Waspada! Puing Roket China Seberat 21 Ton Mulai Meluncur ke Bumi

Default

Sebuah badan roket seberat 21 ton milik China terbang mengitari Bumi di luar kendali. Yang jadi masalah, roket ini akan jatuh kembali ke Bumi dalam beberapa hari ke depan.

Roket berbadan besar itu diperkirakan akan jatuh ke permukaan Bumi dalam keadaan tak terkendali. Roket tersebut merupakan tahap inti roket Cina Long March-5B.

China meluncurkan modul pertama dari stasiun luar angkasa terbaru yang tengah dibangun negara tirai bambu ini pada Rabu (28/04/2021) lalu.

Namun, bukannya mendarat atau jatuh di tempat yang telah ditentukan sebelumnya seperti di lautan, inti Long March-58 malah mengelilingi Bumi tak terkendali.

Saat ini sepotong besar puing luar angkasa dengan perkiraan berat mencapai sekian ton, sekarang berada di dalam fase meluncur kembali ke Bumi.

Roket China Mendarat Ke Bumi Dc2ed

Panik nggak? Tentu saja. Pasalnya puing tersebut meluncur ke Bumi secara tak terkendali, bahkan tidak bisa diperkirakan di mana puing itu akan menghantam Bumi.

Puing antariksa tersebut diperkirakan akan kembali jatuh ke Bumi dalam beberapa minggu ke depan.

Hingga sekarang ini, masih tidak mungkin untuk dapat memprediksi dengan tepat di mana kepingan yang tidak terbakar di atmosfer kemungkinan bakal mendarat.

Namun apabila mengukur pada orbit objeknya, kemungkinan titik pendaratan bisa di mana saja dekat dengan garis lintang yang sedikit lebih jauh ke utara New York, Madrid dan Beijing, atau sejauh selatan Chile dan Wellington, Selandia Baru.

Puing Antariksa yang Makin Mengkhawatirkan

Roket China Hantam Bumi 254f7

Bisa dikatakan kalau insiden yang sama terjadi kira-kira setahun selepas roket China yang serupa lainnya pernah jatuh ke Bumi.

Roket untungnya mendarat di Samudra Atlantik, tetapi rupanya dilaporkan meninggalkan jejak puing di Pantai Gading, Afrika.

Sampai-sampai, Jim Bridenstine, Administrator NASA pada saat itu, menghukum Cina lantaran insiden ini bahkan menyebutnya sangat berbahaya.

Pada waktu itu, para ahli mencatat kalau ini merupakan salah satu puing terbesar buatan manusia yang pernah jatuh ke Bumi.

Namun, masih belum diketahui apakah puing yang sedang menuju Bumi sekarang ini akan lebih besar dari puing sebelumnya atau malah rupanya lebih kecil.

Pasalnya, sejak akhir tahun 1970-an, potongan puing antariksa makin sering jatuh ke Bumi dan para ahli menilai hal ini sudah dalam fase yang mengkhawatirkan.

Meskipun lebih dari 70% Bumi ditutupi oleh lautan dan hanya 30% sisanya yang ditutupi oleh daratan, hal ini tidak bisa disepekan karena jatuhnya puing antariksa bisa sewaktu-waktu mengancam pemukiman manusia.

Walau sejauh ini belum ada catatan kematian atau cedera serius manusia yang tertimpa puing-puing luar angkasa, tetap saja tak ada alasan untuk menganggapnya tak berbahaya.

Baca juga artikel seputar Luar Angkasa atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana.

BACA JUGA

7 Artis Indonesia yang Diam-diam Ditaksir Artis Lain | Gagal Dipepet!

Download Alight Motion Pro MOD APK v3.7.1 Terbaru 2021 | Free & No Watermark!

7 Artis Indonesia yang Gaet Anak Crazy Rich | Serasi Banget!

10 Orang Terkaya di Indonesia 2021 | Crazy Rich Indonesia Baru Bermunculan!

Download Capcut Pro MOD APK v3.1.0 Terbaru 2021 | No Watermark & Premium Unlocked!

ARTIKEL TERKAIT
Header 19 06ed7
10 Teknologi Canggih Misterius yang Sudah Ada Sejak Zaman Purba. Ada UFO?
Hewan Zaman Purba 1256e
5 Hewan Purba yang Masih Hidup di Indonesia | Bikin Takjub Dunia!
Penemuan Fosil Cumi Cumi Purba 9f18e
Fosil Cumi-cumi Vampir Ditemukan di Hongaria | Predator Purba Buas?
246fed6d0cf2959a4012903dd00928ef
Mata Kamu Minus? Tanaman Ajaib Ini Bisa Tajamkan Penglihatan Dengan Cepat!
Dino
5 Game Android Bertema Dinosaurus Ini Bikin Kangen Makhluk Prasejarah
Tags Terkait: chinarocket
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal