7 Aplikasi Pendeteksi Gempa Terbaik dan Paling Akurat 2022, Tetap Waspada!

Default

Berada di Ring of Fire, membuat Indonesia jadi salah satu negara yang cukup sering dilanda gempa bumi. Makanya, memiliki aplikasi gempa di HP bisa dibilang sebagai kewajiban.

Dengan aplikasi pendeteksi gempa terbaik, kita bisa melacak lokasi terjadinya bencana alam agar bisa tetap waspada dan mengambil langkah penyelamatan diri secepat mungkin jika diperlukan.

Kini, kamu bisa mengetahui informasi bencana, khususnya jika terjadi gempa bumi secara real time cuma dengan menginstal aplikasi info gempa terbaik 2022 yang bakal Jaka rekomendasikan di bawah ini.

1. MAGMA Indonesia

Magma Indonesia
Sumber foto: Play Store - aplikasi gempa bumi dunia

Pertama, ada MAGMA Indonesia dari Pusat Vulkanologi dan Mitigas Bencana Geologi, Badan Geologi, Kementerian ESDM. Aplikasi ini rasanya pantas menyandang predikat aplikasi gempa dan tsunami terbaik.

Tak cuma melacak lokasi gempa saja, tapi ada juga informasi aktivitas gunung api, letusan/abu vulkanik untuk penerbangan, informasi tanggapan gempa bumi atau tsunami, dan masih banyak lagi.

Kamu bisa melacak gempa terkini Padang, Bali, dan berbagai wilayah lainnya serta apa dampak bencana tersebut pada wilayah sekitar.

Detail MAGMA Indonesia
Developer Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi
OS Minimal Android 4.1 ke atas
Ukuran 5MB
Download 100.000+
Rating 4.3/5 (Google Play)

>>>MAGMA Indonesia<<<

2. WRS-BMKG

Wrs Bmkg
Sumber foto: Play Store - BMKG gempa hari ini 2022

Sedikit berbeda dari aplikasi Info BMKG yang memberikan informasi lengkap tak hanya gempa bumi saja tapi juga bencana alam terdahsyat lainnya hingga informasi cuaca terkini, aplikasi WRS-BMKG khusus memberikan info soal gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Indonesia.

Aplikasi gempa BMKG ini menyediakan fitur peta, daftar kejadian gempa bumi skala kecil hingga besar, prediksi terjadinya tsunami, peta wilayah bahaya, jarak gempa dari lokasi kita, dan lainnya.

Bahkan, aplikasi informasi BMKG gempa terkini hari ini juga menyediakan fitur panduan keselamatan resmi dari BMKG tentang apa yang harus kita lakukan dalam situasi bencana yang sedang terjadi. Anti panik!

Detail WRS-BMKG
Developer Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
OS Minimal Android 4.4 ke atas
Ukuran 2.9MB
Download 100.000+
Rating 4.6/5 (Google Play)

>>>Download WRS-BMKG<<<

3. EQ Info

Eq Info
Sumber foto: Play Store - aplikasi gempa di Jepang, Taiwan

EQ Info bisa banget diandalkan sebagai salah satu cara mengetahui dimana ada gempa. Nggak cuma bisa melacak lokasi di seluruh dunia, tapi juga ada informasi waktu terjadinya gempa, jarak kamu ke epicenter, dan panduan keselamatan yang bisa dilakukan jika terjebak dalam situasi bencana.

Kamu juga bisa melaporkan terjadinya gempa bumi hari ini Indonesia lewat fitur "Apakah Kamu Merasakannya". Ada juga fitur push notification dan sharing informasi ke media sosial agar kamu bisa memperingatkan orang lain.

Detail EQInfo
Developer gempa GmbH
OS Minimal Android 7.0 ke atas
Ukuran 20.93MB
Download 100.000+
Rating 4.7/5 (Google Play)

>>>Download EQ Info<<<

4. My Earthquake Alerts

My Earthquake Alerts
Sumber foto: Play Store - aplikasi untuk memantau gempa terkini 2 menit yang lalu

Aplikasi alarm gempa terbaik selanjutnya adalah My Earthquake Alerts. Dengan desain antarmukanya yang sangat sederhana, kamu pasti nggak akan kebingungan.

Aplikasi yang sepenuhnya gratis ini menyediakan peta gempa bumi live yang bisa melacak dari seluruh dunia dengan informasi lengkap mulai dari kedalaman hingga jaraknya dari lokasimu.

Ada juga fitur alarm yang bakal memberi peringatan kalau terjadi gempa. Kamu jadi bisa langsung menyelematkan diri jika diperlukan.

Detail My Earthquake Alerts - Map
Developer jRustonApps B.V.
OS Minimal Android 5.0 ke atas
Ukuran 12MB
Download 1.000.000+
Rating 4.8/5 (Google Play)

>>>Download My Earthquake Alerts<<<

5. inaRISK Personal

Inarisk Alert
Sumber foto: Play Store - BMKG Bali gempa terkini hari ini

Dikembangkan oleh Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB), inaRISK Personal merupakan aplikasi gempa terkini Jakarta 2022 berikutnya yang Jaka rekomendasikan.

Menggunakan hasil kajian yang dibangun oleh BNPB bersama kementrian dan lembaga terkait serta dukungan Organisasi Kebencanaan yang ada di Indonesia, aplikasi inaRSIK menawarkan fitur-fitur yang sangat komplet.

Pasalnya aplikasi ini mampu menampilkan berbagai macam informasi seputar lokasi terjadinya bencana gempa, tsunami, banjir, tanah longsor, hingga letusan gunung api lengkap dengan panduan apa yang harus kita lakukan ketika terjadi bencana seperti itu. Biar nggak panik dan bisa cepat menyelamatkan diri, geng.

Detail inaRISK Personal
Developer Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)
OS Minimal Android 5.0 ke atas
Ukuran 22.05MB
Download 100.000+
Rating 4.3/5 (Google Play)

>>>Download inaRISK Personal<<<

6. Earthquake Network - Detektor Gempa

Earthquake Network
Sumber foto: Play Store - apakah gempa bumi bisa dideteksi

Aplikasi gempa iPhone dan Android terbaik selanjutnya adalah Earthquake Network atau Detektor Gempa yang bakal memberikan alarm dan peringatan jika terjadi gempa langsung ke HP kamu.

Fitur utama yang ditawarkan berupa peringatan dini gempa, peringatan seismik berdasarkan laporan pengguna, data gempa nasional dan internasional, dan masih banyak lagi.

Detail Earthquake Network
Developer Futura Innovation SRL
OS Minimal Android 5.0 ke atas
Ukuran 14MB
Download 5.000.000+
Rating 4.4/5 (Google Play)

>>>Download Earthquake Network<<<

7. Volcanoes & Earthquakes

Volcanoes And Earthquakes
Sumber foto: Play Store - aplikasi gempa bumi akurat

Terakhir, ada aplikasi gempa dunia yang cukup bisa diandalkan, yakni Volcanoes & Earthquakes. Aplikasi ini menampilkan peringatan gempa bumi dan gunung meletus real time yang terjadi di seluruh dunia dan disekitarmu.

Bukan hanya informasi gempa bumi saja, kamu juga bisa mendapat informasi lain mengenai gunung yang sedang mengalami erupsi, memberi laporan "saya merasakan gempa bumi", dan masih banyak fitur bermanfaat lainnya.

Aplikasi ini juga tergolong cukup akurat karena memberikan informasi gempa berdasarkan badan geologi di tiap masing-masing negara.

Detail Volcanoes & Earthquakes
Developer VolcanoDiscovery
OS Minimal Android 4.1 ke atas
Ukuran 4MB
Download 1.000.000+
Rating 4.7/5 (Google Play)

>>>Download Volcanoes & Earthquakes<<<

Akhir Kata

Nah, itu tadi daftar aplikasi gempa terbaik dan paling akurat tahun 2022 yang wajib kamu miliki, geng.

Dengan fitur peringatan real time terjadinya gempa dan panduan keselamatan resmi dari lembaga, kamu bisa mengantisipasi dampak buruk yang mungkin terjadi agar bisa keluar dari situasi tersebut dengan selamat.

Kamu juga bisa menggunakan informasi tersebut untuk memantau sanak keluarga dan sahabat yang tinggal di daerah lain atau bahkan luar negeri, loh.

Baca juga artikel seputar Hiburan, Viral, atau artikel menarik lainnya dari Syifa Nuri Khairunnisa.

ARTIKEL TERKAIT
Gempa Bumi Terdahsyat 55312
10 Gempa Bumi Terbesar yang Pernah Tercatat Dalam Sejarah
6b998223ed23394ba1319b703ec10da5
5 Aplikasi Pendeteksi Gempa Terbaik Untuk Android
Pjimage 70 B66f1 2 C31cc
Sesar Lembang di Fase Akhir Pelepasan Energi, Risiko Gempa Besar?
Untitled Design 2021 01 26t150823 835 3f7ab
Viral soal Sesar Lembang di WA dan Medsos, Bakal Ada Gempa Besar?
Cara Deteksi Gempa Pake Hp Banner 07e64
Cara Menggunakan HP Sebagai Alat Pendeteksi Gempa Bumi
Gempa Maluku 879c5
Breaking News! Gempa Maluku M 6,1 Berpotensi Tsunami | Warga Diminta Jauhi Pantai
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal