Potret 6 Wasit Wanita yang Pertama Bertugas di Piala Dunia 2022 Qatar, Cantik dan Berbakat!

Default

Sejarah tercipta di Piala Dunia 2022 Qatar. Bukan soal hasil pertandingan atau aksi para pemain bintang, tapi deretan wasit wanita yang untuk pertama kalinya bisa bertugas di turnamen ini.

Yap, sebelumnya belum pernah ada wasit wanita yang memimpin pertandingan World Cup sepanjang sejarah. Total ada enam wasit wanita dari total 36 wasit, yakni tiga wasit utama dan tiga asisten wasit yang bakal kamu lihat aksinya.

Itu jadi sejarah yang luar biasa mengingat mereka bertugas di Qatar, sebuah negara Timur Tengah yang selama ini dikenal punya peraturan ketat dan agak mengekang untuk hak para wanita. Siapa saja mereka?

1. Yamashita Yoshimi

Yamashita Yoshimi
Sumber foto: Japan Forward via Tempo

Pertama ada Yamashita Yoshimi, wasit asal Jepang yang namanya sudah tak asing lagi di kancah internasional. Sebelum debut di Piala Dunia kali ini, ia juga sebelumnya pernah memimpin pertandingan Piala Dunia Wanita 2019 Prancis, loh.

Histori karir wanita 36 tahun ini luar biasa. Mulai dari pertandingan Olimpiade Tokyo 2020, AFC Champions League, serta J1 League, di mana ia jadi wasit wanita pertama yang melakukannya.

2. Salima Mukansanga

Salima Mukansanga
Sumber foto: Olympics

Selanjutnya ada Salima Mukansanga, wasit 34 tahun asal Rwanda yang sudah jadi wasit internasional FIFA sejak 2012 lalu.

Ini bukan pertama kalinya Mukansanga yang awalnya bercita-cita jadi atlet basket dunia mencatatkan namanya dalam sejarah. Di awal tahun 2022 ini, Mukansanga jadi wasit wanita pertama yang memimpin pertandingan di African Nations Cup untuk tim pria.

Ia juga pernah jadi wasit di Piala Dunia Wanita tahun 2019, CAF Women's Champions League, dan Olimpiade Tokyo 2020.

3. Stephanie Frappart

Stephanie Frappart
Sumber foto: Olympics

Pencinta sepak bola pasti familiar sama sosok Stephanie Frappart. Wasit asal Prancis ini bisa dibilang salah satu wasit wanita paling terkenal selama ini. Bahkan, ia sudah tiga kali berturut-turut memenangkan penghargaan IFFHS World's Best Woman Referee sejak 2019.

Wasit berusia 38 tahun ini adalah seorang pemecah rekor. Tak terhitung berapa kali ia jadi wasit wanita pertama yang memimpin pertandingan sepak bola internasional di berbagai ajang. Termasuk Piala Dunia Wanita, Ligue One Prancis, dan UEFA Super Cup.

Frappart juga wanita pertama yang memimpin pertandingan sepak bola pria di Champions League tahun 2020. Sebelum diumumkan jadi wasit di Qatar, ia juga sempat bertugas di laga final Coupe de France 2022 dan juga pertandingan kualifikasi Piala Dunia ketika Belanda melawan Latvia tahun 2021 lalu.

4. Karen Diaz Medina

Karen Diaz Medina
Sumber foto: Mexsport via Milenio

Selain para wasit utama seperti wanita di atas, tentunya ada juga beberapa asisten wasit wanita yang menemani. Salah satunya adalah Karen Diaz Medina asal Mexico.

Diaz adalah yang termuda, baru mendapatkan sertifikasi asisten wasit pada 2018 lalu. Rekam jejaknya meliputi beberapa turnamen Concacaf, termasuk Kejuaraan Wanita U-17 di Managua, Nicaragua, dan Scotiabank Concacaf League.

5. Kathryn Nesbitt

Kathryn Nesbitt
Sumber foto: Olympics

Selanjutnya ada Kathryn Nesbitt, asisten wasit asal Amerika Serikat. Uniknya, dahulu Nesbitt sempat bekerja sebagai ahli kimia sebelum meninggalkannya untuk jadi wasit. Ia memang suka sekali dengan sepak bola sejak kecil.

Namanya juga sedang populer, apalagi setelah sukses memimpin pertandingan antara Columbus Crew dan Seattle Sounders di ajang MLS. Ia adalah wanita pertama yang berhasil jadi wasit di pertandingan sepak bola di Amerika Utara!

6. Neuza Back

Neuza Back
Sumber foto: Reprodu o

Terakhir, ada Neuza Back dari Brazil yang sudah jadi wasit FIFA sejak 2012. Ia mengawali kariernya sebagai wasit pada 2009 dan sejak itu mulai sering memimpin pertandingan lokal di Brazil.

Salah satu laga bergengsi yang sempat ia pimpin adalah Copa America Feminina tahun 2018 lalu.

Akhir Kata

Nah, itu tadi ulasan lengkap tentang keenam wasit wanita yang tak cuma cantik tapi juga berbakat yang berhasil bertugas di Piala Dunia 2022 Qatar. Hal itu berhasil jadi sejarah, karena sebelumnya tak ada wasit wanita yang pernah bertugas di ajang tersebut hingga kini.

Kita harap agar hal ini bisa membuka pintu kesempatan bagi wasit wanita lainnya untuk terlibat di kejuaraan sebesar ini di masa depan ya, geng. Siapa tahu akan ada wasit wanita asal Indonesia juga di World Cup selanjutnya.

Baca juga artikel seputar Hiburan, Viral, atau artikel menarik lainnya dari Syifa Nuri Khairunnisa.

ARTIKEL TERKAIT
Hadiah Pemenang Piala Dunia 2022 377a1
Ternyata Segini Hadiah yang Bakal Didapat Negara Pemenang Piala Dunia 2022, Termahal Sepanjang Sejarah!
Profil Spanyol Piala Dunia 2022 Ac8f5
Profil Spanyol di Piala Dunia 2022, Generasi Baru Matador yang Siap Unjuk Gigi!
Portugal Piala Dunia B1aae
Profil Portugal di Piala Dunia 2022, Ajang Pembuktian CR7 Sebagai The GOAT!
Jerman Piala Dunia 2022 Def54
Profil Jerman di Piala Dunia 2022, Tidak Semenakutkan Seperti Dulu?
Profil Inggris Di Piala Dunia 2022 Cf163
Profil Inggris di Piala Dunia 2022, Punya Skuad Matang yang Siap Juara!
Profil Belanda 51a09
Profil Belanda di Piala Dunia 2022, Waktunya Akhiri Kutukan Runner Up?
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal