Mobil Listrik Toyota bZ4X Resmi Mengaspal di Indonesia, Cek Harga & Kecanggihannya!

Default

Mobil listrik Toyota semakin menambah pilihan kendaraan ramah lingkungan canggih yang hadir di Indonesia. Menjawab kebutuhan mobil listrik di Tanah Air, Toyota pun menghadirkan bZ4X.

Berbeda dengan mobil listrik Toyota lain yang sudah dikomersilkan sebelumnya, bZ4X menggunakan tenaga listrik sepenuhnya. Model terbaru ini pun dipastikan jauh lebih canggih dibanding Corolla Altis HV, Corolla Cross, C-HR, dan Camry HV yang berjenis hybrid.

Mobil listrik ini pun akhirnya resmi dijual resmi di Indonesia, mulai tanggal 10 November 2022. Indonesia merupakan negara kedua di Asia Tenggara setelah Thailand yang dipilih Toyota untuk meluncurkan bZ4X.

Tertarik untuk mengetahui lebih dalam tentang kecanggihan mobil listrik satu ini? Simak spesifikasi dan harga mobil listrik Toyota bZ4X 2022 khusus buat kamu di artikel berikut!

Tentang Mobil Listrik Toyota bZ4X

Tentang Mobil Listrik Toyota BZ4X 0dc5c
Sumber foto: Toyota - Mobil Listrik Toyota

bZ4X merupakan mobil listrik sepenuhnya (bukan hybrid) pertama dari Toyota yang dikomersilkan. SUV ini akhirnya resmi masuk ke Indonesia melalui pameran otomotif GIIAS yang berlangsung 11-21 Agustus 2022.

Mobil listrik Toyota Indonesia ini sebenarnya sudah tiba di Tanah Air sejak Juli lalu sebagai bagian dari persiapan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali. bZ4X memang menjadi salah satu mobil listrik yang dipilih pemerintah untuk KTT G20 Bali.

Kehadiran bZ4X di Indonesia sendiri sebagai langkah awal Toyota untuk mengembangkan pilihan kendaraan listrik menjadi lebih banyak ke depannya. Dibawa langsung dari Jepang, Indonesia jadi negara pertama di Asia Tenggara yang mendatangkan Toyota bZ4X.

PT Toyota-Astra Motor (TAM) sendiri sebelumnya dipastikan akan mulai menjual mobil listrik tahun ini di pasar otomotif nasional. Namun, TAM belum mau mengungkap model apa yang bakal dirilis dalam waktu dekat ini.

Desain Mobil Listrik Toyota bZ4X

Desain Mobil Listrik Toyota B Z4 X
Sumber foto: Toyota - Mobil Listrik Toyota

Mobil listrik bZ4X ini merupakan SUV mid-size yang hadir dengan tampilan modern dan canggih. Pada bagian dalam, akan ada dua pilihan model kemudi, yakni setir berbentuk konvensional dan berbentuk sayap dengan sistem steer-by-wire.

Mengingat masuk ke dalam kategori Sport Utility Vehicle (SUV), mobil listrik ini mengedepankan konsep berkarakter tangguh serta komponen berkarakter kuat. Namun, bZ4X tetap memiliki nuansa tampilan elegan yang futuristis.

Mobil SUV kompak seperti ini memang disukai oleh masyarakat perkotaan yang sangat identik dengan keramaian dan jalanan padat. Jadi, mobil listrik Toyota ini akan cocok saat berakselerasi di medan urban.

Spesifikasi & Mesin Toyota bZ4X

Spesifikasi Mesin Toyota B Z4 X
Sumber foto: Toyota - Mobil Listrik Toyota

Toyota bZ4X memiliki spesifikasi panjang 4.690 mm, lebar 1.860 mm, tinggi 1.650 mm, dan wheelbase 2.850 mm. Di negara asalnya yakni Jepang, Toyota bZ4X hadir dengan pilihan satu motor elektrik Front-Wheel Drive (FWD) dan dua motor elektrik All-Wheel Drive (AWD).

Adapun Toyota bZ4X disematkan baterai Lithium-ion 355 volt berkapasitas total 71,4 kWh. Model versi FWD ini memiliki jarak tempuh sekitar 500 kilometer, sementara versi AWD sekitar 460 kilometer.

Detail Toyota bZ4X
Dimensi 4.690 x 1.860 x 1.650 mm
Performa Tenaga: 150 kW/201 HP

Torsi: 266 Nm

Baterai: 355 Volt
Jarak Tempuh 559 km
Kecepatan Maksimal 120 km/jam

Fitur Unggulan Toyota bZ4X

Fitur Unggulan Toyota B Z4 X
Sumber foto: Toyota - Mobil Listrik Toyota

Mobil ini memiliki berbagai teknologi dan fitur canggih dengan keunggulan yang dibawa untuk para peminatnya. Keunggulan utama dari mobil listrik ini adalah pilihan model kemudi konvensional dan sistem steer-by-wire.

Berikut beberapa fitur unggulan lain Toyota bZ4X selengkapnya berikut ini:

1. One-Motion Grip

Sistem setir elektronis atau steer-by-wire ini memberikan kemudahan dan kenyamanan ekstra saat mengemudikan bZ4X. Pengemudi tidak perlu mengganti tangan saat berkendara di jalan berkelok-kelok atau berputar arah.

Selain itu, setir ini dapat memberikan ruang kaki yang lebih lapang serta mampu mengurangi getaran berlebih pada setir. Secara tidak langsung, ini juga akan menambah keselamatan pengemudi saat berkendara.

2. Fast Charging 150 KW

Untuk pengisian dayanya, hanya dibutuhkan waktu pengisian 30 menit apabila mengisi dari nol hingga 80 persen berkat teknologi pengisian daya fast charging berkapasitas 150 kW. Dalam kondisi baterai terisi penuh, mobil listrik ini diklaim bisa melaju sejauh lebih dari 500 km.

3. Proactive Driving Assist

Fitur ini akan membantu pengemudi menghindari pejalan kaki atau pesepeda dengan mendeteksi dan mengantisipasi risiko menyebrang serta mobil terparkir. Saat terdeteksi risiko kecelakaan, sistem akan membantu dengan membelokkan setir atau mengurangi kecepatan.

Fakta Mobil Listrik Toyota bZ4X

bZ4X menjadi produk kendaraan listrik pertama Toyota di Indonesia dan juga di pasar global yang dijual Toyota. Setelah baru saja resmi tersedia di pasar Tanah Air, apa saja fakta-faktanya tentang mobil listrik ini? Simak uraiannya berikut.

  • Berawal dari kendaraan konsep: bZ4x ini awalnya diperkenalkan sebagai mobil konsep yang pertama kali dipamerkan pada Shanghai Motor Show 2021.

  • Kendaraan KTT G20: Sebanyak 41 unit Toyota bZ4x diproduksi khusus untuk keperluan acara tersebut dan kini ikut berpartisipasi.

  • BZ - Beyond Zero: Model bZ adalah nama yang dipersiapkan Toyota untuk menghadirkan lini kendaraan listrik murni. bZ sendiri merujuk pada "beyond zero".

  • Garansi delapan tahun untuk baterai: TAM memberikan garansi baterai mobil listrik Toyota bZ4X ini selama 8 tahun atau 160.000 kilometer, tergantung mana yang tercapai lebih dulu.

  • Kerja sama dengan Subaru: Toyota menggandeng Subaru yang sudah dikenal dengan beragam teknologi penggeraknya.

Harga Mobil Listrik Toyota bZ4X

Melihat perkembangan kendaraan listrik di Indonesia saat ini, sebagian orang mulai berpikir untuk beralih dari kendaraan konvensional. Sederet kecanggihan yang dihadirkan bisa menjadi alasan kuat banyak orang untuk memboyong mobil ini.

bZ4X resmi dipasarkan di Indonesia dengan banderol harga Rp1,190 miliar On The Road (OTR) Jakarta. Harga ini memang tidak bisa dibilang murah di Indonesia. Namun, banderol ini telah disesuaikan dengan proyeksi kenaikan harga mobil akibat berbagai hal di tahun depan.

Akhir Kata

Itulah informasi tentang mobil listrik Toyota yang mencuri perhatian setelah diperkenalkan di Indonesia. Model bZ4X semakin menambah persaingan di industri otomotif nasional, khususnya pada segmen kendaraan listrik roda empat.

Tak kalah memikat dari mobil listrik Hyundai, mobil listrik Toyota yang satu ini juga membawa segudang teknologi dan fitur canggih. Mengingat sudah resmi dijual di Tanah Air, kamu bisa langsung memiliki bZ4X!

Baca juga artikel Hyundai IONIQ, Perkembangan Kendaraan Listrik di Indonesia, atau artikel menarik lainnya dari Ilyas.

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Jual Beli Online Terbaik Banner 9adf7
Bukalapak Hilang dari Play Store, Ini Aplikasi Jual Beli Online Terbaik Lainnya!
Untitled Design 2021 01 02t130607 151 2f106
Cara Jualan Online di Facebook Bagi Pemula, Biar Laris Manis!
Situs Jual Beli Online
7 Situs Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia
Cara Jualan Online Cea99
Cara Jualan Online Tanpa Modal dan Laris Terlengkap 2021 | Jaminan Sukses!
Adegan Terbaik Fast And Furious Banner F111c
7 Adegan Terbaik di Seri Film Fast & Furious, Penuh Aksi Menegangkan!
Tags Terkait: electric vehicle
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal