15 Motor Listrik Terbaik di Indonesia 2022, Tangguh & Harga Terjangkau!

Default

Hadirnya sejumlah motor listrik terbaik di Indonesia harus kita sambut dengan antusias. Jika kamu punya salah satunya, kamu juga ikut berperan dalam mengurangi polusi udara dan tentu bisa merasakan berbagai keuntungannya.

Seperti yang diketahui, menggunakan kendaraan bertenaga listrik memang menjadi salah satu upaya untuk mengurangi pemanasan global. Selain itu, perawatan motor listrik juga relatif lebih mudah.

Di pasar otomotif Tanah Air, eksistensi motor listrik bisa dibilang telah mampu menyamai tren mobil listrik. Bahkan, baik mobil listrik maupun motor listrik dipercaya menjadi kendaraan resmi pada gelaran KTT G20 Bali.

Penasaran apa saja brand motor listrik terbaik 2022 yang beredar di Indonesia? Silakan simak artikel Jaka berikut untuk mengetahui berbagai merek dan model motor listrik keren!

1. Zero DSR

Zero DSR
Sumber foto: MCN - Rekomendasi Motor Listrik Terbaik

Zero DSR adalah motor listrik bergaya ala motor sport naked yang memiliki kemampuan menjelajah jalanan semi off road. Menariknya, motor listrik ini menjadi salah satu kendaraan yang digunakan di KTT G20 Bali pada 15-16 November 2022.

Motor listrik asal Amerika Serikat ini dipilih untuk membekali TNI dan Polri sebagai upaya mencapai emisi bersih selama perhelatan KTT. Zero DSR menjadi salah satu model dari pabrikan Zero Motorcycles yang mengaspal di lebih dari 40 negara.

Pemilihan motor listrik ini tak terlepas dari spesifikasi terbaik yang ditawarkan di kelasnya. Zero DSR yang hadir di gelaran KTT G20 Bali datang dengan tipe SR/S dan SR/F. Motor ini bisa menempuh jarak hingga 328 km.

Zero DSR dibekali motor penggerak Z-Force 75-7R berpendingin udara dan memiliki kecepatan maksimal hingga 163 km/jam. Di Amerika Serikat, motor listrik Zero DSR ini dijual mulai dari Rp270 jutaan.

2. Uwinfly Love Summer

Uwinfly Love Summer
Sumber foto: IST - Rekomendasi Motor Listrik Terbaik

Uwinfly Love Summer hadir dengan tampilan yang trendy dan cocok digunakan oleh anak muda. Motor listrik ini memiliki tenaga 800W dan baterai tipe 48V/AH yang bisa melaju hingga 50 km/jam.

Dalam kondisi terisi penuh, Love Summer bisa menempuh jarak maksimal hingga 60 km. Sementara untuk daya angkutnya, motor ini mampu menampung beban hingga 150 kg.

Menawarkan harga terjangkau dan kualitas mumpuni, tidak heran jika cukup banyak orang yang tertarik pada merek ini. Bagi mereka yang berminat, motor listrik UwinFly bisa dibeli melalui berbagai marketplace .

Layaknya motor modern saat ini, Uwinfly Love Summer telah dibekali sistem keamanan remote alarm system. Tersedia dalam pilihan warna merah, biru, dan abu-abu, motor ini dibanderol mulai dari Rp8 jutaan.

3. Elvindo Arjuna

Elvindo Arjuna Dc66d
Sumber foto: Elvindo - Rekomendasi Motor Listrik Terbaik

Elvindo Arjuna adalah model atau versi tertinggi dari pabrikan Elvindo dengan membawa performa mumpuni. Selain itu, perpaduan antara kemewahan desain modern minimalis serta kecanggihan fitur di dalamnya juga jadi nilai plus.

Kerap dibandingkan dengan motor listrik NIU yang sudah lebih dulu populer di Tanah Air, Arjuna dibekali daya sebesar 1000 watt dengan dukungan baterai tipe Lithium berkapasitas 60V / 20AH.

Didukung dengan baterai dan juga motor listrik tersebut, motor ini sanggup melaju dengan kecepatan maksimal 65 km/jam. Saat kondisi baterai penuh, model ini mampu menempuh jarak terjauh sekitar 65 km.

Dilengkapi fitur Keyless and Aswer Back remote Alarm, pemilik bisa memantau sepeda motor ini secara real-time. Saat ini, Elvindo Arjuna dibanderol dengan harga sekitar Rp17,5 juta.

4. Alva One

Tentang Alva One 5e586
Sumber foto: IST - Rekomendasi Motor Listrik Terbaik

Alva One adalah sepeda motor listrik full electric vehicle (EV) dengan tampilan desain bergaya urban yang sekilas mirip Honda PCX. Motor listrik ini menjadi produk pertama IMG yang diproduksi di Cikarang.

Diproduksi dan dipasarkan oleh PT Ilectra Motor Group (IMG), Alva One hadir sebagai motor listrik yang memahami kebutuhan konsumen Indonesia. Sebagai pemain baru, merek ini pun siap bersaing dengan pendahulu seperti motor listrik Gesits.

Menariknya, produsen menggandeng desainer ternama, Massimo Tartarini (President & CEO of ITALJET) dalam pembuatan motor ini. Air intake dan swing arm yang dihadirkan jadi bagian trademark atau desain spesial untuk Alva One.

PT Ilectra Motor Group (IMG) telah menetapkan bahwa harga motor listrik Alva One dibanderol sekitar Rp34,9 juta on the road (OTR) DKI Jakarta. Saat ini, pembelian motor ini menggunakan sitem pre-order.

5. Ola Electric S1 Pro

Ola Electric
Sumber foto: Ola Electric - Rekomendasi Motor Listrik Terbaik

Ola Electric S1 Pro atau Ola S1 Pro merupakan skuter listrik buatan Ola Electric yang sangat menarik perhatian karena fitur canggihnya.

Bagaimana tidak, pabrikan asal India tersebut mengklaim kalau baterai di skuter ini memiliki waktu pengecasan tercepat di dunia. Mereka pun sampai menggandeng pabrikan baterai asal Israel, StoreDot, untuk mempertanggungjawabkan klaim tersebut, loh.

Dengan baterai berbasiskan silikon, pihak pabrikan menyebutkan jika waktu pengisian dari 0 hingga 100 persen hanya butuh waktu selama 5 menit saja.

Tidak sampai di situ, baterai 4 kWh yang diusung juga bisa menempuh hingga 181 km dalam sekali pengisian. Belum lagi dengan performanya yang mampu melaju hingga kecepatan 115 km/jam. Sebuah catatan yang terbilang "bandel" untuk motor sekelasnya!

Lantas, apakah harga motor ini akan dibanderol tinggi? Ternyata tidak sama sekali. Di India, harga Ola Electric S1 Pro hanya 139.000 Rupee atau sekitar Rp25,5 juta. Sayangnya belum diketahui kapan motor ini bakal masuk ke Indonesia. Jadi tunggu aja, ya.

6. Gesits

Gesits 70c03
Sumber foto: IST - Rekomendasi Motor Listrik Terbaik

Kehadiran Gesits sebagai motor listrik buatan lokal sempat bikin heboh publik Tanah Air beberapa waktu lalu. Pasalnya, motor ini sudah pernah diuji coba langsung oleh Presiden Jokowi, geng.

Dari segi desain, penampilan Gesits memang sangat modern layaknya wujud motor matic yang populer digunakan masyarakat Indonesia saat ini. Begitu juga dengan performanya yang tidak kalah dari motor konvensional.

Gesits diklaim mampu mencapai kecepatan maksimal 70 kpj, dengan daya jelajah mencapai 100 km untuk penggunaan dua baterai. Satu baterainya bisa diisi dengan waktu cukup singkat, yakni sekitar 3-4 jam.

Lantas, berapa harga untuk motor yang speedometer-nya sudah digital ini? Buat yang penasaran, harga Gesits saat ini berada di angka Rp24 jutaan, geng!

7. NIU Gova 03

NIU Gova 03 A0378
Sumber foto: gridoto - Rekomendasi Motor Listrik Terbaik

Untuk yang satu ini, cocok banget buat kamu yang lagi nyari motor mungil namun tetap nyaman saat dibawa berkendara di jalanan yang padat. Namanya adalah NIU Gova 03!

Motor ini diklaim mampu menempuh jarak sekitar 70-90 km hanya dalam satu kali pengisian daya penuh, lho. Pas banget buat dijadikan motor listrik jarak jauh, kan? Terlebih, baterai motornya juga dapat dilepas dan di-charge secara terpisah.

Namun mungkin, kekurangannya ada pada desain yang tampak terlalu "culun". Tapi itu balik lagi ke selera masing-masing, sih. Harganya sendiri dibanderol Rp21 jutaan untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya.

8. Banelli Dong

Banelli Dong C3a00
Sumber foto: IST - Rekomendasi Motor Listrik Terbaik

Mau dilirik orang-orang saat di jalan? Naik motor listrik dari Benelli aja. Dinamakan Benelli Dong, motor ini memang punya tampilan yang sangat unik sekaligus futuristik, geng.

Sekilas, bentuknya mengingatkan kita pada Vespa 946 namun dengan dimensi yang lebih ringkas. Tapi menariknya, suspensi depan motor ini justru memakai model tunggal.

Tergambarkan dari bentuknya, kamu tidak bisa mengharapkan tenaga yang lebih dari motor ini. Pasalnya, kecepatannya hanya diklaim hingga 50 kpj dengan jarak tempuh sejauh 60 km dalam kondisi daya baterai penuh.

Namun dari sisi harga, banderol yang disematkan terbilang cukup premium, yaitu berada di angka Rp36 jutaan.

9. United T1800

United T1800 51455
Sumber foto: otoplus - Rekomendasi Motor Listrik Terbaik

Kalau kamu suka dengan motor yang berbadan besar layaknya Yamaha NMAX atau Honda PCX, dari segmen motor listriknya juga ada yang kayak gitu, nih.

Yup, dari penampilannya, bodi motor United T1800 memang terlihat sangat gambot, layaknya motor-motor konvensional kekinian yang banyak digunakan saat ini.

Dengan kecepatan yang diklaim mampu mencapai 70 kpj, motor ini dihargai sekitar Rp27 jutaan, geng. Tertarik bawa pulang?

10. Viar New Q1

Viar New Q1 81641
Sumber foto: otomaniac - Rekomendasi Motor Listrik Terbaik

Keberadaan Viar New Q1 atau Viar Q1 sebenarnya sangat menjanjikan, geng. Dari segi tampilan juga sangat menarik, mirip-mirip dengan motor Scoopy yang diproduksi Honda.

Disebut sebagai salah satu motor listrik terbaik 2022 di Indonesia, Viar Q1 menawarkan kecepatan maksimal hingga 60 kpj dengan daya baterai penuh yang mampu menjelajah sejauh 60 km.

Masih kurang? Tenang aja, motor ini sudah dilengkapi dua baterai. Jadi minimal kamu bisa menjelajah hingga lebih dari 100 km jika kedua baterainya terisi full.

Harganya sendiri di kisaran Rp18 jutaan saja. Maka tak heran jika banyak motor listrik review yang memberikan ulasan positif terhadap motor ini.

11. Volta Virgo

Volta Virgo 50980
Sumber foto: motor1 - Rekomendasi Motor Listrik Terbaik

Volta merupakan salah satu pengembang motor listrik di Indonesia yang menawarkan fitur-fitur canggih pada unit produksinya. Salah satunya adalah Volta Virgo ini.

Dilengkapi speedometer digital, konektivitas musik dengan bluetooth, USB charging, sistem keyless, hingga hadirnya tiga mode kecepatan membuat motor ini gak kalah dari motor listrik terbaik di dunia sekalipun.

Motor yang disebut mampu menempuh jarak 60 km dalam satu kali pengisian daya penuh ini hanya sekitar Rp15 jutaan, lho!

12. Katalis Spacebar Evo Electric Scooter

Katalis Spacebar Evo Electric Scooter
Sumber foto: Katalis - Rekomendasi Motor Listrik Terbaik

Motor yang punya penampilan nyentrik ini pertama kali dipamerkan pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada 2021 lalu.

Berasal dari pengembang lokal, Katalis, motor ini diberi nama Spacebar Evo yang merupakan generasi penerus dari seri Katalis Spacebar sebelumnya.

Kecepatan maksimumnya diklaim mampu mencapai 50 km/jam dengan daya angkut kurang lebih 120 kg. Namun tentu saja, daya tarik utamanya ada pada desain yang mungkin bakal bikin para milenial ngiler buat memiliki motor listrik.

Penasaran dengan harganya? Ups, harga motor listrik terbaik ini berada di angka Rp68 juta! Kira-kira worth it, gak?

13. ECGO 5

ECGO 5
Sumber foto: ECGObike - Rekomendasi Motor Listrik Terbaik

ECGO melalui PT Green City Traffic (GCT) merupakan pabrikan motor listrik lokal yang kualitasnya sudah diakui, geng. Salah satu seri terbarunya yang cukup menarik perhatian adalah ECGO 5.

Keunggulannya, motor listrik ECGO punya desain keren, gak beda jauh dengan tampilan Honda Scoopy yang laris di pasar Indonesia. Selain itu, performa motor ini juga merupakan salah satu yang terbaik di kelasnya, lho.

Bagaimana tidak, ECGO 5 diklaim mampu melaju hingga kecepatan maksimal 70 km/jam, geng. Dalam satu kali pengisian daya yang hanya butuh 3-5 jam saja, motor yang satu ini juga bisa menempuh jarak sejau 80 km.

Berminat bawa pulang? Tenang aja, harganya juga terlampau murah kok. Kamu bisa membelinya lewat marketplace Tokopedia dengan harga Rp14-16 jutaan saja. Murah banget!

14. BF Goodrich BF-CG

BF Goodrich BF CG
Sumber foto: Motorplus - Rekomendasi Motor Listrik Terbaik

Bosan dengan tampilan motor listrik yang begitu-begitu saja? Kalau gitu, Jaka bakal rekomendasikan motor listrik dari pabrikan BF Goodrich yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah, yaitu BF Goodrich BF-CG.

Alih-alih seperti skuter matic, motor ini justru membawa desain retro bergaya cafe racer yang begitu kental. Menariknya, fitur yang dihadirkan pun tidak jauh beda seperti motor listrik kebanyakan.

Punya tangki tapi kok bertenaga listrik? Jangan salah, tangki tersebut sebenarnya kosong alias cuma untuk estetika aja. Bagusnya, tangki itu bisa menyimpan charger atau baterai tambahan, lho.

Motor BF Goodrich ini juga dibekali dengan mesin berkapasitas 2.000 yang dipadankan dengan baterai 72V 20A. Secara performa, kecepatan maksimal motor ini bisa mencapai 58 km/jam dengan jarak sejauh 60 km dalam sekali pengisian daya.

Penasaran berapa harga yang dipatok pada motor listrik bergaya klasik ini? Yap, kamu bisa membelinya dengan harga Rp19-20 jutaan aja.

15. Charged Anoa

Anoa Charged 7d4b8

Sumber foto: Charged Anoa - Rekomendasi Motor Listrik Terbaik

Sedang mencari motor listrik yang cocok buat kurir dan ojek online? Gunakan Charged Anoa saja! Motor ini memiliki kapasitas beban maksimum 150 kg (tidak termasuk pengendara) dan volume maksimum 250 liter.

Motor listrik heavy duty untuk komersial ini ditenagai dua baterai lithium. Power-nya tak perlu diragukan lagi karena mampu mencapai jarak tempuh 200 km dengan pola berkendara efisien.

Pada bodi belakang, Charged Anoa dilengkapi bracket barang khusus yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari pasang box, keranjang, hingga dipakai mengikat barang bawaan.

Bagian ini juga bisa diganti dengan jok penumpang. Itu sebabnya, Charged Anoa sangat cocok untuk pekerjaan berat seperti kurir dan ojek.

Daftar Motor Listrik Terbaik

  1. Zero DSR
  2. Uwinfly Love Summer
  3. Elvindo Arjuna
  4. Alva One
  5. Ola Electric S1 Pro
  6. Gesits
  7. NIU Gova 03
  8. Banelli Dong
  9. United T1800
  10. Viar New Q1
  11. Katalis Spacebar Evo Elctric Scooter
  12. ECGO 5
  13. BF Goodrich BF-CG
  14. Charged Anoa

Akhir Kata

Itulah daftar motor listrik terbaik di Indonesia yang hadir dari berbagai merek dan model dengan kemampuan terbaiknya. Kehadiran motor listrik di gelaran KTT G20 Bali juga menjadi bukti bahwa kendaraan ramah lingkungan ini siap memenuhi segala kebutuhan semua orang.

Beberapa rekomendasi motor listrik terbaik di Indonesia di atas bisa kamu jadikan referensi. Selain itu, Jaka juga sudah menjelaskan review singkat, spesifikasi umum, serta harganya agar kamu jadi lebih mudah dalam memilih.

Tinggal kamunya saja, ingin motor listrik murah dan bagus atau yang paling mahal sekalian biar kayak sultan!

Baca juga artikel seputar Otomotif, NFT Games, Apps, atau artikel menarik lainnya dari Muhammad Irsyad.

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Jual Beli Online Terbaik Banner 9adf7
Bukalapak Hilang dari Play Store, Ini Aplikasi Jual Beli Online Terbaik Lainnya!
Untitled Design 2021 01 02t130607 151 2f106
Cara Jualan Online di Facebook Bagi Pemula, Biar Laris Manis!
Situs Jual Beli Online
7 Situs Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia
Cara Jualan Online Cea99
Cara Jualan Online Tanpa Modal dan Laris Terlengkap 2021 | Jaminan Sukses!
Adegan Terbaik Fast And Furious Banner F111c
7 Adegan Terbaik di Seri Film Fast & Furious, Penuh Aksi Menegangkan!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal