70+ Ucapan Ulang Tahun Bahasa Arab Beserta Artinya, Biar Makin Berkah!

Default

Ucapan ulang tahun bahasa Arab memang paling cocok ditujukan kepada orang-orang terkasih, geng. Meski saat ini ada banyak jenis ucapan ulang tahun yang biasa diungkapkan, namun ucapan seperti ini bakal terasa berkah karena juga mengandung doa-doa baik.

Seperti yang kita tahu, ulang tahun memang menjadi hari yang spesial bagi kebanyakan orang karena hanya terjadi sekali dalam setahun. Momen ini juga dijadikan sebagai pengingat akan bertambahnya umur sekaligus harapan untuk menjadi pribadi yang lebih baik ke depannya.

Nah, jika selama ini kamu memberikan ucapan ulang tahun bahasa Inggris kepada keluarga atau temanmu, maka mungkin kini saatnya kamu mencoba ucapan ulang tahun yang baru, yaitu dalam bahasa Arab. Apalagi jika orang yang sedang merayakannya memeluk agama Islam, maka lebih pas lagi.

Lalu, apa saja ucapan selamat ultah bahasa Arab? Supaya kamu gak bingung, langsung saja simak kumpulan ucapan ulang tahun Islami dalam bahasa Arab berikut ini.

1. Ucapan Ulang Tahun Islami Barakallah

Ucapan Ulang Tahun Islami Barakallah 42a54
Sumber foto: IST

Kamu pasti sudah sering mendengar "barakallah fii umrik" ucapan ulang tahun bahasa Arab, bukan? Atau, mungkin kamu pernah diucapkan seperti itu oleh temanmu, geng?

Nah, kalimat tersebut sebenarnya memiliki arti "Semoga Allah memberkahimu dalam usiamu". Dengan demikian, ucapan tersebut juga mengandung doa di dalamnya. Itulah mengapa ucapan seperti ini sangat dianjurkan.

Kalau kamu ingin mengucapkan selamat ulang tahun dengan kalimat barakallah, kamu bisa simak selengkapnya di bawah ini.

Barakallah fii umrik. Selamat ulang tahun. Semoga terus sehat, diberikan kelancaran rezeki, semakin disayang keluarga, dan pastinya sukses selalu untuk kerjaan/kuliah/sekolahnya.

Barakallah fii umrik. Selamat ulang tahun, semoga kebaikan selalu menyertaimu dan semoga bertambahnya umur menjadi barokah tersendiri untukmu.

Selamat milad. Barakallah fii umrik. Semoga cita-citamu tercapai, senantiasa ada di dalam rahmat Allah.

Miladuki saidah. Barakallah fii umrik. Semoga sisa umurmu berkah sampai akhir dunia.

Barakallah fii umrik. Semoga berkah di umurmu yang sekarang ini. Milad mubarak.

Barakallah fii umrik. Miladuki sa'idy. Semoga Allah selalu melimpahkan keberkahan di sisa umur yang diberikan-Nya. Semoga dapat menjadi wanita yang dirindukan oleh surga.

Barakallah fii umrik, ya. Semoga Allah SWT selalu memberikan kemudahan dalam segala urusan dunia maupun akhirat.

Barakallah fii umrik. Semoga selalu diberikan kesehatan, keberkahan, umur yang panjang, dan sukses terus.

Met milad, barakallah fii umrik. Semoga mendapatkan kebahagiaan yang luar biasa dan bisa menjadi lebih bijaksana dibanding tahun lalu.

Barakallah fii umrik. Semoga menjadi pribadi yang semakin menawan dengan kecantikan yang terpancar dan kemurnian hati yang bening.

Barakallah fii umrik. Semoga Allah senantiasa memberikan kenikmatan atas sehat, iman, dan taqwa.

Barakallah fii umrik, ya. Semoga Allah selalu memberi engkau kebahagiaan.

Milad mubarak. Barakallah fii umrik. Semoga sehat, sukses, dan berkah.

Ketaqwaan tidak harus bertambah saat usia bertambah, namun ketaqwaan harus selalu bertambah di setiap detiknya. Barakallah fii umrik. Semoga kamu menjadi umat Allah yang selalu bertaqwa.

Barakallah fii umrik. Semoga wisudamu sukses dan segera mendapatkan pekerjaan.

2. Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Arab untuk Laki-Laki

Ucapan Selamat Ulang Tahun Dalam Bahasa Arab Untuk Laki Laki Ecf2e
Sumber foto: IST

Jangan hanya tahu kata-kata romantis untuk pacar, geng, tapi ketahui juga ucapan ulang tahun bahasa Arab untuk laki-laki. Eits, ucapan seperti ini gak hanya bisa untuk pacarmu, lho, melainkan juga untuk ayah, kakak laki-laki, dan sahabat laki-laki.

Daripada kamu penasaran, langsung saja simak ucapan selamat ulang tahun bahasa Arab untuk laki-laki berikut ini.

Ya Allah, terima kasih Kau telah mengirimkan pria terbaik dalam hidupku. Kini usiamu semakin bertambah. Semoga hidupmu selalu dalam keberkahan dan keridhoan Allah.

Milad Mubarak. Barakallah fii umrik, yah. Semoga sehat, sukses, dan berkah selalu.

Lilin yang terang aku sematkan di atas kue tart ini. Terukir sudah angka usia yang kini kamu sandang, kawan. Selalu berpikirlah positif dan tambah ketaqwaan kepada-Nya.

Barakallah fii umrik, kakak. Semoga kakak selalu dalam lindungan Allah, kesehatan selalu menyertaimu, dan senantiasa berada dalam keberkahan-Nya.

Barakallah fii umrik, teman. Tetaplah dan tambahlah kuat demi melanjutkan dakwah di Bumi Allah.

Semoga di hari ulang tahunmu ini Allah senantiasa memberikan taufik, rahmat, berkah, lindungan, dan keselamatan untukmu. Selamat ulang tahun, kekasihku.

Di hari ulang tahunmu ini, kuucap doa dan harap untukmu, sayang. Berharap engkau akan tetap tersenyum dan tertawa saat berada di dekatku sampai maut memisahkan nanti.

Mentari hari ini sebagai awal hari baru bertambahnya usiamu. Teriring doa dariku semoga engkau selalu diberkahi dalam setiap langkahmu.

Kedewasaan tidak selalu identik dengan bertambahnya usia. Barakallah fii umrik adikku, semoga Allah selalu melindungi setiap langkahmu.

Bertambah lagi usia abang, barakallah, ya, bang. Tak ada yang bisa aku berikan selain doa yang aku panjatkan kepada Allah.

Milad mubarak, kakak tersayang. Selamat ulang tahun. Semoga panjang umur dan sehat selalu.

3. Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Arab untuk Perempuan

Gambar Ucapan Ulang Tahun Bahasa Arab D5b87
Sumber foto: IST

Tidak cuma untuk laki-laki, kamu juga bisa mengucapkan selamat ulang tahun bahasa Arab untuk perempuan, lho. Ucapan ini bisa kamu sampaikan ketika ada sahabat wanita terbaikmu atau bestie yang sedang berulang tahun.

Bingung gimana ngucapinnya? Nih, pakai aja beberapa referensi dari Jaka di bawah ini!

Barakallah fii umrik! Semoga Allah memberkahimu dengan ilmu dan hikmah. Semoga kamu menemukan kedamaian dan sukacita. Itu harapan tulusku untukmu di hari ulang tahunmu!

Semoga cahaya yang mahakuasa membimbingmu ke tempat dalam hidup di mana kegembiraan tidak ada habisnya dan senyum tidak pernah pudar. Selamat ulang tahun!

Semoga Allah memberkati kamu dengan kebesaran dalam hidup. Semoga semua yang kamu inginkan dalam hidup menjadi kenyataan sesegera mungkin. Selamat ulang tahun, sahabatku!

Nikmati hari istimewa dalam hidupmu sepenuhnya. Ingatlah selalu bahwa doaku selalu menyertaimu dalam segala suka dan duka dalam hidup. Selamat ulang tahun!

Bestieku, dengan bertambahnya usiamu setahun ini, semoga Yang Maha Kuasa menjadikanmu lebih bijak dan bahagia. Selamat ulang tahun! Doa tulus dariku.

Semoga Allah menerima doaku dan menjagamu dari segala mara bahaya dan kejahatan. Selamat ulang tahun, bestieku!

Aku berdoa kepada Allah agar Dia selalu membuat kamu dikelilingi oleh kebahagiaan dan membimbingmu menuju jalan integritas! Barakallah!

4. Ucapan Ulang Tahun Bahasa Arab Singkat dan Artinya

Barakallah Fii Umrik Ucapan Ulang Tahun Bahasa Arab 713ce
Sumber foto: Pexels

Saat hari ulang tahun tiba, kamu mungkin juga pernah mendengar seseorang yang mengucapkan dengan kalimat "barakallah fii umrik mabruk alfa mabruk". Kira-kira, apa arti barakallah fii umrik mabruk alfa mabruk?

Supaya kamu gak semakin kebingungan, Jaka sekalian mau kasih tahu kamu deretan ucapan ulang tahun bahasa Arab dan artinya secara singkat. Lumayan buat menambah wawasan bahasa Arab kamu!

  • Barakallah fii umrik.

Artinya: Semoga Allah memberkahi usiamu

  • Mabruk alfa mabruk.

Artinya: Berkah seribu berkah

  • Ied milad sa'eid.

Artinya: Selamat ulang tahun

  • Ied milad sa'eid lak.

Artinya: Selamat ulang tahun untukmu.

  • Sanah helwah.

Artinya: Selamat ulang tahun.

  • Istamti' bi eidi milaadik!

Artinya: Selamat menikmati hari ulang kelahiranmu!

  • Yaum miladik mabruk!

Artinya: Hari lahirmu berkah!

  • Kullu 'aimi wa anta bi khoirin.

Artinya: Selamat ulang tahun (untuk laki-laki).

  • Kullu 'aimi wa anti bi khoirin.

Artinya: Selamat ulang tahun (untuk Perempuan).

  • Wa 'iidu miiladi sa'iid lak.

Artinya: Dan selamat hari lahir untukmu.

5. Ucapan Ulang Tahun Istri dalam Islam

Ucapan Ulang Tahun Istri Dalam Islam 8de89
Sumber foto: IST

Bukan hanya laki-laki dan seorang perempuan, tapi khususnya untuk seorang istri, pasti akan bahagia ketika mendapatkan ucapan selamat ulang tahun dari suaminya.

Hal ini dikarenakan kata-kata dapat begitu berarti bagi seorang perempuan. Contohnya, kata hati seorang istri untuk suami bakal bermakna begitu mendalam, apalagi kalau mereka sudah memendamnya sejak lama.

Oleh karena itu, nggak ada salahnya untuk memberikan beberapa ucapan ulang tahun istri dalam Islam di bawah ini supaya dia senang dan hubungan pernikahan jadi lebih harmonis, geng.

Aku bersyukur memilikimu wahai istri sholehaku. Terima kasih telah menjadi ibu terbaik untuk anak-anak kita. Selamat ulang tahun istriku, semoga Allah selalu memberkahi setiap langkahmu.

Selamat ulang tahun, sayang. Walaupun kado kurang membuatmu senang, tapi aku punya doa untukmu agar kamu selalu mendapat perlindungan dari Allah.

Selamat ulang tahun, istriku yang tercantik. Semoga engkau tetap istiqomah di jalanmu, seiring waktu yang melangkah maju tetap setia mendampingiku.

Tiada doa yang bisa kupanjatkan selain doa panjang umur dan bahagia untukmu, istriku.

Selamat ulang tahun istriku terkasih, terima kasih telah rela berkorban seluruhnya untuk aku dan anak-anak. Terima kasih juga telah menjadi istri sekaligus ibu yang luar biasa.

Istriku, bidadariku. Tepat hari ini, aku berikan ucapan spesial untukmu. Selamat hari lahir dan selamat menjadi dewasa. Terima kasih sudah menemani separuh perjalanan hidupku.

Barakallah fii umrik, istriku sayang. Alhamdulillah satu tahun lagi bertambah usiamu. Hanya doa yang bisa kuberikan sebagai hadiah untukmu. Semoga kau diberikan kesehatan dan umur panjang, semakin sayang terhadap keluarga, dan semakin cinta padaku.

Satu tahun usiamu bertambah. Milad mubarak, istriku sayang. Hanya doa yang bisa kuberikan untukmu sebagai pengganti hadiahnya. Semoga Allah memberkahi segala yang telah kau korbankan untukku.

Ied milad mubarak, istriku tercinta, satu tahun bertambah usiamu kini, terimalah hadiah kecil dan tak lupa kupersembahkan doa untukmu. Semoga Allah memberimu kesehatan lahir dan batin, memberimu hati yang lapang dan terus bertambah iman islamnya.

Selalu ada doa dan ucapan tulus dariku untuk istriku ini. Barakallah fii umrik, sayang. Semoga cinta dan kasih sayang selalu mewarnai rumah tangga kita.

6. Ucapan Ulang Tahun Islami Buat Anak

Ucapan Ulang Tahun Islami E7f32
Sumber foto: WishMenia

Ulang tahun bukan hanya menjadi hari yang spesial untuk orang dewasa, melainkan juga anak-anak. Melihat kue tar, balon, hiasan warna-warni, dan kado menjadi hal yang menyenangkan di hari kelahiran mereka.

Meskipun mungkin anak-anak belum paham bahasa Arab, namun nggak ada salahnya memberikan ucapan ulang tahun bahasa Arab karena mengandung doa untuk masa depan mereka.

Berikut adalah beberapa ucapan ulang tahun Islami buat anak, baik laki-laki maupun perempuan yang bisa kamu berikan kepada mereka.

Selamat hari lahir, sayang. Tak terasa kamu semakin dewasa, semoga dengan bertambahnya usiamu semakin bertambah juga kebaikan dan kebahagianmu. Bunda dan Ayah berharap semoga kamu jadi anak yang taat kepada Allah SWT dan Rasul-Nya, serta berbakti kepada kedua orang tua.

Buah hati ibu sayang, senyum dan bahagiamu membuat kami semakin kuat, kami akan memberikan yang terbaik untukmu. Dengan bertambahnya usiamu, kamu semakin cerdas dan semakin membuat kami bahagia. Selamat ulang tahun, sayang.

Barakallahu fii umrik, anakku sayang. Semoga Allah memberikanmu umur yang panjang, rizki yang berkah, hati yang selalu bersyukur, dan semoga kelak menjadi anak yang soleh.

Selamat ulang tahun, Nak! Semoga diberi umur yang berkah, kesehatan yang terjaga, dan kebahagiaan yang berlimpah setiap waktu. Doa ibu tak akan pernah berhenti, jadilah engkau anak yang berbakti.

Selamat ulang tahun, anakku. Semoga engkau menjadi lebih baik, lebih soleh, dan bisa menjadi kebanggaan bagi kami berdua. Doa tulus Ayah dan Bunda selalu menyertaimu.

Barakallah fii umrik, Nak. Semoga Allah memberkahi sisa umurmu, sehingga engkau dapat jadi lebih baik, lebih soleh, dan lebih beruntung di tahun-tahun yang akan datang.

Barakallah, anakku. Semoga keberkahan menyertai perjalanan usiamu. Jadikan mimpi dan harapanmu sebagai pemacu untuk semakin giat belajar.

Suamiku, jangan jadikan kesibukanmu membuat kau melupakan istrimu yang menginginkan perhatianmu.

Hai anak perempuanku yang manis, selamat ulang tahun. Semoga kau menjadi perempuan yang baik hati, selalu jujur, dan tetap patuh pada orang tuamu. Semoga Allah selalu melimpahkan kesehatan untuk raga dan jiwamu.

Selamat ulang tahun, jagoan kecilku. Jadilah anak yang soleh, pintar, dan membanggakan. Ayah dan ibu sangat menyayangimu.

7. Ucapan Ulang Tahun untuk Sahabat Islami

Ucapan Ulang Tahun Bahasa Arab 62bf0
Sumber foto: IST

Sebagai salah satu orang terdekatnya, rasanya wajib bagi kita untuk mengucapkan selamat ulang tahun kepada sahabat di hari kelahirannya.

Meskipun bisa dalam bentuk caption untuk sahabat, namun akan lebih bermakna jika kita bisa memberikan ucapan ulang tahun bahasa Arab untuk sahabat secara langsung.

Kalau kamu belum ada ide, nggak usah khawatir, geng. Ada beberapa pilihan ucapan ulang tahun untuk sahabat Islami yang bisa kamu simak di bawah ini.

Sahabatku, barakallah fii umrik, ya. Semoga di hari ulang tahunmu, engkau mendapat keberkahan serta rezeki yang melimpah dari Allah SWT. Namun, tak lupa doa yang terpenting adalah semoga kau selalu sehat dan diberikan iman Islam.

Ied milad sohib terbaikku, bertambah satu tahun lagi usiamu sekarang ini, dan hanya doa yang bisa aku berikan untukmu. Semoga Allah memberimu kesehatan, rezeki yang melimpah, kesuksesan, serta umur panjang.

Milad said mubarak sahabatku, alhamdulillah wa syukurillah, telah bertambah satu tahun umurmu. Semoga Allah memberimu rezeki yang melimpah, kesehatan jiwa dan raga, serta keberkahan yang luar biasa.

Selamat milad sahabat terbaikku. Semoga berkurangnya jatah usiamu di dunia, juga membuatmu semakin dekat dengan Allah dan taat atas perintah-Nya.

Miladuki saidah mubarak, sahabatku. Aku doakan semua kebaikan dan keberkahan dalam hidupmu. Semoga kita bisa menjadi sahabat di dunia dan akhirat, ya.

Dear Sahabatku, barakallah fii umrik. Terima kasih sudah mau menjadi sahabat yang selalu ada untukku. Semoga di hari ulang tahunmu ini, kamu selalu mendapatkan kebahagiaan, keberkahan, serta rezeki yang melimpah dari Allah SWT.

Hai kamu, kamulah satu-satunya sahabatku. Selamat ulang tahun, semoga hari ini bisa memberimu kekuatan baru untuk terus melanjutkan perjalanan hidup yang indah.

Di hari yang sejuk ini, usiamu pun bertambah. Semoga kamu selalu berada dalam naungan keberkahan Allah SWT.

Tidak ada doa terbaik untukmu di hari ulang tahunmu ini selain umur yang berkah. Barakallah fii umrik ya sahabat terbaik.

Beruntunglah kamu, sobat. Usiamu bertambah dan keberkahanmu pun akan bertambah. Happy milad, sobat. Barakallah fii umrik, ya.

8. Doa Ulang Tahun Bahasa Arab dan Artinya

Apa Arti Dari Yaumul Milad Barakallah Fii Umrik 24ca2
Sumber foto: iStock

Gak bisa dipungkiri bahwa pengucapan selamat ulang tahun biasanya selalu diisi dengan doa. Jadi, sesekali gak ada salahnya untuk memanjatkan doa ulang tahun bahasa Arab kepada orang lain.

Belum tahu seperti apa doa berkah ulang tahun bahasa Arab? Nah, kamu bisa ucapkan saja doa panjang umur, geng. Berikut sudah Jaka tuliskan di bawah ini beserta artinya.

Allaahumma thowwil 'umuuronaa, wa shohhih ajsaadanaa, wa nawwir quluubanaa, wa sabbit iimaananaa wa ahsin a'maalanaa, wa wassi' arzaqonaa, wa ilal khoiri qorribnaa wa 'anisy-syarri ab'idnaa, waqdhi khawaa-ijanaa fiddiini waddunyaa wal aakhirati innaka 'alaa kulli syai-in qodiirun

Artinya: Ya Allah, panjangkan umur kami, sehatkan jasad kami, terangi hati kami, tetapkan iman kami, baikkan amalan kami, luaskan rezeki kami, dekatkan kami pada kebaikan dan jauhkan kami dari keburukan, kabulkan semua kebutuhan kami dalam urusan agama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau (Allah) Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Akhir Kata

Itu dia kumpulan ucapan ulang tahun bahasa Arab yang bisa kamu ungkapkan kepada keluarga atau teman. Bukannya sok pintar bahasa Arab, tapi ucapan-ucapan tersebut lebih direkomendasikan karena juga mengandung doa dan harapan di momen bahagia tersebut.

Dengan begini, kamu nggak perlu bingung lagi jika ingin memberikan ucapan selamat ulang tahun bahasa Arab sebagai doa terindah untuk orang terkasih di hari kelahiran mereka. Semoga bermanfaat, ya!

Baca juga artikel seputar Kata-kata atau artikel menarik lainnya dari Muhammad Irsyad.

ARTIKEL TERKAIT
Kata Mutiara Pernikahan Terlengkap Paling Romantis 331d8
100+ Kata-Kata Mutiara Pernikahan Paling Romantis, Islami & Menyentuh Hati 2022
Kata Kata Lucu 9f31e
150 Kata-Kata Lucu Gokil dan Paling Konyol yang Bikin Ngakak (Terbaru 2022)
Cats2 14ade
200+ Kata-kata Pendidikan yang Menginspirasi, Bikin Auto Semangat Belajar!
Dengar Sudah Waktunya Untuk Berhenti Menjernihkan Kepalamu Yang Perlu Sekarang Dilakukan Adalah Membersihkan Hatimu Dari Puing Puing Masa Lalu 6efb5
150+ Kata-kata Sakit Hati | Cocok Untuk Sindir Para Pengkhianat!
70 Kata Kata Bahasa Jawa Lucu Artinya Terbaru 2020 Dijamin Ngakak 4d3e8
120+ Kata Kata Bahasa Jawa Lucu + Artinya Terbaru 2022, Dijamin Ngakak!
Tags Terkait: Kata-kataHiburan
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal