Fungsi Motor Listrik dan Kegunaannya untuk Kehidupan Sehari-hari, Banyak Manfaatnya!

Default

Ingin beralih ke kendaraan roda dua ramah lingkungan? Kalau begitu, kamu harus tahu dulu apa saja fungsi motor listrik itu sendiri. Jangan sampai kamu malah beli motor listrik karena ikut-ikutan tren tanpa tahu kegunaannya.

Seperti yang bisa kamu lihat sekarang ini, tren menggunakan motor listrik mulai "mewabah" di mana-mana. Mulai dari anak muda sampai orang dewasa, tak sedikit yang saat ini memutuskan untuk mengganti kendaraan roda dua yang sebelumnya berbahan bakar bensin dengan motor bertenaga baterai.

Tentu saja, mereka yang membeli motor listrik juga punya sejumlah alasan yang masuk akal. Supaya lebih jelas, kamu bisa simak fungsi dan kegunaan motor listrik dalam kehidupan sehari-hari pada artikel Jaka di bawah ini.

Silakan dibaca sampai habis, ya!

Perbedaan Motor Bensin dengan Motor Listrik

Komponen Motor Listrik Bacc8
Sumber foto: ruanganinfo - Fungsi motor listrik.

Sebelum kamu mengetahui fungsinya, tentu kamu harus pahami lebih dulu apa saja hal-hal yang membedakan motor listrik dengan motor konvensional berbahan bakar bensin.

Pasalnya, perbandingan antara kedua jenis motor ini terbilang cukup krusial, karena motor listrik sendiri memang "sengaja" disiapkan untuk menggantikan sepeda motor konvensional yang berbahan bakar minyak (BBM) di masa yang akan datang.

Adapun secara garis besar, perbandingan motor listrik vs motor bensin terletak pada tiga poin utama, yakni sumber tenaga, prinsip kerja, dan aspek lingkungan. Supaya lebih jelas, mari simak penjelasannya di bawah ini.

1. Sumber Tenaga

Seperti namanya, motor bensin tentu memanfaatkan minyak sebagai bahan bakarnya. Saat sumber tenaga utama minyak itu digunakan, maka performa kendaraan akan ditentukan dari nilai oktan yang dikandung dari bahan bakar minyak tersebut.

Dari segi pemakaian, rata-rata motor konvensional bisa menghabiskan 1 liter bensin untuk mencapai jarak sejauh 30 kilometer. Jika mengacu pada harga BBM jenis Pertamax, kamu harus mengeluarkan biaya sebesar Rp13.900 (harga Pertamax per 1 liter) untuk menempuh jarak sejauh 30 kilometer tersebut.

Sedangkan motor listrik tidak menggunakan BBM, melainkan dari sumber energi listrik yang ditampung pada baterai. Biasanya, motor listrik memerlukan kapasitas sebesar 1.5 kWh untuk jarak perjalanan 30 kilometer.

Apabila mengacu tarif PLN yang dipatok Rp1.467 per kWh, maka pengguna mtoor listrik hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp2.200 saja untuk jarak 30 kilometer.

2. Prinsip Kerja

Dari sisi prinsip kerja, motor bensin umumnya menggunakan prinsip kerja pembakaran 4 langkah, di mana minyak yang digunakan akan dikompresi dan dicampur dengan api dari pemantik berupa busi agar terjadinya proses pembakaran. Pembakaran itulah yang akan menggerakkan piston sehingga motor bisa berjalan.

Beda dengan cara kerja motor listrik yang mempunyai prinsip induksi elektromagnetik, di mana sumber energinya berasal dari baterai yang dialirkan ke magnet agar menggerakkan poros untuk berputar.

Tentu saja, prinsip kerja motor listrik bakal jauh lebih sederhana dibandingkan dengan motor bensin. Selain itu, komponen motor listrik juga jauh lebih sedikit sehingga tidak memerlukan perawatan yang ribet.

3. Aspek Lingkungan

Hampir setiap orang sudah tahu kalau motor bensin akan menghasilkan senyawa yang memicu polusi di udara, di antaranya seperti karbondioksida, karbonmonoksida, nitrogenoksida, dan hidrokarbon.

Sementara motor listrik lebih dikenal lebih ramah lingkungan karena tidak menghasilkan emisi yang dapat memengaruhi polusi udara di sekitarnya.

Kegunaan Motor Listrik dalam Kehidupan Sehari-hari

Sekarang kamu sudah tahu, kan, bedanya motor listrik dengan motor bensin? Kalau begitu, saatnya Jaka bakal membahas dengan lebih spesifik terkait fungsi motor listrik yang pastinya sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Kira-kira apa saja? Tanpa perlu berlama-lama lagi, mari simak ulasannya di bawah ini!

1. Perawatan Mudah

Perawatan Motor Listrik 54773
Sumber foto: YRP Official - Fungsi motor listrik.

Lantaran memiliki komponen yang lebih sedikit serta cara kerja yang sederhana, maka kamu sebagai pengguna motor listrik tidak perlu repot-repot melakukan perawatan rutin seperti servis bulaan atau penggantian oli. Kamu cukup melakukan pengisian daya baterai ataupun swap, lalu gunakan motornya untuk mobilitas. Mudah, kan?

2. Menghemat Pengeluaran

Hemat Pengeluaran Motor Listrik E4fa6
Sumber foto: Antara - Fungsi motor listrik.

Hasilnya pengguna motor listrik tidak perlu mengeluarkan uang dalam jumlah besar setiap bulannya. Satu-satunya biaya tambahan selain pengisian daya yang harus kamu keluarkan hanyalah untuk barang-barang yang sifatnya bisa aus, di antaranya adalah ban dan kampas rem.

Bahkan, untuk biaya pengisian baterai sendiri tergolong sangat terjangkau (bisa kamu lihat pada penjelasan sebelumnya). Kamu bisa hemat hingga 30% dibanding harus menggunakan motor bensin.

3. Akselerasi Spontan

Akselerasi Motor Listrik A3ec0
Sumber foto: Honda - Fungsi motor listrik.

Meski sering dipandang sebelah mata, namun kelebihan motor listrik yang satu ini terbilang sangat berguna. Ya, motor listrik pada dasarnya bisa memberikan torsi penuh secara langsung, sehingga tergolong bertenaga meski memiliki konsumsi energi yang rendah.

Jadi, kalau kamu merasa motor listrik tidak mampu memenuhi kebutuhanmu yang harus serba cepat, maka itu salah besar!

4. Mengurangi Bising

Suara Mesin Motor Listrik Yang Halus Baa30
Sumber foto: IST - Fungsi motor listrik.

Kegunaan motor listrik selanjutnya adalah gak bikin telinga kamu merasa bising! Ini bukan omong kosong belakang karena mesin motor listrik memang sama sekali tidak mengeluarkan suara alias halus. Dengan begitu, kamu pun tidak perlu takut menganggu kenyamanan dan ketenangan orang lain.

5. Menjaga Lingkungan Tetap Sehat

Kendaraan Roda Dua Ramah Lingkungan 10f26
Sumber foto: IST - Fungsi motor listrik.

Terakhir sekaligus yang tidak boleh dilupakan adalah faktor lingkungan. Dengan menggunakan motor listrik, kamu secara tidak langsung sudang ikut berupaya untuk menjaga lingkungan agar tetap sehat. Sehingga, bumi yang kita tempati akan terus terjaga untuk generasi yang akan datang.

BONUS: Rekomendasi Motor Listrik Murah Terbaik di Indonesia

Kalau kamu sudah tahu apa saja fungsi motor listrik dan tertarik untuk membelinya, kebetulan Jaka sudah punya daftar rekomendasi motor listrik terbaik di Indonesia dengan harga murah yang bisa kamu pertimbangkan, nih.

Mulai dari motor listrik buatan lokal hingga motor listrik dari pabrikan luar, semuanya lengkap. Bahkan harganya ada yang mulai dari Rp8 jutaan aja, loh.

Penasaran? Silakan baca pada artikel Jaka lainnya berikut ini, ya:

Motor Listrik Murah 25570
18 Motor Listrik Murah Terbaik 2022 Yang Dijual Di Indonesia, Harga Mulai 8 Jutaan!
Ingin beralih ke kendaraan ramah lingkungan yang dibanderol terjangkau? Berikut rekomendasi daftar motor listrik murah terbaik 2023 yang canggih!
LIHAT ARTIKEL

Akhir Kata

Itulah tadi ulasan dari Jaka mengenai fungsi motor listrik yang pastinya sangat berguna untuk kehidupan sehari-hari kamu. Buat kamu yang masih ragu untuk meninggalkan motor konvensional, Jaka jamin bakal langsung ingin beli motor listrik setelah baca artikel ini, deh!

Kita doakan juga semoga ke depannya semakin banyak orang yang mulai tertarik menggunakan motor listrik demi menjaga bumi tetap sehat untuk generasi yang akan datang.

Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu, ya!

Baca juga artikel Mobil Listrik Hyundai, Motor Listrik Honda, atau artikel menarik lainnya dari Muhammad Irsyad.

ARTIKEL TERKAIT
Produsen Motor Listrik Di Indonesia 68a64
14 Motor Listrik Buatan Indonesia Terbaik 2023, Termurah Rp11 Jutaan!
Merek Motor Listrik 64b0e
15 Merek Motor Listrik Terbaik yang Dijual di Indonesia, Anti Antre BBM Lagi!
Mobil Listrik Toyota E4979
9 Mobil Listrik Toyota Terbaik 2022, Ada Pilihan Teknologi Hybrid & Full EV!
Mobil Listrik Hyundai Dd8f4
Rekomendasi 4 Mobil Listrik Hyundai yang Rilis di Indonesia, Termurah di Kelasnya!
Motor Listrik Honda 7a3d8
Rekomendasi 11 Motor Listrik Honda Terbaik & Terbaru 2022, Ada PCX Electric!
Motor Listrik Rakata 2022 7760a
4 Varian Motor Listrik Rakata Terbaik 2022, Mulai dari Skutik Hingga Sporty!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal