Download SketchUp Terbaru 2024, Rancang Rumah dengan Mudah!

Default

SketchUp adalah salah satu software modeling 3D terpopuler yang terkenal dengan kemudahannya. Sekarang, kamu nggak perlu lagi bergantung pada komputer buat berkreasi.

SketchUp APK memungkinkan kamu bisa menuangkan ide 3D kapanpun dan dimanapun lewat perangkat iOS. Fiturnya bisa membantumu membangun model 3D, mulai dari rumah, gedung, furnitur, hingga objek-objek kompleks lainnya.

Software ini cocok banget buat desainer profesional, pelajar, maupun penggemar desain 3D yang ingin belajar dan berkreasi secara mobile. Butuh link download SketchUp? Cek tautannya di bawah ini.

Download SketchUp APK Versi Terbaru Gratis

Tertarik untuk mewujudkan ide kreatif 3D kamu dengan SketchUp APK? Kamu bisa mendapatkan aplikasinya secara gratis melalui Google Play Store.

Spesifikasi SketchUp APK:

Detail SketchUp
Developer Trimble Inc.
Versi 6.5.1
Tanggal Update 13 Juni 2024
OS Minimal OS 16.0 atau versi lebih baru
Ukuran 370,1 MB

>>>Download SketchUp - iOS<<<

>>>Download SketchUp 2024 - Windows<<<

>>>Download SketchUp 2024 - Mac<<<

Cara Install SketchUp & Cara Menggunakan SketchUp**

Untuk menginstall SketchUp APK, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi di perangkat kamu.
  • Cari "SketchUp" pada kolom pencarian.
  • Pilih aplikasi SketchUp by Trimble dan ketuk tombol "Install".
  • Tunggu hingga proses instalasi selesai.

Setelah terinstall, kamu bisa langsung membuka aplikasi desain ini dan mulai berkreasi. SketchUp menawarkan berbagai tutorial dan panduan online yang akan membantu kamu mempelajari dasar-dasar modeling 3D.

Fitur Aplikasi SketchUp

SketchUp memiliki metode Push and Pull yang telah dipatenkan. Hal ini berarti para penggunanya cukup mengklik objek, kemudian mulai menariknya sampai berbentuk model 3D. Terdengar mudah, kan, caranya?

Masih ada fitur-fitur SketchUp lain yang dijamin bisa bikin kamu semakin tertarik untuk download SketchUp for free. Mau tahu apa saja? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Bisa 2D dan 3D

Download Sketchup For Free A6e60
Sumber foto: SketchUp

Nggak cuma bisa membuat animasi 3D, kalau kamu download SketchUp gratis, kamu juga bisa bikin bentuk 2D, lho.

Hal ini tentunya bermanfaat jika kamu ingin menggambar berbagai bentuk bangun datar, seperti garis, lingkaran, persegi panjang, segitiga, dan bentuk-bentuk poligon lainnya.

Nantinya, kamu bisa membuat macam-macam bangun datar tersebut menjadi bangun ruang dengan fitur Push and Pull yang telah Jaka sebutkan di atas, geng.

2. Tersedia Banyak Tools

Download Sketchup Gratis 71651
Sumber foto: SketchUp Help Center

SketchUp menyediakan sebanyak 36 large tools untuk membangun permodelan 2D atau 3D dan 6 solid tools untuk mempermudah proses penggabungan gambar.. Beberapa di antaranya adalah Select, Paint Bucket, Eraser, Freehand, dan Move.

Apalagi bagi kamu yang sedang merancang bentuk 3D, kamu akan sangat terbantu dengan tool Pan untuk melihat objek secara vertikal dan horizontal, Look Around untuk melihat bangunan dari titik stasioner, serta Walk kalau kamu ingin melihat ke sekeliling model 3D yang sudah dibangun.

3. Fitur Rendering Lengkap

Download Sketchup 8 Pro Gratis D65f0
Sumber foto: Malavida

Setelah kamu selesai membuat rancangan desain, kamu bisa export file ke berbagai format, seperti JPG, BMP, TIFF, dan PNG untuk model 2D. Sementara itu, tersedia format DEM, DDF, DWG, DXF, dan SKP untuk model 3D.

Nggak cuma itu, kamu bahkan bisa render scene video dan gerakan yang ada dalam desainmu ke format video populer, seperti MOV dan AVI sehingga hasil karyamu mudah untuk ditunjukkan kepada orang lain.

4. Upload Hasil ke Google Earth

Google Sketchup Free Download Full Version 2b4b7
Sumber foto: Cadsoft Solutions Limited

Fitur lain yang nggak kalah keren dan canggih dari SketchUp adalah kamu bisa membagikan hasil desainmu ke Google Earth, sehingga para pengguna lainnya bisa melihat bentuk rancangan tersebut. Siapa tahu desainmu bisa menginspirasi mereka, geng.

Kelebihan dan Kekurangan SketchUp APK

Dibandingkan dengan software modeling 3D lainnya, SketchUp APK memiliki beberapa keunggulan dan kekurangan. Berikut ini adalah detailnya.

Kelebihan:

  • Mudah Digunakan: SketchUp punya tampilan yang intuitif dan gampang dipelajari, sehingga cocok untuk pengguna pemula maupun profesional.
  • Gratis: SketchUp APK menawarkan versi gratis dengan fitur yang cukup lengkap untuk kebutuhan dasar.
  • Mobile: Dengan SketchUp APK, kamu bisa berkreasi dan mendesain model 3D dimanapun dan kapanpun.
  • Pustaka Model 3D Gratis: SketchUp menyediakan pustaka model 3D gratis yang luas, memudahkan kamu untuk menemukan referensi atau objek yang dibutuhkan.

Kekurangan

  • Ekstensi: Kamu tidak dapat menggunakan ekstensi pihak ketiga untuk memperluas fungsionalitas SketchUp APK.
  • Impor/Ekspor Format File Tertentu: Versi gratis tidak mendukung impor dan ekspor format file tertentu, seperti DWG dan FBX.
  • Cetak: Kamu tidak dapat mencetak desain 3D kamu secara langsung dari versi gratis.
  • Kualitas Rendering: Kualitas rendering pada versi gratis mungkin tidak setinggi versi berbayar.

Perbaruan pada SketchUp 2024

SketchUp merilis pembaruan terbaru pada tahun 2024 untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam merancang. Berikut adalah ringkasan perubahan yang dibawa oleh SketchUp 2024:

  1. Desain 3D Lebih Canggih dan Intuitif: Sekarang, SketchUp memiliki fitur desain 3D yang lebih canggih dan mudah dipahami. Fitur-fitur seperti Aspek dan Rotasi telah ditingkatkan untuk menciptakan desain yang lebih realistis.

  2. Pencarian Otomatis: Kemudahan dalam menemukan fitur-fitur editing dengan fungsi pencarian otomatis di dalam aplikasi.

  3. Terintegrasi dengan Layanan Cloud: Sekarang SketchUp terhubung dengan layanan cloud, memungkinkan pengguna untuk menyimpan, membagikan, dan mengedit proyek-proyek desain secara fleksibel dan kolaboratif.

  4. Penggabungan Desain Otomatis: Fitur baru yang memungkinkan pengguna menggabungkan proyek-proyek desain 3D secara otomatis untuk meningkatkan efisiensi.

  5. Manajemen Proyek yang Lengkap: SketchUp dilengkapi dengan fitur manajemen proyek yang lebih baik, termasuk pengelolaan folder, catatan, daftar tugas, dan lainnya.

  6. PreDesign: Alat berbasis web yang membantu meningkatkan keakuratan penelitian desain sebelum pengerjaan.

  7. Pemetaan yang Memudahkan: Penambahan fitur Tag Filtering dan Tag Folders untuk memudahkan pengelolaan dan penyuntingan proyek.

  8. Komponen Langsung (Live Components): Objek parametrik baru yang memungkinkan penyesuaian detail dalam desain secara langsung.

Dengan pembaruan ini, SketchUp terus memperbaiki fitur-fiturnya untuk memenuhi kebutuhan para pengguna dalam merancang dengan lebih efisien dan kreatif.

Akhir Kata

SketchUp APK adalah software modeling 3D yang sempurna untuk siapa saja yang ingin berkreasi dan mewujudkan ide-ide 3D mereka. Dengan tampilan yang mudah digunakan, fitur yang lengkap, dan pustaka model 3D gratis, SketchUp APK menjadi pilihan yang tepat bagi para desainer pemula maupun profesional.

Baca artikel dan berita menarik dari JalanTikus lainnya di Google News

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal