9 Mobil Listrik Toyota Terbaik 2022, Ada Pilihan Teknologi Hybrid & Full EV!

Default

Mobil listrik Toyota semakin meramaikan industri otomotif, khususnya di segmen kendaraan ramah lingkungan roda empat. Apalagi, brand ini sudah memiliki peminat tersendiri di Tanah Air.

Untuk saat ini, Toyota telah resmi menjual mobil full listrik mereka di Indonesia lewat hadirnya Toyota bZ4X. Tidak hanya itu, masih ada juga mobil listrik mini seperti Toyota C+pod yang juga tak kalah menarik perhatian.

Ingin mengetahui jajaran mobil ramah lingkungan dari Toyota secara lebih mendalam? Tenang, lewat artikel ini Jaka sudah merangkum daftar mobil listrik Toyota terbaik khusus buat kamu.

1. Toyota Innova EV

Toyota Innova Ev
Sumber foto: IST - Mobil Listrik Toyota Terbaik

Innova EV merupakan mobil listrik prototipe Toyota yang mengejutkan publik Tanah Air saat pertama kali diperkenalkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022. Meski masih konsep, model ini diyakini jadi mobil listtrik dari Toyota selanjutnya.

Mobil ini hadir dengan warna serba putih dengan sentuhan grafis warna biru, serta logo Toyota krom dilapis warna biru pula. Menurut bocoran yang beredar, Kijang Innova listrik ini bisa menempuh kecepatan maksimal 120 km/jam.

Melihat tampilan luarnya, Innova listrik masih sangat identik dengan model konvensional yang beredar luas. Perubahan paling mencolok terlihat dari gril depan yang dibuat lebih tertutup.

Sayangnya, pihak Toyota masih bungkam mengenai detail spesifikasi dan kapan mobil listrik konsepnya ini direalisasikan. Alhasil, bagi mereka yang penasaran dengan harga Toyota Kijang Innova EV harus lebih bersabar, karena belum akan dijual dalam waktu dekat.

2. Toyota bZ4X

Toyota B Z4 X
Sumber foto: Toyota - Mobil Listrik Toyota Terbaik

bZ4X merupakan mobil listrik sepenuhnya (bukan hybrid) pertama dari Toyota yang dikomersilkan. SUV ini akhirnya resmi masuk ke Indonesia melalui pameran otomotif GIIAS yang berlangsung 11-21 Agustus 2022.

Mobil listrik bZ4X ini merupakan SUV mid-size yang hadir dengan tampilan modern dan canggih. Pada bagian dalam, akan ada dua pilihan model kemudi, yakni setir berbentuk konvensional dan berbentuk sayap dengan sistem steer-by-wire.

Adapun Toyota bZ4X disematkan baterai Lithium-ion 355 volt berkapasitas total 71,4 kWh. Model versi FWD ini memiliki jarak tempuh sekitar 500 kilometer, sementara versi AWD sekitar 460 kilometer.

Saat ini, Toyota bZ4X sudah resmi dijual di Indonesia dengan harga Rp1,190 miliar on the road Jakarta. Dengan harga setinggi itu, apakah kamu tertarik untuk memilikinya?

3. Toyota Lexus UX 300e

Toyota Lexus UX 300e
Sumber foto: Carmudi - Mobil Listrik Toyota Terbaik

Lexus UX 300e telah dipasarkan di industri otomotif Indonesia pada akhir tahun 2020 lalu. Mobil listrik ini tampil dengan desain elegan dan memiliki desain juga cenderung lebih sporty dan dinamis.

Mobil listrik Toyota Indonesia memiliki pilihan Mode Drive yang memungkinkan pengendara mengatur percepatan dan perlambatan sesuai dengan keinginan. Alhasil, pengemudi bisa merasakan akselerasi yang kuat dan torsi instan saat menginjak pedal throttle.

Toyota Lexus UX 300e menggunakan baterai lithium ion berkapasitas 54,3 kWh yang mampu membawa mobil ini melaju hingga 400 km dalam satu kali pengisian daya. Mobil ini juga menghasilkan tenaga sebesar 201 hp dan torsi puncak 300 Nm.

Menariknya, Lexus UX 300e menjadi salah satu model mobil listrik yang digunakan pada acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 2022 di Bali, Indonesia. Mobil listrik ini dibanderol sekitar Rp1,464 miliar.

4. Toyota C+pod

Toyota C Pod
Sumber foto: Toyota - Mobil Listrik Toyota Terbaik

Mobil listrik Toyota C+pod meggunakan baterai berbasis Battery Electric Vehicle (BEV) yang khusus difungsikan untuk mobilitas jarak dekat. Siapa saja bisa mengendarainya, mulai dari masyarakat di pedesaan maupun perkotaan.

Ukurannya mobil ini tergolong mungil dan berbentuk unik, dengan panjang 2.490 mm, lebar 1.290 mm, dan tinggi 1.550 mm. Mobil ini mampu bermanuver di jalanan sempit dan mudah ketika parkir.

Mobil kompak ini dibekali motor listrik 1RM atau magnet permanen dengan daya maksimum 9,2 kW (setara dengan 12,3 hp dan torsi maksimum 56 Nm). C+pod memiliki kecepatan maksimal 60 km/jam dengan baterai Lithium Ion 51 Ah / 177,6 Volt / 9,06 kWh.

Proyek yang sudah berjalan sejak 31 Maret 2021 lalu ini belum resmi dijual di Indonesia, tapi memberi kesempatan setiap masyarakat untuk bisa menjajalnya. Kemungkinan besar, Toyota akan menetapkan harga Toyota C+pod mulai dari RpRp224,7 juta.

5. Toyota Coms

Toyota Coms
Sumber foto: IST - Mobil Listrik Toyota Terbaik

Di waktu bersamaan, Toyota juga ikut memperkenalkan mobil listrik mini lainnya yang dinamakan Toyota Coms. Secara dimensi memang hampir tidak berbeda dengan C+pod, yang mana kabinnya hanya muat untuk 2 penumpang dewasa saja.

Namun, untuk baterainya sendiri masih menggunakan jenis konvensional, belum mengusung jenis lithium ion yang banyak disematkan pada mobil listrik pada umumnya.

Dalam kondisi penuh, baterai tersebut diklaim mampu dibawa menjelajah sejauh 50 km dengan kecepatan rata-rata 45 km/jam. Sementara untuk kecepatan maksimalnya diklaim bisa mencapai 60 km/jam. Ya, mobil ini memang diperuntukkan untuk penggunaan dekat dan perkotaan saja.

Sama seperti saudaranya, Toyota Coms belum dijual secara bebas dipasaran. Harga pastinya pun belum diketahui, namun ditaksir bakal di angka sekitar Rp146 jutaan. Kabar baiknya, para wisatawan di Bali bisa merasakan sensasi mengendarai mobil ini dengan skema sewa mulai Rp50 ribu per jam, loh.

6. Toyota Corolla Altis HV

Toyota Corolla Altis HV
Sumber foto: Toyota - Mobil Listrik Toyota Terbaik

Corolla Altis HV hadir dengan teknologi hibrida generasi ke-4 hadir di Indonesia pada September 2019 lalu. Berbagai keunggulan yang dibawa setiap generasinya, membuat Toyota Corolla diminati oleh pencinta otomotif Tanah Air.

Mobil ini tampil lebih sporty yang tercermin dari akses udara bumper depan terbuat lebar dan ukuran lampu lebih kecil sesuai dengan tren saat ini. Lekukan kap mesin dan samping terlihat lebih tajam sehingga memunculkan sisi agresif.

Mesin yang disematkan pada Corolla Altis Hybrid adalah mesin bensin 2ZR-FXE dan dinamo listrik dengan kapasitas 1.800 cc. Emisi gas yang dihasilkan hanya gas CO2 sebanyak 22 gram per kilometer.

Toyota Corolla Altis memberikan tiga pilihan model yang dapat dipilih, yaitu tipe G, tipe V, dan tipe Hybrid. Harga Corolla Altis versi hybrid memiliki harga paling tinggi yaitu Rp586 jutaan.

7. Toyota Corolla Cross

Toyota Corolla Cross
Sumber foto: Toyota - Mobil Listrik Toyota Terbaik

Toyota Corolla Cross hadir dengan tampilan segar, ramah lingkungan, dan lebih bertenaga yang menarik perhatian pencinta otomotif nasional. Mobil kini menggunakan daya baterai dan sistem kelistrikan.

Mobil yang telah dirilis tahun 2020 ini dibekali mesin 2ZR-FXE 1.800cc DOHC 4-silinder DOHC dan teknologi VVT-i. Mobil ini mampu menghasilkan tenaga 96 hp dan torsi puncak 142 Nm dan 70 hp dengan torsi puncak 163 Nm pada sistem kelistrikan.

Berkat teknologi HEV, Corolla Cross tidak membutuhkan charging station guna pengisian daya listrik. Jadi, cukup mengisinya dengan bensin untuk membantu pengisian baterai untuk menggerakkan motor listrik.

Mobil SUV versi hybrid ini memiliki ruang kabing yang lapang dan nyaman berkat desain interior modern nan mewah. Harga mobil Corolla Cross ini dibanderol mulai dari Rp506 jutaan.

8. Toyota C-HR

Toyota C HR
Sumber foto: Toyota - Mobil Listrik Toyota Terbaik

Toyota C-HR adalah mobil listrik yang dirilis pada April 2019 lalu dan telah melakukan sejumlah peningkatan pada desain velg, lampu utama, dan lampu kombi belakang. SUV modern ini terkenal tangguh dan irit.

Mobil ini dibekali mesin Petrol 1.798 cc bertenaga 141 PS dengan torsi mencapai 171 Kgm. Sudah menggunakan teknologi VVT-i dengan DOHC 4 silinder in-line 16 katup.

Desain mobil ini tergolong unik, karena mengusung konsep gabungan antara SUV Compact dan Coupe. Proporsi ukurannya idela karena tidak terlalu besar untuk mobil sekelas SUV, namun tetap terlihat tangguh.

Toyota CHR juga memiliki fitur keselamatan dan keamanan yang canggih, seperti tersedianya 7-Airbags untuk melindungi semua penumpang. Harga Toyota CHR saat ini dibanderol mulai dari Rp511 jutaan.

9. Toyota Camry HV

Toyota Camry HV
Sumber foto: Toyota - Mobil Listrik Toyota Terbaik

Toyota Camry HV pertama kali mendarat di Indonesia pada Januari 2019 dan tampil lebih advance dibandingkan pendahulunya. Mobil ini sudah menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA).

Berkat teknologi hybrid yang dibawa, dapat menghemat pengeluaran untuk pembelian bahan bakar. Perpaduan desain terbaru dan teknologi Camry membuat konsumsi bahan bakar yang dibutuhkan hanya 1 liter untuk sekitar 24 km perjalanan.

Pada headlamp Toyota Camry Hybrid, sudah menggunakan LED proyektor dengan DRL dan lampu sein dengan teknologi LED berkelir biru. Ini akan membantu kamu ketika melakukan perjalanan di malam hari.

Camry Hybrid ditenagai motor listrik 20,6 Kgm dengan mesin 178 PS, torsi 22,5 Kgm per 3.600-5.200 RPM. Harga Toyota Camry Hybrid saat ini ada di kisaran Rp842 jutaan.

Cara Pesan dan Beli Mobil Listrik Toyota di Indonesia

Jika tertarik memiliki mobil ini, kamu bisa membelinya secara kredit maupun cash dengan mudah, kok. Salah satunya melalui platform jual beli mobil yaitu Oto, geng.

Belum tahu cara belinya? Berikut ini Jaka jelaskan langkah-langkah beli mobil listrik Toyota, ya.

  1. Buka situs oto.com.
  2. Ketik tipe mobil listrik Toyota yang ingin kamu beli di kotak pencarian.
  3. Pada halaman yang dituju, kamu bisa melihat harga mobil impian kamu. Misalnya ingin beli dengan metode cicilan, klik menu Kredit.
  4. Atur simulasi kredit sesuai dengan budget yang kamu miliki.
Cara Beli
Sumber foto: dok. JalanTikus - Contoh simulasi kredit melalui Oto
  1. Setelah mengetahui informasi biaya yang harus dibayar, klik kotak Ajukan Pinjaman/Apply Loan.
  2. Masukkan kota tempat tinggal, nama, dan nomor HP dengan benar, lalu klik Lihat Promo.
  3. Masukkan kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor HP kamu.
  4. Jawab pertanyan dengan opsi Ya atau Tidak, klik Kirimkan/Submit.
  5. Klik kotak Chat Now untuk pembahasan lebih lanjut, termasuk untuk pembayaran dan pengiriman unit.

Daftar Mobil Listrik Toyota Terbaik

  1. Toyota Innova EV
  2. Toyota Coms
  3. Toyota Corolla Altis HV
  4. Toyota Corolla Cross
  5. Toyota C-HR
  6. Toyota Camry HV

Akhir Kata

Itulah daftar mobil listrik Toyota yang membawa teknologi dan berbagai fitur canggih pada setiap modelnya. Melihat kondisi perkembangan kendaraan listrik Indonesia, pabrikan asal Jepang ini pun menambah model terbaru lewat Toyota bZ4X.

Sebagai kendaraan masa depan ramah lingkungan, jajaran mobil listrik Toyota di atas tidak kalah menarik dibanding para pesaing, seperti mobil listrik Hyundai misalnya. Model-model dari Toyota juga bisa jadi alternatif jika kamu belum mampu memboyong mobil listrik Tesla.

Baca juga artikel Hyundai IONIQ, Perkembangan Kendaraan Listrik di Indonesia, atau artikel menarik lainnya dari Ilyas.

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Jual Beli Online Terbaik Banner 9adf7
Bukalapak Hilang dari Play Store, Ini Aplikasi Jual Beli Online Terbaik Lainnya!
Untitled Design 2021 01 02t130607 151 2f106
Cara Jualan Online di Facebook Bagi Pemula, Biar Laris Manis!
Situs Jual Beli Online
7 Situs Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia
Cara Jualan Online Cea99
Cara Jualan Online Tanpa Modal dan Laris Terlengkap 2021 | Jaminan Sukses!
Adegan Terbaik Fast And Furious Banner F111c
7 Adegan Terbaik di Seri Film Fast & Furious, Penuh Aksi Menegangkan!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal