 2

Mangkujiwo 2 sudah sangat dinantikan menjelang perilisan sekuel dari salah satu film horor terseram Indonesia sepanjang masa, yakni Mangkujiwo (2020).

Masih disutradarai sama Azhar Kinoi Lubis, film bioskosp Januari 2023 ini masih melanjutkan cerita dari pendahulunya. Berlatar di tahun 70-an, dan masih dibintangi aktor dan aktris papan atas Indonesia yang sama, mulai dari Sudjiwo Tedjo, Yasamin Jasem, Karina Suwandhi, Djenar Maesa Ayu, dan masih banyak lagi.

Judul Mangkujiwo 2
Rilis 26 Januari 2023
Durasi 2 Jam
Sutradara Azhar Kinoi Lubis
Produksi MVP Picture
Cast Yasamin Jasem, Sujiwo Tejo, Djenar Maesa Ayu
Genre Horor
Rating TBA
Sinopsis Mangkujiwo 2 18772
Sinopsis Dan Jadwal Tayang Mangkujiwo 2, Lebih Sadis Dan Brutal Dari Sebelumnya?
Sinopsis Mangkujiwo 2 sukses bikin penggemar penasaran. Akankah lebih seram dan sadis dari pendahulunya? Saksikan hanya di bioskop mulai 26 Januari 2023!
LIHAT ARTIKEL

2. Adagium (2023)

Adagium
Sumber foto: IMDb - review Adagium

Film Adagium adalah sebuah film drama aksi Indonesia tahun 2023 yang ditulis dan disutradarai oleh Rizal Mantovani. Film ini dibintangi oleh Jihane Almira, Pangeran Lantang, dan Angga Asyafriena dan ditayangkan di bioskop Indonesia pada 26 Januari 2023.

Film Adagium karya sutradara Rizal Mantovani menyelipkan pesan cinta Tanah Air dalam kisah persahabatan dan percintaan. Rizal Mantovani bersama produser Irving Artemas dan rumah produksi Brainstorminc ingin memberikan semangat nasionalisme

Judul Adagium
Rilis 26 Januari 2023
Durasi 2 jam 4 menit
Sutradara Rizal Mantovani
Produksi Brainstorminc
Cast Jihane Almira, Pangeran Lantang
Genre Aksi, Drama
Rating TBA
Banner Adagium 2f273
Sinopsis Adagium (2023), Kisah Persahabatan Berujung Penyelamatan Negara
Adagium mempersembahkan kisah bela negara dalam balutan persahabatan dan kisah cinta segitiga. Baca sinopsisnya di sini.
LIHAT ARTIKEL

3. Autobiography (2023)

Autobiography
Sumber foto: IMDb - review Autobiography

Autobiography resmi tayang di bioskop sejak 19 Januari 2023. Film garapan sutradara Makbul Mubarak ini populer karena meraih banyak penghargaan baik di dalam maupun di luar negeri.

Berkisah tentang seorang pemuda bernama Rakib (Kevin Ardilova), pengurus rumah tangga di sebuah rumah milik pensiunan jenderal bernama Purna (Arswendy Bening Swara). Rakib sehari-harinya merawat rumah yang tidak ditempati itu dengan baik.

Suatu hari, Purna kembali ke rumah itu dan berniat mencalonkan diri menjadi bupati setempat. Mereka langsung akrab, layaknya bapak dan anak. Proses pencalonan Purna juga dibantu penuh oleh Rakib.

Semua berubah ketika ada seseorang yang merusak spanduk kampanye Purna. Rakib ditugaskan untuk mencari tahu penyebabnya. Tapi, siapa yang tahu kalau saat itu, bahaya tengah menantinya.

Judul Autobiography
Rilis 19 Januari 2023
Durasi 2 jam 4 menit
Sutradara Makbul Mubarak
Produksi KawanKawan Media
Cast Kevin Ardilova, Arswendy Bening Swara
Genre Thriller, Drama
Rating TBA
Banner Autobio 82b10
Nonton Autobiography (2023), Film Suspense Thriller Indonesia Yang Bersinar Di Kancah Global
Autobiography resmi tayang di bioskop sejak 19 Januari 2023. Film dengan segudang penghargaan ini menawarkan sensasi thriller yang berbeda.
LIHAT ARTIKEL

4. Bayi Ajaib (2023)

Bayi Ajaib 2023 Wiki
Sumber foto: Falcon Black - review film Bayi Ajaib

Film remake Bayi Ajaib ini merupakan horor pertama Falcon Black, rumah produksi di bawah naungan Falcon Pictures. Cerita antara versi remake ini dan juga Bayi Ajaib (1982) memang tak jauh berbeda. Soalnya, sutradara Rako Prijanto sangat berusaha menjaga keaslian cerita walaupun tetap ada beberapa perbedaan signifikan.

Film Bayi Ajaib 2023 menceritakan tentang seorang laki-laki bernama Kosim (Vino G. Bastian) yang tiba-tiba menjadi kaya setelah menemukan emas di sungai desa Hirupbagja. Setelah kaya, dia kemudian menikah dengan Laras (Sara Fajira) dan hidup makmur sebagai juragan tanah.

Namun, bencana menghampiri ketika jiwa anak mereka yang baru lahir, Didi, dirasuki oleh arwah jahat bernama Alberto Dominique yang haus darah dan menyerang warga desa.

Judul Bayi Ajaib
Rilis 19 Januari 2023
Durasi 1 jam 37 menit
Sutradara Rako Prijanto
Produksi Falcon Black
Cast Vino G. Bastian, Adipati Dolken, Desy Ratnasari, dkk
Genre Horor
Rating TBA
Nonton Bayi Ajaib 2023 2fdf0
Nonton Bayi Ajaib (2023), Remake Film Horor Legendaris Terseram!
Nggak sabar mau nonton Bayi Ajaib (2023)? Remake film horor legendaris Indonesia ini bakal segera menghantui layar bioskop per 19 Januari 2023.
LIHAT ARTIKEL

5. Balada Si Roy (2023)

B G9j YWw6 Ly8vc HVib Glza GVycy8y MTEw Mjkv Mj Ay Mj A5 MTkx NTUz LW1ha W4u Y3 Jvc HBl ZF8x Nj Yz N
Sumber foto: IDN Pictures - Sinopsis Balada Si Roy

Film Balada Si Roy full movie merupakan film karya sutradara Fajar Nugros yang diadaptasi dari novel dengan judul Balada Si Roy karya Gol A Gong. Film terbaru ini akan tayang pada 19 Januari 2023 di bioskop seluruh Indonesia.

Film remaja ini mengisahkan tentang Roy, pemuda asal Bandung yang kini tinggal dengan sang ibu dan anjingnya, Joe. Sepeninggal ayahnya, Roy harus pindah ke Serang, Banten, kampung halaman sang ibu.

Tak mau jadi pemuda biasa, Roy membuat sensasi saat masuk sekolah baru. Dengan gaya yang cool dan sedikit berandal, Roy datang bersama Joe dan menjadi pusat perhatian di seluruh sekolah.

Judul Balada Si Roy
Rilis 19 Januari 2023
Durasi 1 jam 48 menit
Sutradara Fajar Nugros
Produksi IDN Pictures
Cast Abidzar Al-Ghifari, Bio One, Febby Rastanty
Genre Remaja, aksi, keluarga
Rating TBA
Banner Balada Si Roy B68c8
Sinopsis dan Link Nonton Balada Si Roy (2023), Kisah Anak Muda Mencari Jati Diri
Kisah Roy dalam mencari jati diri akhirnya diangkat jadi film. Balada Si Roy akan tayang di bioskop pada 19 Januari 2023.
LIHAT ARTIKEL

6. Anak Titipan Setan (2023)

Film bioskop Januari 2023 sepertinya bakal didominasi sama genre horor nih, geng. Salah satunya adalah film Anak Titipan Setan yang dijadwalkan rilis pada 5 Januari 2023 besok.

Bercerita tentang Putri (Gisella Anastasia) yang harus kembali ke desanya dari Australia karena keluarganya di desa Meloyo Kidul, Surakarta sedang kena masalah besar.

Eyang Susana (Ingrid Widjanarko), ibu dari Putri memaksa Putri pulang membawa anak laki-lakinya, yang diyakini bisa jadi solusi dari masalah yang dihadapi.

Masalah yang mengancam keselamatan seluruh keluarga itu berawal ketika Eyang Susana ikut ritual pesugihan dan mengikat perjanjian dengan iblis Jaran Penoleh. Bisakah Putri mengungkap misteri keluarganya itu?

Judul Anak Titipan Setan
Tayang 12 Januari 2023
Durasi 1 jam 29 menit
Sutradara Erwin Arnada
Produksi Jaman Studio, Studio PFN
Cast Gisella Anastasia, Ingrid Widjanarko, dkk
Genre Horror
Rating TBA

7. Hidayah (2023)

Film Hidayah Ajil Ditto
Sumber foto: Pichouse Films - YouTube Hidayah full movie

Film Hidayah (2023) adalah film Indonesia terbaru yang tayang di bioskop Januari 2023 ini.

Versi yang kali ini adalah adaptasi dari sinetron dan majalah Hidayah yang populer era 2000-an. Tentunya dengan cerita religi yang cukup menarik dan penuh pesan moral.

Sedikit berbeda dengan versi sinetronnya yang merupakan cerita antologi, adaptasi ini punya cerita utuh yang punya value lebih besar. Tapi masih bercerita tentang azab.

Judul Hidayah
Rilis 12 Januari 2023
Durasi 1 jam 32 menit
Sutradara Monty Tiwa
Produksi Maxstream Original, Pichouse Films, Clockwork Films
Cast Ajil Ditto, Givina, Alif Joerg, Unique Priscilla, dkk
Genre Horor, Religi
Rating TBA
Film Hidayah 28609
Nonton Film Hidayah (2023), Diadaptasi Dari Sinetron Religi Penuh Pesan Moral
Nonton film Hidayah (2023) hanya di bioskop, film horor Indonesia terbaru dengan balutan elemen religi yang kental ceritakan tentang azab pada manusia.
LIHAT ARTIKEL

8. Puisi Cinta yang Membunuh (2023)

Selanjutnya ada thriller seru yang berjudul Puisi Cinta yang Membunuh. Disutradarai sama Garin Nugroho, dan dibintangi deretan aktor dan aktris papan atas Indonesia seperti Mawar de jongh, Baskara Mahendra, Morgan Oey, Raihaanun, hingga Ayu Laksmi.

Berkisah tentang Ranum (Mawar de Jongh) yang selalu terperangkap kata-kata indah dari laki-laki yang kemudian mengkhianatinya. Namun, semua itu selalu berakhir dengan kematian mereka yang misterius.

Drama keluarga Ranum ini juga diwarnai intrik, situasi puitik, romantis, yang seketika berubah penuh teror. Film ini dijadwalkan tayang pada 5 Januari 2023 mendatang setelah sebelumnya tayang di festival JAFF 1 Desember 2022 lalu. Jangan lupa nonton, ya!

Judul Puisi Cinta yang Membunuh
Tayang 5 Januari 2023
Durasi 1 jam 45 menit
Sutradara Garin Nugroho
Produksi Starvision Plus
Cast Mawar Eva de Jongh, Baskara Mahendra, Morgan Oey, dkk
Genre Thriller
Rating TBA

9. Tumbal Kanjeng Iblis (2022)

Tumbal Kanjeng Iblis (2022) bercerita tentang seorang gadis muda bernama Tia (Sheryl Sheinafia) yang kehilangan kakaknya selama dua tahun. Di tengah kehidupannya yang biasa aja, tiba-tiba Tia malah mengalami kejadian aneh.

Dia sering mendengar bisikan yang menyuruhnya untuk menemukan kakaknya yang hilang. Jika tidak, maka ayahnya akan meninggal. Karena terganggu, Tia memutuskan untuk menyelidiki hal tersebut.

Dia hanya punya selembar foto sebagai satu-satunya petunjuk. Dengan bantuan foto itu, Tia menemukan sebuah rumah kos di dekat kampus dan mulai tinggal di sana.

Rumah kos tersebut dimiliki oleh pasangan suami istri yang baik bernama Jefri (Miller Khan) dan Rosa (Putri Ayudya). Meskipun mereka terlihat ramah, Tia merasa ada sesuatu yang tidak beres tentang Rosa.

Tia juga bertemu dengan seorang pria muda misterius bernama Nathan (Omar Daniel) yang terus meminta dia untuk segera meninggalkan rumah kos tersebut. Sebenarnya, apa yang sedang terjadi?

Kamu tentu harus lihat film horror ini untuk tahu jawabannya! Untuk tahu sinopsis lengkap, daftar pemeran, hingga fakta unik film ini, baca artikel Jaka di bawah ini, ya!

Nonton Tumbal Kanjeng Iblis 61a67
Nonton Tumbal Kanjeng Iblis (2022) Full Movie, Teror Sekte Aliran Sesat
Film horor Indonesia terbaru kembali hadir di akhir tahun, yaitu Tumbal Kanjeng Iblis. Penasaran? Klik link nontonnya hanya di sini, ya!
LIHAT ARTIKEL
Judul Kanjeng Tumbal Iblis
Tayang 22 Desember 2022
Durasi 1 jam 33 menit
Sutradara Mizam Fadilah
Produksi Visinema Pictures

Legacy Pictures
Cast Shery Sheinafia

Putri Ayudya

Miller Khan, dkk
Genre Horror, Thriller
Rating 5.3/10 (IMDb)

10. Cek Toko Sebelah 2 (2022)

Cek Toko Sebelah 2 adalah kelanjutan kisah Koh Afuk (Chew Kin Wah) serta dua anak nya, Yohan (Dion Wiyoko) dan Erwin (Ernest Prakasa) yang kini kembali menghadapi drama keluarga baru.

Erwin yang ingin melamar Natalie (Laura Basuki), sang kekasih, masih terhalang restu ibu Natalie yakni Agnes (Maya Hasan). Sementara Yohan dan Ayu (Adinia Wirasti) semakin dituntut untuk memiliki anak padahal belum siap.

Film ini kembali disutradarai sama Ernest Prakasa dan dijadwalkan meluncur ke bioskop pada 22 Desember 2022 mendatang. Sudah siap dibuat ngakak sekaligus nangis sesenggukan?

Cek Toko Sebelah 2 5fa92
Nonton Cek Toko Sebelah 2 (2022), Kocaknya Keluarga Koh Afuk Balik Lagi!
Link nonton Cek Toko Sebelah 2 (2022) hanya di sini. Film drama-komedi yang kocak dan emosional dari Ernest Prakasa. Siap ketemu lagi sama keluarga Koh Afuk?
LIHAT ARTIKEL
Judul Cek Toko Sebelah 2
Tayang 15 Desember 2022
Durasi 2 jam 21 menit
Sutradara Ernest Prakasa
Produksi Starvision Plus
Cast Ernest Prakasa, Laura Basuki, Dion Wiyoko, Adinia Wirasti, dkk
Genre Drama, Komedi
Rating 8.2/10 (IMDb)

Daftar Film Indonesia Terbaru 2023

  1. Mangkujiwo 2 (2023)
  2. Adagium (2023)
  3. Autobiography (2023)
  4. Balada Si Roy (2023)
  5. Anak Titipan Setan
  6. Puisi Cinta yang Membunuh (2023)

Akhir Kata

Nah, demikian tadi rekomendasi film Indonesia terbaru 2023 dan juga film Indonesia terbaik 2022 yang sudah Jaka kurasi spesial buat kamu. Kamu bisa pilih genre apa yang kamu suka!

Sekarang, nggak perlu lagi ragu buat nonton film lokal, karena tak cuma menawarkan cerita yang seru dan realte sama kehidupan masyarakat, tapi kualitas akting dan produksinya udah nggak kalah ama film barat terbaru.

Film-film di atas juga rata-rata sudah dan sedang tayang di bioskop Indonesia atau sudah bisa kamu temukan di platform streaming film yang resmi seperti Netflix, Disney+ Hotstar, dan lainnya. Selamat menonton!

Baca juga artikel seputar film action atau artikel menarik lainnya dari Daniel Cahyadi.

ARTIKEL TERKAIT
Film Action Korea Terbaik 3c4c0
30 Film Action Korea Terbaik & Terbaru 2021, Seru & Menegangkan!
52f66d25c0da4dbc74ae760dfc027fbf
Bikin Bangga! Ini 5 Film Action Buatan Indonesia Yang Mengguncang Dunia
Film Action Terbaik Terbaru 2022 89d23
41 Film Action Terbaik & Terbaru 2022, Seru dan Menegangkan!
10 Film Horor Berdasarkan Kisah Nyata Jangan Nonton Sendirian 2dec1
10 Film Horor Berdasarkan Kisah Nyata, Jangan Nonton Sendirian!
Film Romantis Indonesia Terbaik 08227
50 Film Romantis Indonesia Terbaik & Terbaru 2022, Hangat & Bikin Baper!
Film Horor Pemeran Tewas Banner 8f3bb
7 Film Horor yang Menyebabkan Pemeran dan Krunya Tewas, Karena Kena Kutukan?
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal