7 Film Science Fiction dengan Villain Manusia | Lebih Kejam dari Alien!

Default

Biasanya, film-film sci-fi terbaik menceritakan keadaan Bumi yang hancur berantakan akibat serangan makhluk-makhluk asing. Seperti alien, robot, atau hewan hasil mutasi genetik.

Akibatnya, para manusia harus berjuang melawan mereka untuk melindungi seluruh warga Bumi dan mengembalikan keadaan planet ini menjadi tenang seperti semula.

Hal ini mengimplikasikan bahwa manusia selalu menjadi pahlawan pada cerita-cerita serupa. Namun, ada juga film-film fiksi ilmiah yang mengambil pendekatan berbeda, geng.

Kamu bisa melihat contohnya pada film-film sci-fi yang penjahatnya adalah manusia seperti di bawah ini. Yuk, disimak.

7 Film Sci-Fi yang Menjadikan Manusia sebagai Villain

Beberapa sifat buruk manusia yang ditampilkan pada film-film sci-fi, seperti keserakahan, egoisme, dan diskriminasi, menunjukkan bahwa terkadang ancaman yang dihadapi oleh Bumi datang dari para penduduknya sendiri.

Meskipun mungkin alien pada beberapa film di bawah juga nggak sepenuhnya ramah, namun reaksi manusia terhadap kedatangan mereka justru lebih kasar dibanding seharusnya.

Supaya kamu nggak penasaran, langsung saja cek film-film science fiction yang tokoh penjahatnya adalah manusia melalui penjelasan di bawah ini.

1. The Matrix (1999)

The Matrix 29bf8

Pada film tentang misteri mimpi ini, kekacauan terjadi akibat perlakuan buruk manusia terhadap mesin-mesin yang mereka ciptakan, sehingga berujung pada pemberontakan.

Padahal, mesin-mesin yang memiliki perasaan tersebut hanya ingin diperlakukan secara layak dan bukan seperti budak. Ketika bertarung melawan mesin, para manusia justru menghancurkan atmosfer dan menimbulkan masalah bagi diri mereka sendiri.

Meskipun bisa menghabisi manusia dalam keadaan ini, namun para mesin tersebut membiarkan mereka hidup dalam virtual reality, sehingga keberlangsungan hidup kedua pihak bisa terjamin.

2. Jurassic Park (1993)

Jurassic Park 0234b

Kamu bisa lihat pada film dinosaurus terbaik ini bagaimana para dinosaurus nggak hanya dijadikan bahan penelitian, namun juga dieksploitasi demi uang.

Salah satu contohnya seperti yang dilakukan oleh Dennis Nedry (Wayne Knight). Dia menonaktifkan sistem keamanan pulau tempat Jurassic Park berada demi mencuri embrio dinosaurus.

Akibatnya, seekor T-Rex lepas dan menimbulkan kekacauan di pulau tersebut.

Tapi, Nedry juga mendapatkan balasannya. Ketika melarikan diri, hujan deras mengakibatkan mobil yang ditumpanginya menabrak. Akhirnya ia pun terbunuh oleh Dilophosaurus yang sedang berada di area tersebut.

3. The Day The Earth Stood Still (1951)

The Day The Earth Stood Still A52df

Sama seperti Arrival (2016) yang menjadi salah satu film alien terbaik. Film ini menunjukkan bahwa kedatangan alien ke Bumi nggak selalu dilatarbelakangi oleh niat jahat. Kadang, mereka justru ingin menyelamatkan umat manusia.

Klaatu (Michael Rennie) adalah alien yang datang ke Bumi untuk menyampaikan sebuah pesan. Ketika ia akan menyerahkan hadiah kepada Presiden AS, ia justru ditembak oleh salah seorang tentara.

Selain itu, ketika Klaatu memadamkan listrik di seluruh dunia ketika diminta menunjukkan kemampuannya, perbuatan tersebut malah dianggap sebagai seruan perang.

Pada akhirnya, Klaatu memberikan dua pilihan kepada para penduduk Bumi; Bergabung dengannya dan hidup damai, atau melanjutkan kehidupan saat ini dan menghadapi kehancuran.

4. Alien (1979)

Alien 069d4

Kalau kamu ingin mendapatkan gambaran bagaimana keserakahan manusia dapat menyebabkan kehancuran, maka film dengan adegan ikonik ini bisa menjadi contoh yang bagus, geng.

Ketika ada alien yang masuk ke Nostromo dan mulai menyerang para kru, Weyland-Yutani selaku perusahaan pembuat pesawat luar angkasa tersebut justru memerintahkan salah satu kru untuk membawa alien tersebut ke Bumi.

Bahkan hal itu dilakukan jika harus mengorbankan para astronot. Hal ini menunjukkan bahwa mereka nggak peduli terhadap nyawa manusia selama bisa mendapatkan keuntungan finansial dengan memperkenalkan Xenomorph kepada penduduk Bumi.

5. Blade Runner (1982)

Blade Runner D1d52

Robot android Nexus-6 yang disebut sebagai replicant dianggap ilegal untuk berada di Bumi akibat pemberontakan mereka di masa lalu. Ketika beberapa replicant kembali ke Bumi, Rick Deckard (Harrison Ford) ditugaskan untuk memburu mereka.

Padahal, kembalinya robot-robot tersebut hanya untuk mencari cara memperpanjang masa hidup mereka yang sudah ditetapkan selama 4 tahun, geng.

Bagaimana manusia memburu robot-robot tersebut seperti binatang menunjukkan siapa sebenarnya yang bersikap kejam. Padahal, para replicant tersebut bisa tertawa, menangis, jatuh cinta, bahkan berdarah, sama seperti manusia.

6. District 9 (2009)

District 9 48d03

Diskriminasi menjadi isu yang paling terasa pada film karya Neill Blomkamp ini. Kamu bisa melihatnya melalui perlakuan para penduduk Johannesburg, Afrika Selatan, terhadap kelompok alien yang disebut sebagai udang oleh warga sekitar.

Padahal, udang-udang ini berusaha bersikap damai dengan para manusia. Namun, karena mereka berbeda, perlakuan buruk pun sering kali mereka terima.

Sampai akhirnya seorang petugas bernama Wikus van de Merwe (Sharlto Copley), yang seharusnya mengiring para alien ke tempat pengungsian lain berubah menjadi seperti mereka pasca terkena cairan alien.

Pada akhirnya, Wikus justru membantu para alien melarikan dari dari lokasi pengungsian. Namun, kalau saja Wikus nggak berubah menjadi alien, apakah ia akan peduli dengan mereka?

7. Avatar (2009)

Avatar 7cc55

Film fiksi ilmiah epic yang berhasil meraih pendapatan tertinggi sepanjang masa sebelum dikalahkan oleh Avengers: Endgame (2019) ini menunjukkan keserakahan manusia dalam tingkat yang berbeda, geng.

Pasalnya, guna mendapatkan mineral berharga dari planet Pandora, yaitu unobtanium, manusia rela melakukan genosida terhadap seluruh penghuni planet tersebut yang dikenal sebagai Na'vi.

Serangan ini dipimpin oleh Kolonel Miles Quaritch (Stephen Lang) pasca Jake Sully (Sam Worthington) gagal meyakinkan para Na'vi untuk meninggalkan rumah mereka.

Akhir Kata

Itu dia film-film sci-fi yang penjahatnya bukan alien, robot, atau binatang buas, melainkan manusia.

Hal ini membuktikan bahwa kehancuran Bumi nggak hanya bisa disebabkan oleh faktor dari luar, melainkan akibat keserakahan manusia itu sendiri.

Baca juga artikel seputar Out Of Tech atau artikel menarik lainnya dari Sheila Aisya Firdausy.

ARTIKEL TERKAIT
Film Hewan Buas Da4c5
10 Film Hewan Buas Paling Mengerikan yang Pernah Ada, Bikin Jantung Copot!
Villain Terbaik Disney Banner Bc866
10 Villain Terbaik dari Disney yang Jahatnya Minta Ampun, Bikin Jengkel Setengah Mati!
Page Ec4cf
7 Karakter Villain yang Gak Mati-Mati, Terlalu Kuat!
Villain Film Horor Paling Cerdas Banner F22be
7 Villain di Film Horor yang Paling Cerdas | Bikin Tegang Sekaligus Serem!
Villain Yang Terinspirasi Dari Orang Asli 512f7
7 Villain Ikonik yang Terinspirasi dari Orang Asli, Ada yang Mirip Trump!
Banner Ae845
7 Villain yang Pernah Menyelamatkan Umat Manusia, Joker Termasuk!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal