eSIM Telkomsel Sudah Tersedia di Tahun 2022? Ini Keunggulannya yang Wajib Kamu Tahu!

Default

Saat kamu membeli HP baru, kamu biasanya membutuhkan Kartu SIM (Subscriber Identity Module) atau SIM Card agar HP kamu bisa dipakai menelepon.

Dengan menggunakan kartu SIM, kamu juga bisa mendapatkan akses untuk layanan seluler lainnya seperti SMS maupun internet.

Kartu SIM tentu ditawarkan oleh setiap operator seluler di Tanah Air. Mereka saling berlomba-lomba menyuguhkan layanan seluler yang lengkap dan murah.

Kartu SIM umumnya berbentuk kartu kecil yang disematkan di dalam bodi HP. Terdapat tiga jenis kartu SIM, ada yang dinamakan Micro-SIM, Mini-SIM dan Full Size. Ketiganya memiliki ketebalan yang sama sekitar 0,7 mm.

Perkembangan teknologi memungkinkan penggunaan eSIM. Inovasi ini membuat layanan seluler bisa dinikmati di HP tanpa harus menyematkan kartu fisik pada di dalam bodi HP.

Keunggulan eSIM

Alzashop E910f
Sumber foto: Alzashop

eSIM ialah inovasi terbaru untuk perangkat smartphone. Teknologi ini memungkinkan dihilangkannya slot fisik kartu SIM. Sehingga, ini memudahkan pengguna untuk segera menikmati layanan seluler karena proses pendaftaran kartu SIM bisa lebih singkat.

Kelebihan lainnya antara lain, kamu tidak perlu takut kehilangan SIM Card. Kamu juga tidak perlu khawatir eSIM-mu akan rusak. Karena ukuran eSIM ini sangat kecil, eSIM bisa dipakai untuk perangkat smartwatch juga, lho.

Tidak hanya itu, dengan tidak adanya kartu fisik artinya akan berdampak dengan berkurangnya limbah yang dihasilkan dari kartu SIM yang sudah tidak terpakai.

Keuntungan lain yang didapatkan dengan eSIM adalah kemudahan untuk berganti operator. Selain itu, kamu juga bisa menghindari biaya roaming internasional.

Telkomsel Dukung Teknologi eSIM

Publik tengah menunggu kapan eSIM Indonesia akan dapat dipakai oleh semua pelanggan seluler di Tanah Air.

Selain Smartfren, beberapa provider mendukung teknologi eSIM, termasuk Telkomsel. Hal tersebut diungkap oleh Vice President Technology Strategy Telkomsel Indra Mardiatna.

"Perseroan berkomitmen untuk terus fokus membangun ekosistem perangkat, jaringan dan aplikasi (Device, Network & Application/ DNA) di Indonesia guna mendorong terciptanya masyarakat digital," kata Indra kepada Bisnis.com.

Menurutnya, operator Telkomsel selalu update teknologi terbaru di dunia telekomunikasi, termasuk penerapan teknologi eSIM.

Indra mengungkapkan bahwa teknologi eSIM akan membuat dimensi perangkat menjadi lebih kecil. Hal ini memungkinkan karena kartu SIM dapat tertanam di HP.

Telkomsel melakukan pengkajian atas penerapan teknologi eSIM dan memastikan kesiapan ekosistem industri untuk mengadopsi teknologi terbaru ini.

"Dalam perkembangan eSIM di Indonesia, Telkomsel juga akan menaati regulasi atau kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah nantinya," ujar Indra.

Cara Menggunakan eSIM Telkomsel

Freeeway 4bb29
Sumber foto: Freeeway

Kalau kamu pelanggan Telkomsel, mungkin kamu sedang menanti-nanti kapan bisa menikmati kemudahan yang ditawarkan dari teknologi ini.

Cara menggunakan eSIM Telkomsel dan berapa harga eSIM Telkomsel 2022 juga tentunya akan kamu ketahui saat Telkomsel sudah meluncurkan teknologi tersebut.

Ketika inovasi ini sudah benar-benar diterapkan untuk para pengguna seluler di Indonesia, mungkin kamu bisa segera mengetahui cara buat eSIM Telkomsel dan di mana tempat kamu bisa beli eSIM Telkomsel.

Perlu diketahui ya geng, di Indonesia baru satu provider yang telah menerapkan teknologi eSIM ini sejak 2019, yaitu Smartfren.

Diharapkan, ke depan ekosistem perangkat seluler dan juga para provider dapat saling mendukung untuk mengimplementasikan inovasi canggih eSIM ini di Indonesia.

Baca juga artikel seputar News, atau artikel menarik lainnya dari Ahmad Luthfi.

BACA JUGA

Anak Muda Ukraina Terinspirasi Perjuangan RI Melawan Penjajah Belanda: Merdeka atau Mati!

6 Kapal Hilang Secara Misterius dan Tak Ditemukan Jejaknya, Ada yang Ketemu Setelah 107 Tahun?

Penerima Cangkok Jantung Babi Pertama di Dunia Meninggal Dunia, Penyebab Kematiannya Masih Jadi Misteri

5 Hal Terbesar di Dunia yang Ada di Indonesia, Bikin Kamu Bangga Hidup di Tanah Air!

5 Potret Chianina, Jenis Sapi Terbesar di Dunia dengan Berat 1,7 Ton Lebih!

10 Foto Mengharukan Rakyat Ukraina dan Hewan Peliharaannya di Tengah Invasi Rusia

ARTIKEL TERKAIT
Tags Terkait: telkomsel
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal