Pemenang Metavolution with Spark AR Hadirkan Ide AR Brilian, Raih Hadiah Rp30 Juta!

Default

Meta bekerja sama dengan Hacktiv8 baru saja mengumumkan para pemenang program Metavolution with SparkAR pada Minggu, 7 Agustus 2022.

Program tersebut merupakan pelatihan sekaligus kompetisi bagi para kreator Spark AR muda dari Indonesia yang melibatkan 50 peserta program di mana mereka ditantang untuk membuat filter permainan Augmented Reality (AR) dengan tema tertentu.

Total ada 4 pemenang dari 4 kategori berbeda, yakni Food, Travel, Gaming, dan Beauty yang berhak mendapatkan hadiah uang tunai masing-masing senilai Rp30 juta.

Para pemenang tersebut adalah:

  • Kategori Food: Julian Pratama dari Jakarta, dengan filter AR "Realfood Jelly Quest".

  • Kategori Travel: Firdaus Palau dari Baturaja, Sumatera Selatan dengan filter AR "Travel the Universe".

  • Kategori Gaming: Wildansyah dari Bandung, Jawa Barat dengan filter AR "Hunt the Ghost!"

  • Kategori Beauty: Imam Solihin dari Jakarta dengan filter AR "Princess and Frog".

"Empat pemenang dari Metavolution Spark AR yang kami umumkan hari ini diharapkan dapat menjadi pemantik semangat bagi kreator lainnya untuk terus berkarya, mengembangkan keahlian baru untuk berkontribusi membangun metaverse, serta menciptakan lebih banyak lagi peluang dan dampak ekonomi di Indonesia," kata Manajer Program AR/VR, APAC, Meta Trimikha Valentius dalam kesempatan tersebut.

Program bootcamp dan pitch fest

AR Effects Pemenang Metavolution 82828
Sumber foto: Meta Indonesia-AR Effect yang dibuat oleh para peserta dengan beragam kategori berbeda

Para peserta program ditantang untuk membuat efek permainan AR sesuai dengan brief yang diberikan. Sebelumnya para peserta juga sudah mengikuti bootcamp selama 4 minggu dan pitch fest yang berlangsung pada 22-23 Juli 2022.

Mereka diminta untuk merancang ide berkolaborasi dari 10 kreator konten dan komunitas untuk membuat efek AR yang bisa menceritakan kisah hidup dan inspirasi dari para kreator konten dan komunitas tersebut.

Nah, efek permainan AR tersebut lah yang dipamerkan dalam acara #MenujuMetaverse Cafe yang telah berlangsung pada 5-7 Agustus 2022 di Titik Temu Coffee, M Bloc Space, Jakarta.

"Kami berharap Metavolution with Spark AR ini dapat menjadi bekal awal mereka untuk terhubung dengan industri sehingga dapat memberikan dampak ekonomi bagi mereka sendiri, komunitas, hingga Indonesia," tutup President Hacktiv8 Juventia Vicky Riana.

Senang dan tak menyangka

Peserta Program Metavolution With Spark Ar F82ed
Sumber foto: JalanTikus/Syifa Nuri Khairunnisa-Para peserta program Metavolution with Spark AR

Keempat pemenang pun mengaku sangat senang dengan kemenangan ini. Mereka juga merasa cukup terkejut karena para AR Creator lain yang berpartisipasi juga sama-sama menghasilkan karya yang tak kalah brilian.

"Senang banget, gak nyangka karena kemarin itu cari idenya cukup susah karena travel (temanya). Rencana mau pakai face tracker dan kamera depan, tapi tantangannya gak boleh. Akhirnya kepikiran film Doctor Strange kemarin (terinspirasi dari situ)," kata Firdaus Palau, salah satu pemenang.

Kemenangan Firdaus ini begitu berarti karena perjuangannya membuat filter AR ini gak mudah. Ia bahkan rela mengambil cuti 1 minggu dari pekerjaannya sebagai pegawai bank demi menyelesaikan tantangan tersebut.

Kesan serupa juga disampaikan oleh Imam Solihin yang bahkan mengaku masih gemetaran karena berhasil membawa pulang gelar juara. Ia berusaha mencari inspirasi dengan menggali kisah hidup beauty influencer yang berkolaborasi dengannya, yakni Clarissa Putri.

Kerennya, para peserta hanya diberi waktu 1 minggu untuk menghasilkan karya permainan efek AR tersebut. Benar-benar usaha yang gak mengkhianati hasil, ya! Selamat buat para pemenang!

Baca juga artikel seputar Hiburan, Viral, atau artikel menarik lainnya dari Syifa Nuri Khairunnisa.

ARTIKEL TERKAIT
Metaverse Di Gaming 8110d
#MenujuMetaverse Cafe, Misi Perkuat Komunitas Gaming Lewat Metaverse
Asyiknya Makan Sambil Traveling dan Main Game di #MenujuMetaverse Cafe, Jajal Teknologi AR Cuma Pakai HP!
Luthfi Halimawan Menujumetaverse 83189
Luthfi Halimawan: #MenujuMetaverse Cafe Beneran Bawa ke Metaverse!
Dsc03961 5e85b
Meta Pada Waktunya? Inilah Rencana Luthfi Halimawan Jika Metaverse Sudah Mainstream!
Untitled Design 2022 08 06t203547 788 E0e16
Ngobrolin Traveling via Metaverse Bareng Alexander Thian di #MenujuMetaverse Cafe
Kunjungi Masa Depan di #MenujuMetaverse Cafe, Bisa Main Efek AR!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal