Ingin Konversi Motor Bensin ke Listrik? Ketahui Syarat, Biaya, dan Daftar Bengkel Resminya!

Default

Konversi motor bensin ke listrik ternyata sangat mungkin untuk dilakukan, geng. Ini tentunya menjadi kabar yang cukup baik bagi kemajuan industri kendaraan ramah lingkungan di Tanah Air.

Seperti yang kita tahu, saat ini banyak yang terkendala membeli kendaraan listrik karena harganya yang tinggi. Hal itu disebabkan oleh betapa mahalnya harga komponen utama dari kendaraan jenis satu ini, yaitu baterai listrik.

Di segmen sepeda motor, harga motor listrik yang punya performa mumpuni bahkan bisa melebihi banderol motor bensin bermesin 125 cc, lho. Lantas, apakah dengan melakukan konversi motor konvensional ke listrik biayanya bakal jadi lebih murah?

Untuk mengetahui jawabannya, kamu bisa simak artikel Jaka kali ini sampai selesai, ya, geng!

Syarat Konversi Motor Bensin ke Listrik

Paket Konversi Motor Listrik 6517c
Sumber foto: IST

Secara teknis, mengubah motor bensin ke listrik memang bisa dilakukan. Ini menjadi alternatif jika kamu merasa tidak tertarik dengan beragam merek motor listrik yang banyak dijual di Indonesia.

Selain harganya yang mahal, desain kebanyakan motor listrik saat ini memang belum begitu menggugah. Kalau tidak terlalu culun, tampilannya malah berusaha terlalu futuristik sehingga jadi terlihat berlebihan.

Kendati begitu, kamu juga tidak bisa sembarangan dalam melakukan konversi. Kamu sebagai konsumen harus memperhatikan beberapa syarat yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan.

Aturan itu tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 65 Tahun 2022 tentang Konversi Sepeda Motor dengan Penggerak Motor Bakar Menjadi Sepeda Motor Listrik Berbasis Baterai.

Berikut adalah syarat-syaratnya:

  1. Memiliki Sertifikat Uji Tipe (SUT) dan Sertifikasi Uji Tipe Kendaraan Bermotor (SRUT).
  2. Memiliki Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) sebelum dikonversi.
  3. Bukan untuk bisnis, tetapi untuk masyarakat yang ingin memiliki motor ramah lingkungan.
  4. Mengikuti uji ulang SUT dan SRUT.

Cara Konversi Motor Konvensional ke Listrik

Konversi Motor Konvensional Ke Listrik 80a00
Sumber foto: IST

Jika kamu punya motor bensin kesayangan di rumah, kamu bisa pertimbangkan untuk menjadikannya sebagai kendaraan listrik dengan beberapa tahapan.

Tapi sebelum itu, Jaka sangat menyarankan agar konversi dilakukan oleh bengkel profesional, ya. Bukan apa-apa, jika yang mengerjakan bukan orang yang ahli, takutnya motor kamu malah tidak bisa difungsikan, geng.

Sebagai referensi, kamu bisa simak cara konversi sepeda motor ke listrik yang bersumber dari akun YouTube Technical Partha:

  1. Melepas kepala silinder dan blok silinder.
  2. Memotong setang seher dan piston.
  3. Membuat adaptor untuk memasang dinamo.
  4. Pasang dinamo lalu menghubungkannya dengan rantai keteng.
  5. Memasang baterai.
  6. Memastikan semua baut kencang.

Meski tampak sederhana, tapi video yang diunggah tidak menampilkan proses saat pemasangan kabel-kabel. Padahal, proses tersebut sebenarnya tak kalah penting bagi motor elektrifikasi, geng.

Adapun spesifikasinya terdiri dari dinamo 750W 48V dan baterai 48V 30Ah lithium-ion. Dengan konfigurasi tersebut, motor hasil pengerjaan mereka bisa melaju hingga 50 km/jam. Selain itu, tidak disebutkan seberapa jauh jarak tempuh yang bisa dihasilkan.

Rincian Biaya Konversi Motor Bensin ke Listrik

Konverter Motor Listrik F165e
Sumber foto: IST

Sekarang kita masuk ke perihal total biaya konverter motor listrik. Tentu saja, yang paling mahal harga komponennya adalah baterai. Bahkan, harga baterainya bisa setengah dari biaya konversi, lho.

Lewat acara peluncuran Program Konversi Sepeda Motor BBM ke Listrik pada Maret 2022, Menteri ESDM Arifin Tasrif sempat menyebutkan bahwa biaya yang dibutuhkan bisa menyentuh angka Rp10 jutaan.

Harga tersebut sudah dirinci berdasarkan beberapa komponen penting yang harus dibeli, seperti baterai, motor penggerak, dan juga control module. Untuk baterai saja, harga termurahnya bisa mencapai Rp4 juta.

Sedangkan motor penggerak, yang diketahui terbagi menjadi dua jenis, biasanya dibanderol hingga mencapai harga belasan juta rupiah tergantung daya yang dibutuhkan. Paling murah, peminat motor listrik harus membayar Rp2,9 juta untuk penggerak model hub dengan daya 1.000 watt.

Harapannya, banderol tersebut bisa dapat lebih murah seiring waktu. Apabila industri otomotif eletrifikasi di Indonesia semakin ramah, bukan tidak mungkin harga komponen-komponen tadi jadi ikut terjangkau.

Kalau kamu penasaran dengan harga baterai motor listrik berdasarkan jenis-jenisnya, kebetulan Jaka punya pembahasannya buat kamu. Silakan buka artikel di bawah ini untuk mengetahui daftar harga baterai motor listrik terbaru di Indonesia:

Baterai Motor Listrik 5b0fc
Mengenal Jenis, Kapasitas, Dan Harga Baterai Motor Listrik: Bisa Setengah Banderol Motor?
Mau beli motor ramah lingkungan? Kenali dulu tentang baterai motor listrik, geng! Cek artikel Jaka untuk mengetahui jenis, kapasitas, dan harganya, ya!
LIHAT ARTIKEL

Rekomendasi Bengkel Konversi Motor Bensin ke Listrik

Bengkel Konversi Motor Bensin Ke Listrik 67f6c
Sumber foto: Motorplus - Elders Garage, bengkel resmi untuk konversi menjadi motor listrik

Kalau kamu tertarik, tentu kamu harus pergi ke bengkel konversi motor listrik yang resmi. Sebab, bengkel yang boleh melakukan konversi tersebut memang harus tersertifikasi oleh pemerintah berdasarkan peraturan Menteri Perhubungan yang sudah Jaka cantumkan sebelumnya.

Berikut ini adalah daftar bengkel konversi motor listrik yang sudah tersertifikasi lengkap beserta alamatnya.

Nama Bengkel Alamat
Litbang ESDM Jl. Pendidikan, Pengasihan, Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat
PT Braja Elektrik Motor Jl. Keputih Tegal No. 28, Keputih, Sukolilo, Surabaya
Elders Garage Jl. Pangeran Antasari No. 36, Jakarta Selatan
Juara Bike (Selis) Jl. Raya Serang Km 14,2, Pasir Gadung, Cikupa, Tangerang, Banten
Kampus ITS Surabaya Surabaya
PT Nagara Sains Konversi Treasury Tower Lantai 7, District 8, SCBD, Jl. Jenderal Sudirman Kav. 52-53, Jakarta Selatan
PT Handhika Garda Parama Jl. Raya Mabes Hankam No. 28, Setu, Cipayung, Jakarta Timur

Jadi, kamu tinggal aja bawa motor bensin kesayangan kamu ke daftar bengkel di atas, ya. Kalau kamu ingin mengubah motor matic jadi motor listrik, nantinya setiap bengkel akan memberikan price list atau paket konversi motor listrik dengan harganya masing-masing.

Tapi yang harus kamu perhatikan, harga yang dipatok tentu gak bakal pasti, ya. Semua tergantung spesifikasi yang kamu inginkan serta tergantung jenis dan kondisi motor milikmu.

Akhir Kata

Barusan tadi adalah penjelasan Jaka mengenai konversi motor bensin ke listrik, geng. Kalau melihat banderolnya yang cenderung lebih murah dibanding beli motor listrik terbaru, tentu metode ini lebih menggiurkan.

Selain itu, berguna juga buat kamu yang memiliki motor bensin usang yang sudah tidak terpakai di rumah. Daripada tidak berguna, lebih baik dijadikan kendaraan ramah lingkungan aja, kan? Jauh lebih bermanfaat juga fungsinya.

Semoga artikel ini memberikan manfaat untuk kamu, ya!

Baca juga artikel seputar Otomotif, Mobil Listrik Terbaru, atau artikel menarik lainnya dari Muhammad Irsyad.

ARTIKEL TERKAIT
Untitled Design 11 4d568
10 Mobil Listrik Indonesia | Ada Buatan Anak Bangsa, Banyak yang Siap Rilis 2022!
Mobil Listrik 6b095
Akhirnya! Indonesia Resmi Punya Perusahaan Mobil Listrik
Untitled Design 2021 03 01t175459 485 0a0a7
Perusahaan Gadget Huawei Siap Kembangkan Sayap ke Industri Mobil Listrik
Untitled1 Aeb86
18 Game Balapan Mobil Terbaik 2022 untuk Semua Platform, Realistis Abis!
1211 Horz 86fa1
6 Artis Cantik yang Diberi Hadiah Mobil Mewah dari Pacarnya | Ada Mobil Ferrari Harga Rp5 M!
Transportasi Masa Depan Bannerx Adde7
10 Kendaraan Masa Depan yang Lebih Canggih dari MRT, di Indonesia Sudah Ada?
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal