NFT Marketplace: Definisi, Cara Kerja, dan Contoh NFT Marketplace!

Default

NFT Marketplace adalah sebuah platform yang didirikan khusus sebagai wadah untuk menjual aset digital non-fungible token (NFT). Lalu, bagaimana cara kerja marketplace ini?

NFT Marketplace bisa dibilang bekerja layaknya situs e-commerce seperti eBay, tapi marketplace ini hanya berfokus pada produk NFT yang akan diperjualbelikan oleh para investor kripto.

Berbagai NFT Marketplace pun kini sudah banyak tersedia dan menampilkan ribuan aset NFT yang dibanderol dengan harga bervariasi. Jika kamu tertarik, kamu bisa mengunjungi salah satunya!

Nah, untuk kamu yang masih bingung dan ingin tahu apa NFT Marketplace terbaik untuk bertransaksi dan bagaimana cara kerjanya, sebaiknya simak dahulu penjelasan dari Jaka di bawah ini!

BACA JUGA
  • 25+ Game Penghasil Uang Langsung ke Rekening Tanpa Modal, Terbaru 2022 & 100% Works!
  • 13 Aplikasi Crypto Indonesia Terbaru 2022, Cocok buat Pemula & Berizin BAPPEBTI!
  • NFT Art: Definisi, Contoh, Cara Membuat & Jual NFT Crypto Art
  • NFT (Non-Fungible Token) Kripto: Pengertian dan Alasan Kenapa Harganya Mahal

Apa Itu NFT Marketplace?

Nft Marketplace Indonesia 6c37c

NFT merupakan salah satu aset kripto yang paling berpengaruh saat ini. Terbukti, pasar NFT berhasil mencatat rekor penjualan sebesar 2,5 miliar dollar AS sepanjang tahun 2021 berdasarkan CoinMarketCap.

Untuk mewadahi transaksi NFT, saat ini tersedia sejumlah NFT Marketplace yang bisa kamu kunjungi jika kamu tertarik untuk mengoleksi NFT sebagai investasi yang cukup menjanjikan.

NFT Marketplace adalah platform yang menjual berbagai aset digital NFT layaknya situs jual beli online. Hanya saja, marketplace ini berfokus pada penjualan NFT.

Di dalam platform ini, kamu bisa menemukan berbagai NFT yang dijual dari harga terendah hingga tertinggi. Kamu bisa menjual ataupun membeli aset kripto tersebut untuk koleksi maupun investasi.

NFT marketplace memungkinkan kolektor digital untuk menjual, membeli, dan membuat NFT Art sendiri untuk menunjukkan kepemilikan atas aset yang berwujud (fisik) atau tidak berwujud (digital).

Daftar NFT Marketplace Terbaik

NFT Marketplace bisa kamu temukan di internet dengan sangat mudah karena kamu hanya perlu mengunjui situsnya saja. Berikut ini beberapa NFT Marketplace terpopuler yang bisa kamu coba!

1. OpenSea

Opensea Nft A7135

OpenSea adalah NFT marketplace peer-to-peer pertama dan terbesar di dunia. Pasar NFT universal ini berada di jaringan Ethereum dengan token ERC-1155 dan ERC-721.

Menariknya, OpenSea NFT memiliki alat mining yang dapat membantu pembuat konten untuk mengembangkan item mereka dan membuat koleksi NFT mereka sendiri. Mau coba?

2. Rarible

Rarible C47d6

Selain OpenSea, Rarible juga merupakan marketplace NFT terkemuka di jaringan Ethereum dengan token RARI. Platform ini menampilkan berbagai NFT mulai dari digital art hingga item game.

Sama seperti marketplace NFT lainnya, kamu bisa melakukan transaksi di Rarible dengan menggunakan berbagai jenis crypto wallet seperti MetaMask, Coinbase Wallet, dan WalletConnect.

3. Nifty Gateway

Nifty Gateway 5d5eb

Nifty Gateway adalah NFT Marketplace BSC yang tepercaya dalam jual beli crypto arts. Salah satu hal yang membuatnya populer adalah adanya kolaborasi dengan pembuat konten, brand besar, atlet, dan artis papan atas.

4. Axie Marketplace

Axie Marketplace F1688

Penggiat NFT pastinya sudah familiar dengan Axie Infinity. Game NFT ini memiliki pasar bernama Axie Marketplace yang memiliki fungsi tersendiri sehingga berbeda dari platform lainnya.

Dengan total trading volume lebih dari 2,1 miliar dolar AS pada Dappradar, Axie infinity menjadi tuan rumah bagi pasar NFT terbesar kedua di industri blockchain. Keren banget, kan?

5. SuperRare

SuperRare 2f0f6

SuperRare bekerjasama dengan seniman terkemuka untuk menghasilkan Crypto Art bernilai tinggi. Selain menyediakan berbagai seni digital otentik, platform ini juga rutin mengadakan pameran.

Cara Bertransaksi di NFT Marketplace

Nft Marketplace Fd3e0

Membeli atau menjual produk di NFT Marketplace Indonesia tentu berbeda dengan bertransaksi di marketplace produk biasa. Inilah yang harus dilakukan untuk bertransaksi di marketplace NFT!

1. Buat Akun Pengguna

Untuk bertransaksi di NFT Marketplace, kamu bisa langsung mengunjungi salah satu platform untuk mendaftar dan membuat akun. Biaya pendaftaran pun berbeda di setiap platform.

2. Buat Dompet Kripto

Crypto wallet digunakan untuk menyimpan koin yang akan digunakan untuk bertransaksi NFT. Setiap marketplace memiliki dompet kripto yang kompatibel dengan blockchain masing-masing.

3. Siapkan Koin

Untuk melakukan pendaftaran akun hingga transaksi NFT, kamu harus mengisi dompet digital dengan koin crypto. Koin yang diisikan ke dalam dompet pun harus didukung oleh NFT marketplace yang kamu pilih.

Biasanya, para investor akan menukar koin kripto untuk mendapatkan koin yang kompatibel melalui berbagai platform seperti PancakeSwap. Tinggal pilih koin yang ditukar dan koin yang akan digunakan!

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan mengenai apa itu NFT Marketplace, lengkap dengan contoh dan hal-hal yang harus disiapkan sebelum bertransaksi. Kamu bisa mengunjungi platform tadi jika tertarik untuk berinvestasi NFT!

Baca juga artikel seputar Crypto Blockchain, DApps, NFT, atau artikel menarik lainnya dari Reishatia.

ARTIKEL TERKAIT
Metamask Ebee6
Download MetaMask Terbaru 2022, Lengkap dengan Cara Daftar!
Cryptokitties 6f867
CryptoKitties: Cara Main dan Mendapatkan CryptoKitty Termahal
Download Axie Infinity Apk Banner Fix 69d4c
Download Axie Infinity APK v1.2.5 Terbaru 2022, Rawat Pet Virtual & Hasilkan Cuan!
The Sandbox 9f685
The Sandbox: Penjelasan, Cara Main, & Menghasilkan Token SAND
Rise City Nft 33b2e
Rise City NFT: Panduan Lengkap dan Cara Menambang Kripto
Kaka Nft World C782a
KAKA NFT World: Cara Daftar, Main, & Menghasilkan Kripto
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal