Cara Kerja Mobil Listrik Secara Umum dan Berdasarkan Jenisnya, Lebih Simpel!

Default

Cara kerja mobil listrik diklaim lebih simpel dan sederhana dibandingkan dengan mobil-mobil konvensional. Pasalnya, mobil seperti ini mengandalkan tenaga utama berupa baterai listrik yang dapat diisi ulang.

Alhasil, siapa saja yang memiliki mobil listrik gak perlu repot-repot mengisi BBM dan melakukan perawatan rutin yang pastinya juga membutuhkan biaya, geng. Selain itu, performanya pun juga gak kalah dengan kendaraan bensin, lho.

Supaya wawasan kamu tentang kendaraan ramah lingkungan ini semakin bertambah, kali ini Jaka mau membahas mobil listrik dari sisi yang lebih teknis, yaitu soal cara kerjanya. Lantas, bagaimana cara kerja mobil listrik? Berikut ulasan selengkapnya!

Komponen Utama pada Mobil Listrik

Sistem Penggerak Mobil Listrik 16f87
Sumber foto: Omazaki

Sebelum mengetahui sistem kerjanya, kamu tentu harus memahami dulu apa saja komponen mobil listrik, geng.

Nah, komponen-komponen mekanikal rumit yang biasanya terdapat pada mobil konvensional sudah tidak ada lagi pada teknologi ini. Keberadaan komponen yang lebih simpel inilah yang membuat cara kerjanya bisa berbeda dari mobil bensin.

Berikut ini Jaka bagikan beberapa komponen utama pada mobil listrik yang perlu kamu ketahui.

1. Baterai

Komponen yang paling penting adalah baterai (disebut juga baterai traksi). cara kerja baterai pada mobil listrik adalah untuk menyimpan dan mengalirkan arus litrik searah (direct current) ke inverter.

Arus tersebut kemudian akan digunakan untuk menggerakkan motor traksi. Ketika controller mengirimkan sinyal, maka baterai akan langsung memindahkan arus listrik untuk menggerakkan motor traksi.

Baterai biasanya dibuat dengan struktur yang kokoh agar komponen palin penting ini tidak mudah rusak. Tidak hanya itu, fungsinya memang sengaja agar bisa diisi berkali-kali. Adapun baterai yang paling umum digunakan di Indonesia adalah jenis lithium ion karena daya tahannya yang lebih baik.

2. Inverter

Seperti penjelasan di atas, arus listrik direct current (DC) dari baterai akan dialirkan ke inverter terlebih dahulu untuk diubah menjadi arus listrik alternating current (AC) atau bolak-balik.

Jadi, saat controller mengirimkan sinyal ke baterai traksi, listrik DC diubah menjadi listrik AC oleh inverter untuk menggerakkan motor.

Sebaliknya pula, ketika pengemudi ingin melakukan pengereman, maka inverter akan mengubah arus listrik AC menjadi DC agar bisa mengisi daya baterai kembali.

3. Motor Traksi

Tanpa adanya motor traksi (motor listrik), mobil listrik tidak akan bisa bergerak atau berjalan, geng. Motor ini nantinya akan berputar dan menyalurkan tenaga ke roda melalui transmisi.

4. Controller

Sebenarnya, komponen yang bertugas sebagai pengendali utama pada sistem penggerak mobil listrik adalah controller.

Komponen ini menerima inputan dari berbagai sensor dan pedal gas untuk diteruskan ke baterai, inverter, dan motor listrik untuk menentukan berapa besar tenaga yang harus disalurkan ke transmisi.

Selain keempat komponen utama tersebut, ada beberapa komponen lainnya yang juga gak kalah penting. Komponen yang dimaksud di antaranya sebagai berikut:

  • DC/DC Converter: Berfungsi untuk menurunkan tegangan dari baterai sehingga bisa digunakan pada sistem kelistrikan mobil seperti lampu, wiper, hazard, audio, dan lain-lain.
  • Charger: Bersifat pendukung, karena tidak semua mobil listrik membutuhkan charger untuk mengisi daya listrik. Contohnya adalah Nissan Kick e-Power.
  • Auxiliary battery: Baterai tambahan sebagai tempat penyimpanan arus listrik untuk menghidupkan aksesoris lainnya (selain komponen utama).
  • Sistem Termal: Komponen yang berfungsi sebagai pendingin mesin mobil, termasuk menjaga suhu motor traksi dan berbagai komponen elektrikal lainnya.

Cara Kerja Mobil Listrik Secara Umum

Komponen Mobil Listrik E6321
Sumber foto: Speedwork

Udah tahu, kan, darimana sumber energi mobil listrik? Nah, mobil listrik sebenarnya masih terbagi ke dalam beberapa jenis, yaitu Battery Electric Vehicle (BEV), Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), dan Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV).

Tapi secara umum, cara kerja mobil elektrik tetap sama, kok. Dengan komponen-komponen yang sudah Jaka jelaskan sebelumnya, maka beginilah sistem pada mesin mobil listrik bekerja.

  1. Saat pedal pada mobil ditekan, maka controller akan mengambil dan mengatur listrik dari baterai dan inverter.
  2. Secara otomatis, inverter akan mengirimkan sejumlah listrik ke motor sesuai dengan kedalaman atau tekanan pada pedal.
  3. Motor listrik lalu mengubah energi listrik menjadi energi mekanik (rotasi/putaran).
  4. Putaran tadi akan memutar transmisi, maka roda pun akan berputar sehingga mobil bisa bergerak.

Prinsip Kerja Mobil Listrik Berdasarkan Jenisnya

Cara Kerja Mobil Listrik Tesla 60b9b
Sumber foto: Omazaki

Jika tadi adalah cara kerja secara umum, maka di sini Jaka mau jelaskan prinsip kerja mobil listrik berdasarkan jenisnya. Silakan simak sampai habis agar kamu dapat lebih mengerti, geng.

1. Cara Kerja Mobil Listrik BEV

Cara atau prinsp kerja mobil listrik Battery Electric Vehicle (BEV) sangat sederhana, yakni sepenuhnya menggunakan listrik yang terdapat pada baterai. Berikut adalah cara kerjanya:

  1. Daya dikonversi dari baterai DC ke AC untuk mengaktifkan motor.
  2. Pedal akselerator mengirimkan sinyal ke control module untuk menyesuaikan kecepatan kendaraan dengan mengubah frekuensi daya AC dari inverter ke motor (bila mobil menggunakan motor induksi).
  3. Motor menghubungkan dan memutar roda melalui roda gigi.
  4. Saat rem ditekan atau mobil melambat, motor menjadi generator menghasilkan listrik lalu disimpan kembali di baterai.

Contoh beberapa mobil listrik berjenis BEV:

2. Cara Kerja Mobil Listrik HEV

Disebut juga sebagai mobil listrik hybrid, jenis Hybrid Electric Vehicle (HEV) akan mengandalkan mesin bensin serta motor untuk sama-sama memutar transmisi. Begini cara cara kerja mobil listrik hybrid:

  1. Punya tangki pemasok BBM ke mesin seperti mobil konvensional.
  2. Jenis mobil HEV memiliki satu set baterai untuk menjalankan motor.
  3. Baik mesin ataupun motor dapat memutar transmisi pada secara bersamaan.
  4. Saat pengereman, maka motor berubah menjadi generator lalu mengisi baterai.

Contoh beberapa mobil listrik berjenis HEV:

3. Cara Kerja Mobil Listrik PHEV

Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) sebenarnya hampir mirip dengan hybrid, namun bedanya baterai pada jenis ini dapat diisi ulang dari sumber listrik eksternal dengan charging port. Prinsip kerjanya adalah sebagai berikut:

  1. PHEV dapat beroperasi dalam dua mode, yaitu all-electric di mana hanya listrik pada baterai sebagai energi menggerakkan mobil serta hybrid di mana listrik dan bensin digunakan bersamaan.
  2. Mobil jenis ini biasanya memulai sistem kerja dengan all-electric mode. Saat baterai habis, maka mesin akan mengambil alih sistem penggerakan mobil.

Contoh beberapa mobil listrik berjenis PHEV:

  • Hyundai Sonata
  • BMW i8
  • Porsche Cayenne S E-Hybrid
  • Ford C-Max Energi
  • Mini Cooper SE Countryman
  • Marcedes S550e

4. Cara Kerja Mobil Listrik FCEV

Prinsip kerja jenis Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV) hampir mirip dengan jenis BEV. Hanya saja jenis ini memiliki sistem yang mengkonversi energi kimia pada fuel-cell menjadi listrik. Sayangnya, tipe FCEV belum banyak digunakan di Indonesia dan hanya digunakan pada mobil listrik terbaru saja.

Contoh beberapa mobil listrik berjenis FCEV:

  • Toyota Mirai
  • Hyundai Tucson FCEV
  • Honda Clarity Fuel Cell

Oh, iya, kalau kamu ingin mengetahui lebih jauh tentang jenis-jenis mobil listrik, kamu bisa simak melalui artikel Jaka lainnya di bawah ini:

Jenis Mobil Listrik C8eb4
4 Jenis Mobil Listrik Dan Teknologinya, Manakah Pilihan Terbaik Kamu?
Sedang mencari mobil listrik untuk dijadikan kendaraan utama? Pahami dulu jenis mobil listrik yang bisa kamu dapatkan informasinya di sini!
LIHAT ARTIKEL

Akhir Kata

Itulah tadi ulasan Jaka mengenai prinsip dan cara kerja mobil listrik, geng. Buat kamu yang masih asing dengan sistem mobil ramah lingkungan semacam ini, maka wajib banget simak penjelasan di atas sampai habis.

Jika ingin disimpulkan dari sisi kelebihan dan kekurangan mobil listrik, tentu saja lebih banyak porsi untuk kelebihannya, geng. Mekanikalnya sendiri lebih simpel sehingga tidak butuh perawatan rutin yang berlebih.

Kekurangannya, harga mobil listrik di Indonesia saat ini tentunya masih tergolong tinggi. Tapi kalau butuh rekomendasi mobil listrik murah, kamu bisa meluncur ke artikel berikut ini, ya:

Mobil Listrik Termurah 83cb2
5 Mobil Listrik Termurah 2022 Di Indonesia, Ada Harga Di Bawah Rp100 Juta!
Harapan untuk bisa memiliki mobil listrik dengan harga terjangkau masih ada! Cek daftar mobil listrik termurah di Indonesia 2022 di sini.
LIHAT ARTIKEL

Baca juga artikel seputar Otomotif, Mobil Listrik Terbaru, atau artikel menarik lainnya dari Muhammad Irsyad.

ARTIKEL TERKAIT
Untitled Design 11 4d568
10 Mobil Listrik Indonesia | Ada Buatan Anak Bangsa, Banyak yang Siap Rilis 2022!
Mobil Listrik 6b095
Akhirnya! Indonesia Resmi Punya Perusahaan Mobil Listrik
Untitled Design 2021 03 01t175459 485 0a0a7
Perusahaan Gadget Huawei Siap Kembangkan Sayap ke Industri Mobil Listrik
Untitled1 Aeb86
18 Game Balapan Mobil Terbaik 2022 untuk Semua Platform, Realistis Abis!
1211 Horz 86fa1
6 Artis Cantik yang Diberi Hadiah Mobil Mewah dari Pacarnya | Ada Mobil Ferrari Harga Rp5 M!
Transportasi Masa Depan Bannerx Adde7
10 Kendaraan Masa Depan yang Lebih Canggih dari MRT, di Indonesia Sudah Ada?
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal