7 Mobil Listrik Termurah 2022 di Indonesia, Ada Harga di Bawah Rp100 Juta!

Default

Mobil listrik termurah tentu menjadi kendaraan ramah lingkungan idaman buat banyak orang yang ingin merasakan sensasi berkendara serba canggih. Di Indonesia, ada beberapa model dari merek tertentu yang menjual produk mobil listriknya.

Harus diakui, harga mobil listrik yang masih belum semurah mobil-mobil konvensional menjadi salah satu alasan utama minimnya adopsi oleh masyarakat Indonesia. Banderol mobil listrik biasanya tiga kali lipat lebih mahal dibanding mobil berbahan bakar minyak.

Untungnya, harapan untuk bisa memiliki mobil listrik dengan harga terjangkau di garasi rumah kamu tidak benar-benar sirna. Pasalnya, beberapa pabrikan mulai menghadirkan model-model mobil listrik dengan harga yang lebih masuk akal.

Nama-nama seperti DFSK Mini EV, Wuling Air EV, hingga Minicab MiEV dapat dipilih untuk menjadi kendaraan elektrik roda empat terjangkau. Penasaran selengkapnya? Yuk, cek daftar mobil listrik termurah yang bisa kamu beli di Indonesia berikut ini!

1. Minicab MiEV

Minicab MiEV F1b4e
Sumber foto: Sekretariat Presiden - Mobil Listrik Termurah

Minicab MiEV adalah salah satu produk yang dipamerkan Mitsubishi di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022. Model ini merupakan kendaraan niaga ringan yang menggunakan tenaga listrik sepenuhnya.

Mobil yang biasanya menjadi kendaraan operasional perusahaan logistik di Jepang ini adalah proyek percontohan alias pilot study untuk pasar Indonesia. Mobil niaga listrik disebut cocok digunakan di Indonesia dengan pertimbangan limitasi jarak tempuh dan harga.

Minicab MiEV dibekali daya listrik 1.500 W DC yang bisa menyalurkan daya AC 100 V. Mobil listrik niaga ini ditenagai baterai Lithium-ion dengan dua pilihan kapasitas, yakni 10,5 kWh dan 16,0 kWh yang masing-masing mampu menempuh jarak 100 km dan 150 km.

Varian Harga
Minicab MiEV 2-seater Rp302 juta
Minicab MiEV 4-seater Rp305 juta

2. Haka Motors

Haka Motors E2378
Sumber foto: Haka Group - Mobil Listrik Termurah

Haka Motors adalah pabrikan lokal yang berdiri pada tahun 2017 di bawah kepemimpinan Halim Kalla, adik dari Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Pabrikan ini memiliki tiga mobil listrik, yakni Trolis, Erolis, dan Smuth.

Ketiganya merupakan mobil listrik murah yang banderolnya tak sampai Rp150 juta. Trolis, mengusung desain layaknya bajaj dengan baterai berkapasitas 7,6kwh 72V yang memiliki jarak tempuh maksimal 150 km.

Sementara model Erolis mengusung desain mengotak dengan baterai berkapasitas 7,6 kwh 72V yang memiliki jarak tempuh makismal 150 km. Sedangkan model Smuth merupakan mobil listrik jenis pickup dengan baterai berkapasitas 15,4kwh yang memiliki jarak tempuh 175 km.

Varian Harga
Trolis Rp60 juta
Erolis Rp85-95 juta
Smuth Rp140-150 juta

3. K-Upgrade

Harga Bekas K Upgrade 6268b
Sumber foto: Oto - Mobil Listrik Termurah

K-Upgrade merupakan mobil listrik yang dipamerkan dalam ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 pada 22-31 Juli 2022 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat. Diimpor dari China, mobil listrik ini mampu menempuh jarak 300 km lebih.

Secara spesifikasi umum, mobil listrik murah ini menggunakan penggerak semua roda atau all wheel drive. K-Upgrade dibekali baterai berkapasitas 26,7 kWh dengan tenaga motor listrik yang mencapai 68 PS.

Berjuluk mobil listrik 75 juta, mobil yang didistribusikan oleh PT. Kurnia EVCBU ini mirip dengan mobil konvensional Suzuki Karimun Wagon R. Namun, jika diperhatikan, desain pada gril justru terinspirasi dari mobil Range Rover.

Varian Harga
K-Upgrade Rp75 juta

4. DFSK Mini EV

DFSK Mini EV 404fc
Sumber foto: DFSK Motor - Mobil Listrik Termurah

DFSK Mini EV diperkenalkan pertama kali di Tanah Air dalam ajang PERIKLINDO Electric Vehicle Show (PEVS). Di negara asalnya China, mobil listrik ini sudah dijual sejak kuartal satu 2022, geng.

Mobil listrik ini dibekali satu motor listrik penggerak roda belakang berkode TZ144X07A yang mampu menghasilkan tenaga puncak 25 kW atau setara 34 dk dengan torsi maksimal 100 Nm.

Secara spesifik, DFSK Mini EV adalah kendaraan ramah lingkungan yang menyasar penggunaan di perkotaan. PT Sokonindo Automobile (DFSK) selaku distributor siap memasarkan mobil ini di pasar Indonesia.

Varian Harga
DFSK Mini EV Rp250 juta

5. Wuling Air EV

Wuling Air Ev 47c57
Sumber foto: IST - Mobil Listrik Termurah

Wuling Air EV pertama kali dipamerkan oleh Wuling Motors Indonesia pada ajang pameran otomotif Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo Kemayoran, pada bulan Juli 2022 lalu.

Dari segi desain, Wuling Air EV hadir dengan ukuran yang mungil tetapi tetap kompak. Mobil ini pun semakin tampak menarik dengan adanya sentuhan futuristik dari bagian eksteriornya.

Daya jelajah mobil listrik murah Wuling ini dalam kondisi baterai terisi penuh bisa menempuh jarak 200-300 km. Sudah lebih dari cukup jika digunakan untuk mobilitas harian seperti untuk pulang-pergi bekerja di dalam kota.

Varian Harga
Standard Range Rp238 juta
Long Range Rp295 juta

6. Hyundai KONA

Hyundai KONA 1b2cc
Sumber foto: Hyundai - Mobil Listrik Termurah

Hyundai KONA merupakan salah satu varian mobil bertenaga full listrik yang dihadirkan oleh pabrikan asal Korea Selatan. Mobil listrik ini pertama kali dirilis di Tanah Air pada 2020 dan langsung mendapatkan sambutan hangat publik.

Baterai yang digunakan mobil listrik Hyundai bertipe lithium-ion polymer dengan kapasitas 39,2 kWh. Dengan kapasitas sebesar itu, jarak tempuh Hyundai KONA Electric bisa mencapai 345 km dalam sekali pengisian penuh.

KONA Electric sendiri punya grill polos tanpa adanya motif apapun yang menjadi ciri khas dari mobil listrik pada umumnya. Bagian muka tersebut pun sudah dilengkapi lampu berbentuk unik yang semuanya sudah LED.

Varian Harga
Hyundai KONA Rp600 juta

7. Renault Twizy Urban 80

Renault Twizy Urban 80 Bd0a9
Sumber foto: ZeusCars - Mobil Listrik Termurah

Renault Twizy Urban 80 adalah mobil listrik Eropa dua penumpang yang melalui perusahaan Maxindo Renault Indonesia (MRI) hadir di Tanah Air. Uniknya, mobil mungil ini memiliki tampilan mencolok terutama pada bagian bodi.

Secara performa, mobil yang tidak menyematkan kaca jendela ini diklaim mampu mencapai kecepatan maksimal 80 km/jam. Sementara dalam kondisi baterai penuh, daya jelajahnya bisa sejauh 80 km.

Mobil ini dibekali mesin 3CG-Electric Asynchronous berteknologi Electric Direct Drive yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 17 hp. Twizy pun dapat melesat 0-45 km/jam hanya dalam waktu 6,1 detik.

Varian Harga
Renault Twizy Urban 80 Rp408 juta

Daftar Mobil Listrik Termurah

  1. Minicab MiEV
  2. Haka Motors
  3. K-Upgrade
  4. DFSK Mini EV
  5. Wuling Air EV
  6. Hyundai KONA
  7. Renault Twizy Urban 80

Akhir Kata

Itulah mobil listrik termurah di Indonesia 2022 yang bisa menjadi pilihan bijak buat kamu yang ingin beralih ke kendaraan ramah lingkungan, tetapi ogah mengocek dompet dalam-dalam. Semua model di atas bisa kamu beli di Indonesia.

Meski pilihan mobil listrik termurah ini belum bisa dibilang sangat banyak dan beragam, setidaknya beberapa pabrikan sudah mulai melirik kelas menengah ke bawah. Melihat perkembangan kendaraan listrik di Indonesia saat ini, rasanya akan ada mobil-mobil elektrik terjangkau lain ke depannya.

Baca juga artikel Mobil Tesla Termurah, Motor Listrik Murah Terbaik, atau artikel menarik lainnya dari Ilyas.

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Jual Beli Online Terbaik Banner 9adf7
Bukalapak Hilang dari Play Store, Ini Aplikasi Jual Beli Online Terbaik Lainnya!
Untitled Design 2021 01 02t130607 151 2f106
Cara Jualan Online di Facebook Bagi Pemula, Biar Laris Manis!
Situs Jual Beli Online
7 Situs Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia
Cara Jualan Online Cea99
Cara Jualan Online Tanpa Modal dan Laris Terlengkap 2021 | Jaminan Sukses!
Adegan Terbaik Fast And Furious Banner F111c
7 Adegan Terbaik di Seri Film Fast & Furious, Penuh Aksi Menegangkan!
Tags Terkait: electric vehicle
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal