13 Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik yang Perlu Kamu Ketahui, Hemat atau Bikin Boncos?

Default

Kelebihan dan kekurangan mobil listrik adalah sesuatu yang wajib bagi kamu ketahui ketika ingin membeli jenis kendaraan roda empat ramah lingkungan yang satu ini.

Sebab, meskipun hampir semua pendapat tentang mobil listrik selalu kedengaran positif, tapi tetap aja ada sisi lain yang harus menjadi pertimbangan kamu ketika ingin membelinya.

Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangan penggunaan mobil listrik? Tanpa basa-basi lagi, mari simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Manfaat Mobil Listrik

Manfaat Mobil Listrik Dc6f6
Sumber foto: IST

Salah satu daya tarik utama penggunaan mobil bertenaga listrik adalah soal manfaatnya terhadap lingkungan lantaran tidak menghasilkan emisi. Ia dianggap bisa mengurangi peningkatan gas rumah kaca di atmosfer, sehingga membuat udara jadi lebih bersih.

Apalagi dengan masih tingginya ketergantungan pada penggunaan kendaraan berbahan bakar fosil yang memang perlu segera diakhiri, maka kehadiran mobil listrik dianggap penting untuk mendukung hal tersebut.

Norwegia saja bahkan berani memastikan bahwa negaranya hanya akan mulai menjual mobil listrik pada tahun 2025 mendatang. Itu artinya, negara di kawasan Skandinavia itu akan melarang penjualan mobil bensin pada tahun tersebut.

Tentu saja, manfaat dari keberadaan mobil listrik tidak itu saja. Masih banyak kelebihan lainnya yang bisa dirasakan konsumen jika memiliki mobil tersebut. Scroll terus artikel ini untuk mengetahui deretan kelebihan lainnya.

Kelebihan Mobil Listrik

Ya, mobil listrik memang diprediksi bakal menjadi moda transportasi utama dalam beberapa tahun yang akan datang. Anggapan itu tak terlepas dari banyaknya kelebihan yang terdapat pada tipe mobil yang satu ini.

Sebagai pembahasan awal terkait perbandingan antara kendaraan listrik dan kendaraan konvensional, berikut bakal Jaka jelaskan satu per satu soal kelebihannya.

1. Ramah Lingkungan

Ramah Lingkungan 7a5ba
Sumber foto: IST

Seperti yang sudah Jaka jelaskan sebelumnya, hampir semua pihak akan setuju jika jenis mobil listrik akan punya dampak yang jauh lebih baik terhadap lingkungan. Tenang, hal itu memang benar adanya, kok.

Lantaran tidak mengandalkan bensin, maka cara kerja mobil listrik sama sekali tidak menghasilkan emisi gas buang. Bahkan, ini pula yang menjadi faktor terbesar kenapa pemerintah sangat getol dalam mendorong peralihan ke industri otomotif berbasis baterai di Indonesia.

2. Lebih Hemat

Lebih Hemat Cbe91
Sumber foto: IST

Sejalan dengan poin di atas, penggunaan mobil listrik pun bakal jauh lebih hemat dibandingkan dengan mobil konvensional. Seperti yang diketahui, kamu gak perlu lagi mengeluarkan uang untuk mengisi bensin, lho.

Apalagi dengan naiknya harga BBM baru-baru ini, para pengguna mobil listrik pun sama sekali tidak terdampak. Pengguna mobil listrik hanya perlu mengeluarkan biaya yang sangat sedikit untuk mengisi daya baterai mereka.

3. Minim Perawatan

Selain hemat dari sisi penggunaan, dari sisi perawatannya juga demikian. Hal itu karena mobil listrik memiliki komponen bergerak yang jauh lebih sedikit, sehingga tidak membutuhkan pelumas mesin.

Namun bukan berarti bahwa kamu gak perlu merawat mobil listrik. Perawatan tetap diperlukan, tapi hanya pada komponen-komponen "ringan" seperti kampas rem yang perlu diganti secara rutin.

4. Torsi Instan

Banyak yang menganggap jika performa mobil listrik gak akan segarang mobil bensin. Sebenarnya hal itu tidak benar juga, geng. Faktanya, mobil listrik pada dasarnya punya karakter torsi yang instan, lho.

Ketika kamu menginjak pedal akselerator, maka mesin mobil listrik dengan torsi puncak akan langsung tersedia. Dengan kata lain, akselerasi mobil listrik bakal jauh lebih lincah dan gesit apalagi dalam situasi stop and go.

5. Mesin Senyap

Mesin Hening F328b
Sumber foto: Otosia

Salah satu kenikmatan utama saat mengendarai mobil listrik adalah kabinnya yang senyap. Kuping kamu dijamin gak bakal terganggu dengan suara bising karena mesinnya sama sekali tidak mengeluarkan suara alias hening, geng.

Sehingga, saat kamu sedang berkendara dengan mobil listrik, yang akan terdengar hanyalah suara roda yang sedang bersentuhan dengan aspal. Serasa gak naik mobil, ya?

6. Gak Kena Ganjil-Genap

Pelat Pendapat Tentang Mobil Listrik F9286
Sumber foto: Oto

Karena mobil listrik dapat dikenali dengan pelat berwarna biru, maka kendaraan jenis ini dipastikan bebas dari peraturan ganjil-genap saat berada di jalanan DKI Jakarta, geng.

Hal ini juga sudah didasari dengan kebijakan Pergub DKI Jakarta Nomor 88 Tahun 2019 terkait Perubahan Atas Peraturan Gubernur Nomor 155 Tahun 2018 tentang Pembatasan Lalu Lintas dengan Sistem Ganjil-Genap.

Jadi gak perlu takut kena tilang karena melanggar ganjil-genap, nih!

7. Pajak Murah

Pemilik mobil listrik sebenarnya dapat beberapa insentif dari pemerintah, termasuk menerima potongan atau keringanan pajak sehingga biaya tahunannya jadi sangat murah.

Untuk wilayah DKI Jakarta saja, pemerintah setempat menggratiskan BBN (Bea Balik Nama) dan PKB tahunan, geng. Insentif tersebut membuat pajak tahunan mobil listrik menjadi jauh lebih murah. Jangan kaget kalau pajak tahunan mobil listrik bisa di bawah Rp1 juta!

Kekurangan Mobil Listrik

Gak ada yang sempurna di dunia ini, tak terkecuali bagi mobil listrik. Di Indonesia sendiri, imbauan untuk segera beralih ke mobil listrik sebenarnya masih menemui sejumlah kendala. Apa saja kekurangan yang dimaksud? Yuk, cek ulasan berikut ini!

1. Harga Unit Sangat Tinggi

Harga Mahal Kelebihan Dan Kekurangan Mobil Konvensional 7563d
Sumber foto: Hyundai

Tidak bisa dipungkiri jika harga mobil listrik relatif lebih mahal dibandingkan dengan mobil konvensional. Hal ini pula yang memberatkan banyak orang untuk bisa beralih ke mobil listrik.

Mobil listrik Hyundai IONIQ 5 yang memiliki performa mumpuni dan tampilan sangat futuristik misalnya, harganya kini dibanderol mulai Rp700 jutaan, geng. Bahkan jika dibandingkan dengan Wuling Air EV yang punya dimensi dan kabin yang mungil, harganya saja dipatok di atas Rp200 juta.

2. Tempat Pengisian Baterai Masih Terbatas

SPKLU Kelebihan Dan Kekurangan Mobil Listrik Tesla C9ace
Sumber foto: Kompas

Sedikitnya tempat pengisian baterai mungkin masih menjadi kendala paling utama bagi banyak orang untuk membeli mobil listrik. Meski kamu juga bisa memanfaatkan layanan home charging, tapi itu saja sebenarnya belum bisa bikin tenang, lho.

Terbatasnya ketersediaan fasilitas pengisian baterai pastinya akan berpengaruh pada ketenangan batin kamu saat mengendarai mobil listrik. Bayangkan jika baterai mobil sedang dalam kondisi kritis di tengah jalan, tentu bikin was-was, bukan?

Semoga ke depannya, pemerintah melalui PLN semakin berupaya dalam mendirikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) sebanyak-banyaknya, ya.

3. Waktu Charging yang Lama

Waktu Pengecasan Kelebihan Dan Kekurangan Mobil Listrik Tesla 77754
Sumber foto: BNamericas

Jika dibandingkan dengan mobil listrik, kelebihan mobil konvensional terletak pada penggunaannya yang lebih cepat. Tinggal isi bensin, maka mobil pun bisa dibawa ke mana pun kamu mau.

Berbeda dengan mobil berbasis baterai yang harus di-charge terlebih dahulu, maka akan memakan waktu lebih lagi. Belum tahu berapa lama mengisi baterai mobil listrik? Perlu diketahui kalau proses ini bisa mencapai 5-6 jam jika dilakukan di rumah, geng.

Meski di SPKLU memiliki fasilitas fast charging yang mencapai 1-2 jam, tapi itu tetap saja lebih lama dibandingkan dengan proses isi bensin yang mungkin hanya membutuhkan waktu 5-10 menit.

4. Jarak Jangkauan Terbatas

Masih soal baterai, mau tak mau, pengguna mobil listrik harus pintar dalam menaksir jarak tujuan yang ingin ditempuh berdasarkan sisa daya baterai mobil. Jika dipikir-pikir, banyak orang yang merasa hal seperti cukup berisiko dan merepotkan.

Rata-rata, mobil listrik yang dijual di Indonesia saat ini memiliki jarak tempuh sejauh 200-300 km. Tentu saja, hal ini masih mengkhawatirkan jika penggunanya ingin melakukan perjalanan jauh.

5. Harga Baterai Selangit

Komponen mobil listrik yang harganya paling mahal adalah baterai. Gak heran jika banyak pabrikan yang memberikan garansi cukup panjang untuk komponen yang satu ini, yakni sampai 8 tahunan.

Tapi tetap saja, baterai pasti akan mengalami penurunan kualitas dan perlu diganti seiring waktu. Ketika masa tersebut tiba, maka bersiaplah untuk merogoh kocek sangat dalam, geng.

Berdasarkan sejumlah sumber, harga baterai mobil listrik diklaim bisa mencapai 50-60% dari harga mobilnya sendiri, lho. Wah, sudah bisa dibayangkan?

6. Masih ada Isu Lingkungan

Ya, kamu gak salah baca. Meski kerap disebut sebagai kendaraan ramah lingkungan, tapi ternyata masih ada dampak negatif mobil listrik yang juga harus menjadi perhatian, geng.

Pasalnya, peralihan kendaraan dengan mesin pembakaran internal ke baterai disebut-sebut akan memicu eksploitasi masif lithium dan nikel dunia sehingga dapat meningkatkan rasio paparan material bahan berbahaya dan beracun (B3).

Di sisi lain, pembuatan baterai dan produksi kendaraan listrik pada umumnya juga akan meningkatkan konsumsi energi dan air bersih yang sangat besar.

Eksploitasi material besar-besaran ini akan membawa dampak buruk bagi ekosistem dengan terlepasnya sejumlah besar limbah berbahaya ke lingkungan.

Meski masih terus diteliti terkait dampaknya, tapi bisa diketahui kalau mobil listrik pun gak akan terlepas dari isu lingkungan, ya, geng.

Apa Saja Permasalahan Mobil Listrik Dibanding Mobil Biasa?

Permasalahan Mobil Listrik 62f3b
Sumber foto: IST

Selain beberapa poin di atas, sebenarnya mobil listrik juga memiliki sejumlah permasalahan secara teknis yang patut menjadi perhatian kita semua, terutama bagi kamu para calon pembeli.

Apa saja permasalahan mobil listrik dibanding mobil biasa? Mari simak pembahasan Jaka di bawah ini!

1. Daya Tahan dan Keamanan Baterai Masih Dipertanyakaan

Permasalahan mobil listrik dari sisi teknis yang pertama adalah soal ketahanan isi daya dan keamanan baterainya. Masalah ini pun cukup sering diperbincangkan sejak lama.

Menurut hasil penelitian, daya tahan mobil listrik akan cenderung menurun dalam jangka pemakaian di atas 3 tahun. Bahkan, ada pula beberapa kasus baterai mobil listrik yang tiba-tiba terbakar bahkan meledak.

2. Belum Banyak Mekanik yang Ahli di Bidang Ini

Permasalahan mobil listrik selanjutnya adalah kurang banyaknya mekanik yang ahli di bidang mobil listrik. Jika pun ada, bengkel dan mekanik untuk mobil listrik biasanya hanya tersedia di kota-kota besar saja.

Tentu saja, jika dalam perjalanan ada masalah yang menimpa mobil listrik kamu, kamu tidak bisa sembarangan membawanya ke bengkel atau mekanik mobil konvensional. Jadi, hal ini juga menjadi pertimbangan mengapa belum banyak yang mau beralih ke kendaraan masa depan ini.

3. Harga Jual Langsung Anjlok

Permasalahan di lapangan yang kerap menimpa pengguna mobil listrik adalah harga jualnya yang tergolong sangat rendah. Padahal, harga beli kendaraan ini dalam kondisi baru cenderung lebih tinggi dibanding mobil listrik.

Nah, bagi kamu calon konsumen, pastinya akan begitu mempertimbangkan jatuhnya harga jual mobil listrik. Selain itu, peminatnya juga sangat sedikit, sehingga menjualnya pun jadi semakin sulit.

Akhir Kata

Itulah tadi penjelasan Jaka mengenai kelebihan dan kekurangan mobil listrik yang harus kamu pahami, geng. Sampai di sini, kamu seharusnya sudah bisa mempertimbangkan dengan baik apakah ingin beralih ke kendaraan listrik atau tidak.

Namun karena teknologi ini masih sangat baru, maka kehadiran mobil listrik pasti akan selalu dibanding-bandingkan dengan kelebihan dan kekurangan mobil konvensional. Jadi, kamu harus melihatnya dari sisi yang lebih bijak, ya.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kamu, deh!

Baca juga artikel Mobil Listrik Hyundai, Motor Listrik Honda, atau artikel menarik lainnya dari Muhammad Irsyad.

ARTIKEL TERKAIT
Produsen Motor Listrik Di Indonesia 68a64
13 Motor Listrik Buatan Indonesia Terbaik 2022, Belasan hingga Ratusan Juta!
Merek Motor Listrik 64b0e
13 Merek Motor Listrik Terbaik yang Dijual di Indonesia, Anti Antre BBM Lagi!
Mobil Listrik Toyota E4979
9 Mobil Listrik Toyota Terbaik 2022, Ada Pilihan Teknologi Hybrid & Full EV!
Mobil Listrik Hyundai Dd8f4
Rekomendasi 4 Mobil Listrik Hyundai yang Rilis di Indonesia, Termurah di Kelasnya!
Motor Listrik Honda 7a3d8
Rekomendasi 11 Motor Listrik Honda Terbaik & Terbaru 2022, Ada PCX Electric!
Motor Listrik Rakata 2022 7760a
4 Varian Motor Listrik Rakata Terbaik 2022, Mulai dari Skutik Hingga Sporty!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal