6 Jenis Baterai Mobil Listrik: Segini Kapasitas, Daya Tahan, dan Harganya

Default

Baterai mobil listrik merupakan salah satu komponen terpenting yang ada di dalam sebuah sistem mobil berbasis elektrik. Saking pentingnya, komponen satu ini bahkan disebut sebagai satu-satunya "sumber kehidupan" untuk menggerakan mobil listrik.

Seiring dengan meningkatnya popularitas kendaraan listrik, komponen ini pun menjadi perhatian baik dari sisi pengguna dan juga produsen. Banyak produsen mobil listrik yang membekali kendaraannya dengan kapasitas baterai cukup besar.

Pemerintah Indonesia bahkan berambisi bisa memproduksi unit baterai kendaraan listrik dalam skala besar. Hal ini tidak terlepas dari tujuan pemerintah yang ingin mendorong adopsi mobil listrik sebagai salah satu kendaraan ramah lingkungan.

Para produsen pun berlomba untuk membuat inovasi teknologi yang canggih, termasuk di salah satu komponen penting ini. Simak informasi tentang baterai mobil listrik berikut untuk mengetahui jenis, cara kerja, hingga harganya.

Jenis & Cara Kerja Baterai Mobil Listrik

Jenis Cara Kerja Baterai Mobil Listrik
Sumber foto: ilika - Baterai Mobil Listrik

Jenis baterai mobil listrik tergantung pada sistem mobil dan yang paling banyak digunakan adalah lithium-ion. Jenis baterai untuk mobil listrik dirancang sebagai sistem penyimpanan energi yang menyalurkan daya dalam periode lama dan berkelanjutan.

Berikut jenis baterai mobil listrik dan cara kerjanya:

1. Lithium-ion (Li-ion)

Baterai ini mungkin sudah tidak asing lagi karena banyak juga digunakan pada peralatan elektronik portabel seperti ponsel dan laptop. Bedanya, skala kapasitas fisik dan ukuran Li-ion pada mobil listrik jauh lebih besar.

Baterai Li-ion memiliki rasio daya terhadap berat yang sangat tinggi. Baterai ini memiliki efisiensi energi tinggi dengan performa pada suhu tinggi yang juga bagus. Baterai ini juga mempunyai rasio energi yang lebih besar per berat.

Baterai lithium-ion mengisi daya lebih cepat, bertahan lebih lama, dan memiliki kepadatan daya lebih tinggi. Semakin kecil bobot baterai, semakin jauh jarak yang bisa ditempuh mobil listrik dalam sekali pengisian daya saja.

Hanya saja, baterai jenis ini masih punya kekurangan, terutama pada soal harga. Sebab, biaya baterai Li-ion bisa mencapai 40-50 persen dari harga mobil listrik itu sendiri.

2. Nickel-metal hydride (NiMH)

Baterai NiMH menggunakan hidrogen untuk menyimpan energi, dengan nikel dan logam lain (seperti titanium) menjaga tutup ion hidrogen. Baterai ini lebih banyak digunakan oleh kendaraan listrik hibrida (HEV).

Baterai mobil listrik jenis ini tidak mendapatkan tenaga dari luar. Pengisian ulang baterai ini tergantung pada kecepatan mesin, roda, dan pengereman regeneratif. Kelebihan utama baterai Ni-MH memiliki siklus hidup atau usia pakai yang lebih lama daripada lithium-ion.

Baterai Ni-MH juga relatif lebih mudah didaur ulang karena hanya mengandung sedikit bahan yang beracun terhadap lingkungan. Namun kekurangannya, NiMH relatif lebih mahal, tingkat self-discharge yang tinggi, dan menghasilkan panas signifikan.

3. Lead-acid

Baterai SLA (lead-acid) adalah baterai isi ulang tertua. Baterai ini memang tidak punya kapasitas yang bersaing dan jauh lebih berat, tetapi harganya relatif murah dan aman. Saat ini, baterai SLA hanya digunakan oleh kendaraan komersial sebagai sistem penyimpanan sekunder.

4. Ultracapacitor

Baterai ultracapacitor justru menyimpan cairan terpolarisasi antara elektroda dan elektrolit. Berkat meningkatnya luas permukaan cairan, kapasitas penyimpanan energi pada baterai jenis ini juga meningkat.

Baterai ini sangat cocok sebagai penyimpanan sekunder pada kendaraan listrik. Selain itu, ultracapacitor juga dapat memberikan tenaga ekstra untuk kendaraan listrik selama akselerasi dan pengereman regeneratif.

Hanya saja, baterai jenis ini mulai ditinggalkan karena masih ada jenis lainnya yang lebih efisien dari segi performa, life cycle, dan harga.

5. Solid-state

Baterai solid-state menghilangkan elektrolit cair berat yang hidup di dalam baterai lithium-ion. Penggantinya adalah elektrolit padat yang bisa berupa gelas, keramik, atau bahan lainnya.

Struktur keseluruhan baterai solid-state sangat mirip dengan baterai lithium-ion tradisional, tetapi tanpa cairan baterai bisa jauh lebih padat dan kompak. Baterai ini mengeluarkan energi dan mengisi ulang dengan cara yang mirip dengan lithium-ion.

Penggunaan baterai solid-state di industri mobil memang baru-baru ini saja. Baterai jenis ini telah digunakan selama bertahun-tahun pada perangkat kecil seperti alat pacu jantung, perangkat yang dapat dikenakan, dan RFID.

Harapan tentang kemampuan baterai solid-state untuk meningkatkan kendaraan listrik pun sangat tinggi. Pada kapasitas yang sama pada baterai lithium-ion untuk kendaraan, baterai solid-state memiliki kapasitas antara dua dan 10 kali lipat lebih besar.

6. Nickel-cadmium

Baterai ini memiliki banyak keunggulan, seperti kepadatan penyimpanan yang signifikan dan masa pakai sekitar 500 hingga 1.000 siklus pengisian daya. Namun, baterai ini memiliki bobot yang cukup berat serta sangat rentan terhadap penurunan kinerja.

Penurunan kinerja baterai ini biasanya terjadi saat mengalami siklus "pengosongan" sebagian. Digunakan untuk produksi kendaraan listrik di tahun 90-an, baterai Ni-Cd sekarang dilarang karena toksisitas kadmium.

Nah, sekalian juga Jaka mau kasih perbandingan kepada kamu seperti apa karakter dari empat jenis baterai mobil listrik yang paling banyak digunakan saat ini. Cek di tabel berikut!

Karakteristik Lithium-ion Nickel-metal Lead-acid Ultracapacitor
Harga murah Yes No Yes No
Efisiensi energi Yes Yes Yes Yes
Kinerja pada suhu tinggi Yes No No Yes
Bobot berat Yes Yes Yes Yes
Eksistensi produk lebih lama Yes No Yes No

Berapa Lama Daya Tahan Baterai Mobil Listrik?

Berapa Lama Daya Tahan Baterai Mobil Listrik
Sumber foto: Unsplash - Baterai Mobil Listrik

Usia dan ketahanan baterai mobil listrik berbeda-beda tergantung dari jenis dan setelan kendaraan. Namun, secara umum usia rata-rata baterai mobil listrik berkisar antara 10-15 tahun atau setara dengan 200 ribu km.

Usia baterai listrik juga dipengaruhi dari jenis baterai yang digunakan. Secara umum, baterai mobil listrik yang banyak digunakan adalah lithium ion. Baterai jenis ini akan mengalami siklus pengosongan saat dikendarai dan akan mengisi daya saat dicolokkan ke fasilitas SPKLU.

Daya tahan mobil listrik juga bisa dipengaruhi oleh suhu. Suhu yang terlalu dingin atau terlalu panas bisa berpengaruh terhadap usia baterai. Saat suhu panas, biasanya akan membuat baterai mobil listrik lebih cepat berkurang masa pemakaiannya.

Mobil listrik rata-rata memiliki baterai yang bisa digunakan hingga sampai 1.000 kali isi ulang penuh. Namun, setiap tahun biasanya usia baterai akan berkurang meskipun masih tetap bisa dipakai.

Baterai mobil listrik yang sudah mencapai 1.000 kali isi ulang penuh biasanya juga menjadi tidak optimal dan kemampuannya berkurang hingga 40%. Untungnya, beberapa produsen menawarkan garansi penggantian baterai secara gratis.

Perbandingan Kapasitas Baterai Mobil Listrik

Perbandingan Kapasitas Baterai Mobil Listrik
Sumber foto: IST - Baterai Mobil Listrik

Sebagian orang masih ragu untuk membeli dan menggunakan mobil listrik lantaran beberapa alasan yang mendasarinya. Selain harga yang masih tergolong mahal, kapasitas baterai menjadi salah satu kekhawatiran.

Hal tersebut wajar, karena kapasitas baterai mobil listrik akan sangat memengaruhi performa terutama soal jarak tempuh yang bisa dicapai. Sebagai gambaran, Jaka akan membandingkan kapasitas baterai dengan sejumlah merek mobil listrik di Indonesia.

Merek/Model Kapasitas Baterai Jarak Tempuh
Hyundai IONIQ 5 (Standard) 38.3 kWh 384 km
Hyundai Kona 39,2 kWh 345 km
Nissan Leaf 40 kWh 311 km
Lexus UX 300e 54,3 kWh 300 km
BMW iX 70 kWh 600 km
BMW i4 80 kWh 590 km
Toyota C+POD 9,06 kWh 150 km

Berapa Kisaran Harga Baterai Mobil Listrik?

Berapa Kisaran Harga Baterai Mobil Listrik
Sumber foto: IST - Baterai Mobil Listrik

Sebelum membeli mobil listrik, mungkin terlintas di pikiran kamu bagaimana jika nanti baterainya rusak? Harus diakui, harga untuk satu unit dari komponen satu ini tergolong mahal. Harganya bisa mencapai 60% dari harga mobil listrik itu sendiri.

Namun, saat baterai mengalami kerusakan sebenarnya masih bisa diganti secara parsial karena di dalamnya terdapat banyak sel. Sel-sel yang rusak ini saja yang nantinya akan diganti, sehingga tidak semua baterai diganti sepenuhnya.

Kisaran harga baterai mobil listrik sendiri yang paling termurah dibanderol Rp189 jutaan dengan merek Tesla. Sementara untuk harga termahal di Indonesia, baterai mobil listrik Hyundai IONIQ 5 dibanderol Rp718 - Rp829 juta.

Akhir Kata

Baterai mobil listrik menjadi salah satu komponen paling penting bahkan disebut sebagai "sumber kehidupan" dari kendaraan ini. Ternyata, jenis baterai ini terbagi ke dalam beberapa karakteristik dengan cara kerja berbeda.

Sebagai bagian yang sangat vital, tak heran jika harga baterai mobil listrik jauh berkali lipat dibanding baterai motor listrik. Namun, melihat berbagai keunggulan dari segi teknis maupun biaya dalam jangka panjang, kendaraan ini tetap layak dimiliki.

Ingin mengetahui lebih lanjut kelebihan yang dibawa mobil listrik? Kamu bisa kunjungi artikel Jaka lainnya di bawah ini. Dapatkan informasi lengkap yang membuatmu tergiur membeli mobil listrik!

Kelebihan Mobil Listrik A3250
5 Kelebihan Mobil Listrik yang Bikin Kamu Lebih Nyaman Berkendara, Mau Beli?
Tak cuma ramah lingkungan dan hemat biaya perawatan, ternyata ini kelebihan mobil listrik lainnya yang wajib kamu ketahui!
LIHAT ARTIKEL

Baca juga artikel Mobil Tesla Termurah, Motor Listrik Murah Terbaik, atau artikel menarik lainnya dari Ilyas.

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Jual Beli Online Terbaik Banner 9adf7
Bukalapak Hilang dari Play Store, Ini Aplikasi Jual Beli Online Terbaik Lainnya!
Untitled Design 2021 01 02t130607 151 2f106
Cara Jualan Online di Facebook Bagi Pemula, Biar Laris Manis!
Situs Jual Beli Online
7 Situs Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia
Cara Jualan Online Cea99
Cara Jualan Online Tanpa Modal dan Laris Terlengkap 2021 | Jaminan Sukses!
Adegan Terbaik Fast And Furious Banner F111c
7 Adegan Terbaik di Seri Film Fast & Furious, Penuh Aksi Menegangkan!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal