Inilah 5 Motor Listrik Yamaha yang Siap Mengaspal di Indonesia, Ada NMAX Juga?

Default

Pencinta otomotif Tanah Air banyak yang sudah menantikan kehadiran motor listrik Yamaha terbaru. Pabrikan asal Jepang ini memang punya pangsa pasar yang besar di Indonesia.

Tak banyak yang tahu bahwa Yamaha sebenarnya sudah lama mengembangkan teknologi elektrifikasi dari mereka sendiri. Hanya saja, gaungnya belum sebesar pabrikan motor listrik lokal seperti Gesits maupun ECGO.

Memasuki penghujung tahun 2022, rumor kehadiran motor listrik dari Yamaha semakin terdengar gencar. Salah satu model yang diisukan segera bakal mengaspal di Indonesia adalah E01. Motor listrik ini sekilas mirip NMAX yang merupakan jenis konvensionalnya.

Jadi, penasaran apa saja motor listrik Yamaha Indonesia 2022 terbaik yang bakal meluncur? Simak informasinya berikut ini yang bisa saja memikat hatimu untuk memilikinya!

1. Yamaha EC-05

Yamaha EC 05 4630f
Sumber foto: Yamaha - Motor Listrik Yamaha

Yamaha EC-05 adalah motor listrik dengan tampang modern dan kesan futuristis yang kental. Menariknya, model satu ini menggunakan basis Gogoro S2, mulai dari baterai, sasis, hingga teknologinya.

Motor listrik ini memang hasil dari kerja sama dengan Gogoro yang merupakan salah satu produsen skuter listrik terbesar di Taiwan. Sekilas, model ini menang seolah seperti motor dari masa depan.

Motor listrik Yamaha ini sendiri sudah menggunakan sistem pencahayaan full LED yang dipadukan dengan desain headlamp dan tail light futuristik. Speedometer full digital yang bisa terkoneksi ke smartphone mempertebal kesan modern.

Yamaha EC-05 memiliki fitur Riding Mode yang bisa digunakan untuk memilih mode berkendara sesuai kebutuhan dan kondisi jalan. Motor listrik ini bisa digunakan untuk menempuh jarak hingga 110 km.

Motor listrik ini juga dilengkapi sistem penguncian Wireless Smart Key yang bisa terkoneksi ke smartphone dan Apple Watch. Motor listrik Yamaha EC-05 dibanderol dengan harga sekitar Rp45,7 juta.

2. Yamaha EMF

Yamaha EMF 04a6f
Sumber foto: Yamaha - Motor Listrik Yamaha

Yamaha EMF merupakan hasil kerja sama Yamaha dengan produsen motor listrik asal Taiwan, Gogoro. EMF sendiri adalah singkatan Electro Motive Fighter, yang tampil dengan desain cukup minimalis.

Secara tampilan, motor ini mempunyai desain yang futuristik dengan banyak tarikan garis tajam. Motor ini dibekali dengan penggerak listrik yang menghasilkan tenaga 10,1 dk di 3.000 rpm dan torsi 26 Nm di 2.500 rpm.

Yamaha EMP diklaim mampu menempuh 0-50 km/jam hanya dalam waktu 3,5 detik saja, dengan kecepatan maksimal mencapai 100 km/jam. Sementara bagian depan motor ini hadir dengan bentuk fairing tipis, setang telanjang, dan lampu LED yang meningkatkan kesan modern.

Menariknya, motor listrik ini sudah tidak memakai key less, karena digantikan berupa kartu NFC. Alhasil, para pemilik jadi lebih mudah menyimpan ataupun membawa kunci canggih tersebut ke mana pun.

Meluncur dengan 3 varian warna yaitu Dark Black, Dark Green, dan Like Blue, motor ini sebenarnya sudah dirilis di Taiwan. Belum diketahui kapan Yamaha EMF masuk ke Indonesia, tetapi sebagai gambaran banderolnya dipatok sekitar Rp51 juta.

3. Yamaha E01

Harga Motor Listrik Yamaha E01 E8e7f
Sumber foto: Yamaha - Motor Listrik Yamaha

Jika kompetitor telah meluncurkan motor listrik Honda PCX Electric, maka Yamaha siap hadir dengan Yamaha E01 mereka. Bentuknya tampak keren karena mengadopsi desain Yamaha NMAX.

Motor ini sudah dipamerkan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 pada bulan Maret dan April lalu. Meski masih merupakan prototipe, namun kemungkinan besar akan mulai dipasarkan secara global dalam waktu dekat. Perihal kapan akan dijual di Indonesia, sampai saat ini belum ada informasi yang pasti.

Diketahui, motor Yamaha E01 akan mengusung baterai lithium-ion berkapasitas 4,9 kWh. Mode berkendaranya pun ada tiga macam, yakni Eco, Standar, dan Power. Masing-masing mode akan menghasilkan output power yang berbeda pula.

Menariknya, motor ini sudah menggunakan fitur keyless layaknya motor skutik Yamaha lainnya. Panel instrumennya juga sudah digital. Sementara port pengisian listriknya berada di bodi bagian depan.

Lantas, berapa harga motor listrik Yamaha E01? Sampai saat ini, Yamaha sendiri belum merilis harga pastinya. Namun di Jepang, motor ini sudah dapat disewa dalam paket tiga bulan dengan tarif 20.000 Yen atau sekitar Rp2,3 juta per bulan.

4. Yamaha Neo atau Yamaha E02

Motor Listrik Yamaha Fazzio Yamaha E02 Atau NEO 8cc9f
Sumber foto: Yamaha - Motor Listrik Yamaha

Yamaha E02 adalah nama prototipe saat motor listrik ini dipamerkan di ajang Tokyo Motor Show 2019. Sementara Yamaha Neo merupakan nama yang diplot untuk pasar Eropa. Keduanya adalah motor yang sama.

Meski hanya berbeda angka pada varian yang Jaka bahas sebelumnya, tapi dari segi tampilan, baik E01 maupun E02 sangatlah berbeda. Yamaha Neo atau E02 jusru berukuran mungil dengan desain futuristik.

Sekilas, desainnya mirip dengan Yamaha Fazzio yang belakangan ramai digunakan di Tanah Air. Maka tak heran jika banyak yang salah sangka kalau ini adalah motor listrik Yamaha Fazzio, versi elektrifikasi dari merek tersebut. Padahal bukan, ya.

Sejauh yang diketahui, performa motor ini akan setara dengan tenaga yang dihadirkan skutik 50 cc karena hanya menggunakan baterai berdaya 2,5 kW. Terbilang kecil, tapi cukup untuk penggunaan harian.

Pada setiap pembeliannya, Yamaha Neo telah dilengkapi baterai lithium-ion seberat 8 kg yang terletak di balik jok dan bisa dilepas pasang alias battery swap. Pengisian daya dari 0-100% akan memakan waktu kurang lebih 8 jam.

Sayangnya, buat kamu yang ingin bawa pulang Yamaha E02 ini harus bersabar dulu. Sebab varian ini baru dijual resmi di Eropa saja. Untuk harganya, kemungkinan akan dibanderol sekitar Rp56 jutaan. Wow!

5. Yamaha e-Vino

Yamaha E Vino 7d57d
Sumber foto: Yamaha - Motor Listrik Yamaha

Pada 2015 silam, Yamaha sebenarnya pernah merilis motor listrik yang bentuknya mirip sekali dengan Yamaha Fino dan Honda Scoopy, yakni Yamaha e-Vino. Lalu pada 2017, Yamaha juga mengetesnya di Indonesia, lho.

Skuter ini memiliki bobot cukup ringan, yakni hanya 68 kg. Namun, bobot tersebut akan bertambah karena baterai lithium-ion-nya sendiri seberat 6 kg. Adapun kapasitas baterai tersebut adalah 50v-10Ah.

Dengan kapasitas baterai tadi, jarak tempuh yang bisa dihasilkan memang hanya 29 km untuk sekali pengisian penuh. Sebagai alternatif, e-Vino juga dapat menyimpan satu baterai cadangan sehingga total bisa menempuh sejauh 58 km.

Untuk akselerasinya sendiri, e-Vino diklaim mampu mencapai kecepatan tertinggi pada angka 44 km/jam. Dengan performa yang Jaka sebutkan tadi, motor ini memang lebih cocok jika digunakan di dalam kota saja.

Sejauh ini, Yamaha baru merilis e-Vino di Jepang pada tahun lalu. Di Negeri Sakura tersebut, harganya dibanderol 259.600 Yen atau sekitar Rp35 jutaan per unitnya. Tertarik?

Cara Beli atau Pesan Motor Listrik Yamaha

Yamaha menawarkan jajaran motor listrik dengan harga yang sebenarnya tidak bisa dibilang murah. Meski begitu, hal ini tidak menyurutkan para peminat yang tertarik dan sudah menantikan produk tersebut hadir di di pasar nasional.

Sayangnya, sampai saat ini pihak Yamaha belum membuka saluran pembelian atau pemesanan dari unit motor listrik yang ada di atas. Alasannya, beberapa model di atas belum masuk ke Indonesia dan masih tersedia di negara tertentu.

Khusus untuk model Yamaha E01, para konsumen Indonesia bisa berharap lebih karena bisa tersedia pada tahun 2022 ini. Pasalnya, E01 adalah model yang sudah resmi diperkenalkan di Indonesia dan sedang menjalani tes pasar.

Jika nantinya sudah tersedia secara komersil, bagi mereka yang berminat dapat melakukan pemesanan motor listrik Yamaha melalui laman resmi Yamaha (www.yamaha-motor.co.id). Jadi, kamu harus bersabar untuk menunggu motor listrik Yamaha tersedia dan bisa dibeli.

BONUS: Rekomendasi 5 Motor Listrik Honda Terbaik, Lebih Bagus dari Yamaha?

Deretan motor di atas memang bisa menjadi pilihan buat kamu para pecinta brand Yamaha yang ingin memiliki kendaraan listrik. Tapi kalau kamu belum puas, kamu bisa beralih ke brand kompetitor mereka, yaitu Honda, kok.

Sebagai komparasi mana yang lebih baik antara motor listrik Yamaha spesifikasi dengan Honda, silakan cek artikel Jaka berikut ini, ya. Cekidot:

Motor Listrik Honda 7a3d8
Rekomendasi 5 Motor Listrik Honda Terbaik & Terbaru 2022, Ada PCX Electric!
Pecinta motor Honda? Saatnya beralih ke motor bertenaga listrik nih. Berikut adalah deretan motor listrik Honda terbaik 2022 yang bisa kamu beli!
LIHAT ARTIKEL

Daftar Motor Listrik Yamaha

  1. Yamaha EC-05
  2. Yamaha EMF
  3. Yamaha E01
  4. Yamaha Neo atau Yamaha E02
  5. Yamaha e-Vino

Akhir Kata

Itulah deretan motor listrik Yamaha harga maupun spesifikasi yang Jaka ulas khusus buat kamu. Sayangnya, kamu harus rela menunggu perilisan tiba karena memang motor listrik Yamaha di Indonesia belum dijual resmi.

Meski demikian, desain dan performa yang coba ditawarkan Yamaha pada produk mereka patut diacungi jempol. Semoga hal ini berdampak positif pada perkembangan industri otomotif di sektor kendaraan ramah lingkungan, ya.

Baca juga artikel seputar Otomotif, NFT Games, Apps, atau artikel menarik lainnya dari Muhammad Irsyad.

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Jual Beli Online Terbaik Banner 9adf7
Bukalapak Hilang dari Play Store, Ini Aplikasi Jual Beli Online Terbaik Lainnya!
Untitled Design 2021 01 02t130607 151 2f106
Cara Jualan Online di Facebook Bagi Pemula, Biar Laris Manis!
Situs Jual Beli Online
7 Situs Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia
Cara Jualan Online Cea99
Cara Jualan Online Tanpa Modal dan Laris Terlengkap 2021 | Jaminan Sukses!
Adegan Terbaik Fast And Furious Banner F111c
7 Adegan Terbaik di Seri Film Fast & Furious, Penuh Aksi Menegangkan!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal