7 Cara Mengatasi Kamera Instagram Error Terlengkap 2022, Mudah & Dijamin Berhasil

Default

Kamera Instagram error menjadi salah satu masalah yang sering dikeluhkan para pengguna Instagram (IG). Fitur terbaik yang berisikan filter-filter estetik IG itu acapkali nggak bisa dibuka.

Ketika ingin mengambil gambar, kamera nggak bisa diklik sama sekali. Hasilnya, kamera tetap berjalan, tetapi hasil jepretan tidak tampil. Tentu saja hal itu membuat para pengguna bingung.

Imbas dari masalah Instagram Error ternyata nggak sampai di sana saja, geng. Usut punya usut juga sampai bikin para pengguna bertanya kenapa handsfree Instagram juga tidak berfungsi.

Makanya, buat menjawab masalah yang ada, Jaka mau memberikan solusi mengenai errornya Instagram, khususnya soal kenapa kamera Instagram error di tahun 2022 ini. Jika hal itu melanda kamu, kamu wajib simak ulasannya di bawah. Selamat membaca!

Ciri-Ciri Instagram Error

Ciri Ig Eror 97c60
Sumber foto: Pixabay - Kenali ciri-ciri kamera Instagram eror hari ini 29 Juni 2022

Aplikasi media sosial Instagram tak hanya dikenal sebagai tempat bersosialisasi. Seiring zaman berkembang, IG juga dimanfaatkan pengguna sebagai sarana pemasaran.

Kecanggihan IG yang luar biasa itu akhirnya membuat salah satu platform besutan Meta laris manis. Sayangnya, hal tersebut belum diimbangi dengan sistem yang ciamik, geng.

Instagram sering bermasalah sehingga membuat para pengguna sebal. Buktinya saja kemarin (29 Juni 2022) nggak sedikit yang melaporkan kalau IG error.

Penyebabnya ialah fitur krusial kamera Instagram tidak berfungsi dengan baik alias error. Lalu, ada beberapa penyebab lainnya yang membuat Instagram eror dan bisa kamu kenali gejalanya dengan mudah, antara lain:

  • halaman Home nggak bisa di-refresh,
  • Instagram Explore error alias tidak menampilkan apapun,
  • gagal login ke account Instagram.

Namun begitu, kamu nggak perlu panik saat menghadapi masalah itu, ya, terutama soal kamera Instagram error. Sebab, bisa jadi karena jaringan internet yang kamu gunakan, bukan karena sistem IG.

Buat memastikannya, kamu bisa mengecek jaringan internet lebih dahulu. Lalu, tanyakan ke teman-temanmu atau pengguna lain apakah mereka mengalami masalah yang sama atau tidak. Jika tidak, berarti Instagram down dan error.

Bagaimana Cara Mengatasi Kamera Instagram Error

Langkah Mengatasi Ig Kamera Eror C7b53
Sumber foto: Pixabay - Cara atasi kamera IG yang error dengan mudah dan cepat

Lantas, bagaimana cara mengatasi kamera selfie di Instagram yang error tersebut? Secara khusus Jaka akan membagikan beberapa langkah pemulihan kamera IG yang bermasalah di bawah.

Cara pemulihan ini bisa kamu manfaatkan di berbagai perangkat, mulai dari Samsung, di HP Xiaomi, dan iPhone. Adapun caranya bisa kamu cek di bawah ini.

1. Mengatasi Kamera IG Error dengan Logout Akun

Cara Logut Ig Dengan Cepat E67ce
Sumber foto: Pixabay - Kamera IG apakah masih error?

Cara pertama yang bisa membantumu mengatasi masalah kamera Instagram error dan bug lainnya di IG ialah dengan keluar dari Instagram. Meski langkah ini terbilang dasar, tetapi cukup ampuh buat mengatasi bug. Berikut cara keluar dari akun Instagram.

  1. Buka Instagram di HP.
  2. Klik foto profil yang ada di bagaian bawah.
  3. Klik ikon baris tiga ke bawah di bagian atas.
  4. Pilih menu Pengaturan.
  5. Scroll ke bawah dan pilih menu Logout

Setelah itu, masuk kembali ke Instagram menggunakan akun kamu. Lalu, masuk ke kamera dan ambil swafoto. Selesai!

2. Cara Mengatasi Kamera Instagram Error dengan Refresh

Refresh Akun Ig Eece8
Sumber foto: Pixabay - Cara mengatasi IG yang down

Sudah mengeluarkan akun Instagram dan masuk kembali, tetapi aplikasi kamera tersebut masih bermasalah juga? Kalau begitu, kamu bisa melakukan pembersihan halaman dengan me-refresh Beranda.

  1. Keluar dari fitur kamera IG.
  2. Usap Beranda dengan cara tarik ke bawah, kemudian lepaskan.
  3. Tunggu IG menampilkan pembaruan.
  4. Masuk ke fitur kamera lagi, kemudian gunakan kamera seperti biasa.
  5. Selesai.

3. Bersihkan Ruang Penyimpanan untuk Atasi Bug IG

Cara Hapus RAM Hp A42bd
Sumber foto: phonearena.com - Membersihkan memori HP tanpa aplikasi

Kamera IG tidak bisa dipencet karena error juga dapat disebabkan oleh penuhnya ruang penyimpanan kamu, geng. Bisa saja fitur kamera sudah diperbarui IG, tetapi kamu masih menggunakan versi Instagram yang lama.

Imbasnya, fitur kamera pun error. Karena memori penuh, kamu jadi nggak bisa meng-update IG ke versi terbaru 2022. Jika demikian ceritanya, maka mau nggak mau kamu harus membersihkan ruang penyimpanan HP, geng.

Untuk membersihkan ruang penyimpanan tersebut dapat kamu lakukan dengan cara berikut.

  1. Buka aplikasi pembersih RAM yang sudah kamu instal.
  2. Klik menu Bersihkan atau Hapus Data untuk memperlega memori.
  3. Tunggu beberapa saat.
  4. Selesai.

Untuk kamu yang belum menggunakan aplikasi pembersih RAM, kamu bisa simak dan dapatkan deretan aplikasi pembersih RAM untuk Android dan PC terbaik yang ada di bawah. Jaka sudah menyiapkan 10 Aplikasi Pembersih RAM beserta review lengkapnya.

Aplikasi Pembersih Ram Banner Bb33d
10 Aplikasi Pembersih RAM Android Dan PC Terbaik, Anti Lag!
HP kamu mendadak lemot? Mungkin kamu butuh aplikasi pembersih RAM yang bisa membuat enteng kinerja HP kamu, Cek rekomendasi aplikasinya di artikel ini!
LIHAT ARTIKEL

Namun, kalau kamu enggan menambah aplikasi karena memori nggak cukup, kamu bisa melakukan pembersihan RAM dengan menggunakan sistem bawaan dari HP kamu masing-masing. Adapun caranya ialah sebagai berikut.

  1. Buka Pengaturan.
  2. Kunjungi Perawatan perangkat baterai.
  3. Pilih menu Memori
  4. Klik Hapus Sekarang (jumlah memori cache yang dapat dihapus).
  5. Tunggu beberapa saat sampai sistem selesai membersihkan data.

Sebagai informasi, nama fitur pembersih di setiap HP berbeda-beda. Namun, kamu bisa mencari fitur tersebut dengan ketik "Memori" di kolom pencarian Pengaturan, kemudian ikut instruksi Jaka di atas.

4. Membersihkan Cache Secara Berkala

Menghapus Cache Ig 44eee
Sumber foto: Kompas.com - Tutorial membersihkan cache di HP Android dan iPhone

Terkadang, saat kamu mengakses suatu aplikasi maupun situs, cache masih muncul dan memakan ruang penyimpanan. Jumlah cache yang ada di memori kamu itu dapat menyebabkan permasalahan sistem.

Begitu juga di Instagram. Saat kamu menggunakannya, pasti ada saja cache yang tertinggal dan bikin memori penuh. Oleh karena sebab itu, kamu wajib menghapusnya secara berkala. Caranya ialah seperti berikut.

  1. Masuk ke Pengaturan.
  2. Pilih menu Aplikasi Terinstall.
  3. Cari aplikasi Instagram, kemudian klik.
  4. Pilih menu Cache.
  5. Klik dan setujui hapus.

Ketika cache dihapus, semua data, mulai dari riwayat pencarian, konten, dan posting-an tersimpan nggak bakalan hilang, kok, geng. Jadi, aman banget. Memori kamu bakalan lebih lega jika menghapusnya. Bahkan, bug IG juga bisa kamu atasi dengan mudah.

5. Beri Izin Instagram untuk Mengakses Kamera

Izin Mengakses Kamera A0582
Sumber foto: Pixabay - Memberikan izin aplikasi untuk akses kamera

Masalah kamera Instagram tidak bisa diakses juga dapat disebabkan oleh izin yang belum pengguna berikan. Pasalnya, aplikasi semacam Instagram yang menyediakan fitur kamera pasti bakalan meminta izin penggunanya lebih dahulu.

Jadi, semisal kamu mau menikmati fitur tersebut secara optimal, kamu harus memberikan izin ke IG buat mengakses kamera HP agar kamera di IG bisa digunakan dengan mudah. Lantas, bagaimana cara memberikan izin IG untuk mengakses kamera?

  1. Buka Pengaturan di HP.
  2. Buka menu Manajemen Aplikasi.
  3. Cari dan klik aplikasi Instagram.
  4. Usap ke bawah, masuk ke opsi "Izin Aplikasi".
  5. Jika sudah, masuk ke kamera IG lagi.
  6. Selesai.

Kalau sudah diberikan izin, barulah setelah itu fitur kamera bisa kamu gunakan dengan baik. Kamu dapat mengambil gambar dan bahkan membuat video boomerang di IG dengan cepat.

6. Cara Mengatasi Instagram Kamera yang Error dengan Uninstal App

Cara Memulihkan Ig Yang Bermasalah 0fa48
Sumber foto: Doc.JalanTikus - Menghapus aplikasi Android

Cara selanjutnya dapat kamu lakukan kalau langkah-langkah pemulihan tadi masih belum berhasil. Pasalnya, dengan cara menghapus Instagram lebih dahulu, masalah bug bisa selesai dengan baik.

Hanya saja, cara ini sedikit merepotkan buat mereka yang lupa password Instagram. Namun begitu, sering menjadi solusi efektif untuk atasi bug.

Cara menghapus Instagram dari HP dapat kamu lakukan dengan cara berikut.

  1. Buka Play Store atau Apps Store di perangkat kamu.
  2. Klik menu Uninstal.
  3. Tunggu beberapa saat sampai permintaan diproses.
  4. Lalu, instal kembali aplikasi tersebut.
  5. Selesai.

Setelah sudah kamu instal lagi, jangan lupa untuk masuk ke Instagram, ya. Lalu, coba kunjungi fitur kamera dan ambil selfie di sana.

7. Cara Mengatasi Kamera Selfie IG yang Error dengan Report

Cara Report Issue Di IG 97a96
Sumber foto: Pixabay - Melaporkan masalah aplikasi

Cara terakhir yang bisa Jaka bagikan ialah dengan melaporkan masalah tersebut ke pihak Instagram. Jika semua pemulihan yang kamu lakukan secara mandiri dari perangkat ternyata nggak membuahkan hasil apapun, artinya masalah itu memang hanya bisa diatasi oleh pihak Instagram saja.

Biar mereka mengetahui masalah yang ada, kamu wajib melaporkanny dengan cara sebagai berikut.

  1. Buka Pengaturan di Instagram.
  2. Setelah itu, ketuk menu Bantuan.
  3. Lalu, klik menu Laporkan Masalah.
  4. Ketuk lagi Laporkan Masalah
  5. Isi keluhkan di kolom keluhan.
  6. Selesai.

Bonus: Aplikasi Kamera Terbaik & Terbaru 2022

Aplikasi Kamera Estetik Android 15c04
Sumber foto: Pixabay - Rekomendasi aplikasi selfie terbaik selain IG

Selain Instagram, sebetulnya ada banyak aplikasi kamera terbaik yang bisa kamu gunakan buat hasilkan foto yang estetik, geng. Aplikasi ini menjadi andalan banyak orang dalam hal potret-memotret, lho.

Kamu nggak perlu mencari aplikasi yang bagus buat foto ke mana-mana. Jaka sudah menyiapkan beberapa aplikasi terbaik itu di bawah. Jadi, kamu tinggal pilih saja. Cekidot!

FAQ Seputar Kamera Instagram yang Error

Tak hanya mengumpulkan aplikasi kamera foto estetik, Jaka juga berhasil menghimpun beberapa pertanyaan terkait Instagram down yang menyebabkan kamera error dan coretan di IG tidak muncul.

Adapun pertanyaan itu ialah di antaranya sebagai berikut ini. Cekidot!

1. Kenapa kamera Instagram tidak berfungsi?

Penyebab kamera IG tidak berfungsi dengan baik bisa disebabkan oleh adanya bug dari sistem atau masalah otoritas alias izin akses yang belum pengguna berikan. Untuk mengatasinya, kamu bisa berikan izin akses tersebut dengan mengunjungi menu Pengaturan >> Aplikasi >> Instagram >> Izin mengakses kamera.

2. Apakah kamera error di IG sering terjadi?

Tidak juga. Hanya saja, masalah tersebut muncul beberapa hari yang lalu sehingga banyak yang melaporkan masalah itu di media sosial dan trending di mana-mana.

Selain itu, bukan hanya masalah tersebut saja. IG juga acapkali error. Contohnya pada tahun 2021 lalu, IG dan WA error bersamaan.

3. Apa langkah terbaik yang bisa dilakukan jika IG error lagi?

Lakukan penyelesaian masalah secara mandiri lebih dahulu. Kamu bisa mengatasinya dengan cara yang sudah Jaka spill di atas. Namun, yang terbaik, jika dialami oleh semua pengguna, ialah dengan melaporkan issue tersebut ke pihak IG agar mereka segera mengatasinya.

Akhir Kata

Demikian penjelasan Jaka mengenai cara mengatasi kamera Instagram error terlengkap 2022 yang bisa kamu lakukan. Semoga dengan cara ini, bug di IG bisa kamu atasi dengan mudah, ya, geng. Sekian dan selamat mencoba!

Baca juga artikel seputar Cara Download File di Google Drive atau artikel Tips lainnya dari Rismawati Idris.

ARTIKEL TERKAIT
Instagram 93b10
Kumpulan Caption Instagram Kekinian, Auto Banjir Likes!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal