Jadi Pemenang, Imam Solihin Ungkap Tantangan dan Keseruan di Metavolution with Spark AR

Default

Kompetisi Metavolution with Spark AR yang diselenggarakan oleh Meta dan Hacktiv8 telah rampung digelar dengan diumumkannya empat orang pemenang pada Minggu, 7 Agustus 2022.

Salah satu pemenang dari program tersebut adalah Imam Solihin asal Jakarta. Dirinya berhasil membawa pulang 30 juta rupiah setelah bersaing ketat dengan 49 peserta lainnya.

Perjalanannya di ajang ini dimulai dengan mengikuti bootcamp selama 4 minggu diikuti dengan pitch fest pada 22-23 Juli 2022, hingga efek Augmented Reality (AR) karyanya dipamerkan di acara #MenujuMetaverse Cafe dan keluar menjadi salah satu pemenang.

Penuh Eksplorasi dan Tantangan

Imam Solihin Pemenang Metavolution With Spark AR 3a3d6
Sumber foto: JalanTikus/Muiz Awaludin-Imam Solihin mengungkapkan kesannya memenangkan Metavolution with Spark AR di panggung pengumuman

Adapun efek AR yang dibuat Imam bertemakan Beauty dan menyajikan kisah dari beauty content creator Clarissa Putri. Dalam prosesnya, ia juga mendapat arahan dari pihak Clarissa agar efek AR yang dibuat sesuai dengan persona sang influencer.

"Sempat tektokan dengan manajer Clarissa Putri. Kita diberikan brief seputar do's and don'ts-nya. Kita juga di-encourage untuk (membuat efek AR) berkaitan dengan personality dan bidangnya, tapi kita tetap diberikan kebebasan untuk bereksplorasi mau bikin apa," jelasnya.

Imam sendiri menuturkan bahwa dirinya mencari inspirasi dari Instagram sang influencer hingga dirinya menemukan konten-konten make up ala Disney yang kerap diunggah Clarissa Putri. Dari sana lah, ia mendapat inspirasi untuk membuat filter Instagram berjudul 'Princess and Frog'.

Tak hanya mementingkan keseruan dan estetika, Imam juga menambahkan unsur komedi dalam filter yang dibuatnya agar dapat menghibur pengguna.

Meski sudah berpengalaman dalam bidang AR melalui berbagai proyek yang dikerjakannya untuk agensi di luar negeri, Imam mengaku masih menemukan tantangan dalam meramu karya terbaiknya di program ini.

"Tantangannya adalah kita didorong untuk menjelajahi fitur-fitur baru yang canggih dan belum banyak dieksplorasi. Jadi, PR-nya belajar lebih banyak lagi terkait fitur-fitur baru yang dihadirkan Meta," ungkapnya.

Menurut Imam, salah satu fitur yang masih jarang dieksplorasi oleh kreator AR adalah efek 3 dimensi, padahal visi masa depan dari Meta sendiri adalah untuk menghadirkan lebih banyak unsur 3D di metaverse.

Prospek Masa Depan Metaverse dan AR di Indonesia

Kreator Metavolution With Spark AR A885a
Sumber foto: JalanTikus/Syifa Nuri Khairunnisa-Peserta Metavolution with Spark AR berfoto bersama dengan pihak Meta

AR sebagai salah satu aspek dalam metaverse nyatanya sudah bukan hal yang asing lagi, terutama di Tanah Air. Imam pun mengungkapkan pendapatnya mengenai hal tersebut.

"Metaverse sendiri sebenarnya konsep yang masih ambigu, tetapi kalau ngomongin AR sendiri, (kreator) Indonesia sudah cukup banyak. Bahkan di turnamen global kreator Indonesia mampu menembus peringkat 50 besar. Pokoknya banyak yang berprestasi sebenarnya," jelas Imam.

Dirinya juga menambahkan bahwa AR cukup potensial untuk dikembangkan di Indonesia dan negara ini dapat menjadi salah satu pasar AR terbesar di dunia.

Lebih lanjut, Imam berharap semakin banyak user yang familiar dengan teknologi AR dan akan ada lebih banyak kreator yang mendalami AR lebih jauh lagi.

Mengingat salah satu aspek penting dalam pengembangan AR adalah kreator, Imam yakin bahwa Meta akan terus terhubung dengan para peserta program Metavolution with Spark AR.

Tentunya koneksi yang telah terjalin antara Meta dan para kreator ini akan berpengaruh pada pengembangan metaverse serta membuka banyak peluang ekonomi tersendiri.

Baca juga artikel seputar Hiburan, Viral, atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

ARTIKEL TERKAIT
Tantangan Peserta Metavolution 9ea64
Peserta Metavolution with Spark AR Ditantang Eksplorasi Fitur Canggih Demi Efek AR Keren
Metaverse Di Gaming 8110d
#MenujuMetaverse Cafe, Misi Perkuat Komunitas Gaming Lewat Metaverse
Asyiknya Makan Sambil Traveling dan Main Game di #MenujuMetaverse Cafe, Jajal Teknologi AR Cuma Pakai HP!
Kunjungi Masa Depan di #MenujuMetaverse Cafe, Bisa Main Efek AR!
Luthfi Halimawan Menujumetaverse 83189
Luthfi Halimawan: #MenujuMetaverse Cafe Beneran Bawa ke Metaverse!
Untitled Design 2022 08 06t203547 788 E0e16
Ngobrolin Traveling via Metaverse Bareng Alexander Thian di #MenujuMetaverse Cafe
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal