Wilayah Sekitar Lautan Arktik Terancam Mulai Tenggelam, Tanda Kiamat Semakin Dekat?

Default

Para ilmuwan seakan tak pernah lelah dalam mengamati perubahan iklim yang terjadi pada Bumi. Pasalnya, hal tersebut sangat penting untuk dipahami demi keberlangsungan peradaban manusia ke depannya.

Berkaitan dengan itu, laporan terbaru menunjukkan bahwa telah terjadi perubahan iklim ekstrem yang mulai mengancam wilayah-wilayah di sekitar laut Arktik, geng.

Menurut penelitian yang dilakukan, adanya pencairan es di kutub setidaknya dapat merusak lebih dari 50 persen infrastruktur di wilayah sekitar Arktik pada tahun 2050 yang akan datang.

Berdasarkan jurnal yang diterbitkan Nature Review Earth & Environment, disebutkan bahwa tanah beku atau yang disebut dengan permafrost diketahui semakin memanas antara 0,3 hingga 1,0 derajat Celcius per dekade sejak tahun 1980-an.

Hal ini pula yang kemudian semakin menambah banyaknya deretan es yang mencair di kutub seperti yang terjadi pada saat ini.

"Infrastruktur dalam masalah," ujar Dmitry Streletskiy, peneliti sekaligus ahli geografi dari Universitas George Washington, dilansir dari Straits Times, Kamis (13/01/2022).

"Meski demikian, ini bukan seperti gempa bumi. Prosesnya akan relatif lambat, sehingga memberi kita cukup waktu untuk melakukan beberapa pencegahan," lanjutnya.

Lautan Arktik 6970d

Sumber foto: Unsplash

Walaupun diprediksi berjalan lambat, namun menurut para ilmuwan, tren ini akan terus berlangsung seiring dengan meningkatnya perubahan iklim, geng.

Jika dilihat dari citra satelit, ilmuwan memperkirakan bahwa setidaknya ada 120.000 bangunan, 40.000 km jalan, dan 9.500 km jaringan pipa yang terancam digenangi oleh air.

"Ini bahkan jauh lebih mendesak bagi orang yang tinggal dan bekerja di lapisan es," kata Vladimir Romanovsky, ahli geofisika dari Universitas of Alaska Fairbanks.

Melansir dari National Snow and Ice Data Center (NSIDC), penurunan populasi es di Arktik terjadi sejak tahun 2019 lalu.

Hal ini juga bisa terjadi karena Arktik merupakan salah satu tempat pembentukan dan pertumbuhan es di Bumi. Namun karena faktor angin dan arus laut, es tersebut akhirnya berpindah ke perairan hangat dan mulai mencair.

Sementara pada tahun 2020, hanya terdapat lapisan es seluas 3,74 juta kilometer persegi di perairan tersebut. Ini merupakan ukuran terkecil kedua dalam 42 tahun terakhir, serta setengah dari ukuran pada tahun 1980.

Arktik atau Arktika sendiri terletak di belahan Bumi bagian utara, geng. Mayoritas daerah ini memang tertutupi oleh lautan es sepanjang tahun, serta termasuk bagian dari Rusia, Alaska, Kanada, Greenland, Islandia, dan Norwegia.

Wilayah Sekitar Lautan Arktik F8e89

Sumber foto: wikipedia

Beberapa tahun terakhir, bencana akibat perubahan iklim memang tidak hanya terjadi di daerah kutub saja, melainkan juga di beberapa negara di dunia.

Laporan tahun 2021 menyebutkan, banjir besar yang sempat melanda wilayah Malaysia juga merupakan efek dari adanya bencana ekologis itu, geng.

Menurut para analis lingkungan, hal itu disebabkan oleh cakupan hujan yang semakin meluas hingga ke bagian barat dan tengah di negara tetangga tersebut. Sementara di tahun-tahun sebelumnya, fenomena ini hanya terjadi di wilayah pantai timur.

Adanya fenomena dan penelitian seperti di atas sebaiknya juga harus ditanggapi serius oleh sejumlah negara, termasuk di Indonesia sendiri, geng.

Jika solusi untuk hal ini bisa segera dilakukan, maka setidaknya itu sudah cukup untuk meminimalisir proses perubahan iklim yang ekstrem di Bumi.

Baca juga artikel seputar Sains atau artikel menarik lainnya dari Muhammad Irsyad.

BACA JUGA

Pria Ini Menerima Transplantasi Jantung Babi Pertama di Dunia, Babak Baru Transplantasi Organ?

Sebut Nabi Nuh Telepon Anaknya Sebelum Banjir Terjadi, Klaim Ilmuwan Ini Jadi Kontroversi!

8 Negara dengan Peradaban Tertua Di Dunia, Apakah Indonesia Termasuk?

9 Potret Terbaru Olivia Zalianty Setelah Resmi Menjadi Istri, Bahagia dengan Suami Idaman!

7 Artis ini Mengaku Tak Ingin Punya Anak Alias Childfree, Ini Alasan Mereka!

Dulu Dibuang di Tempat Sampah, Dishani Chakraborty Kini Jadi Seleb di Amerika

ARTIKEL TERKAIT
Penemuan Nasa Yang Dipakai Dalam Kehidupan
5 Penemuan NASA yang Dipakai Dalam Kehidupan Sehari-hari
Untitled Design 35 1e715
Begini Bentuk Toilet Canggih NASA Seharga Rp333 Miliar: Praktis, Tinggal Sedot!
Cara Robot Nasa Kirim Data Dari Mars Ke Bumi Banner 6514e
Cara Robot NASA Kirim Pesan dan Data dari Mars ke Bumi, Canggih!
Bill Gates Tidak Mau Ke Mars 41950
Alasan Bill Gates Tidak Mau ke Mars Ikut Elon Musk | Cuma Khayalan Saja?
Mars
5 Foto Rahasia di Planet Mars Ini Disembunyikan NASA! Kok Bisa?
Untitled Design 2021 07 15t185427 982 8806d
5 Fakta Menakjubkan Bumi yang Mungkin Belum Kamu Sadari, Paling Beda dengan Planet Lain!
Tags Terkait: fakta menarik
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal