Mengenal Rekening Himbara Milik Pemerintah untuk Cairkan Dana BSU Tahap ke-2!

Default

Akhir-akhir ini istilah rekening Himbara ramai dibicarakan oleh masyarakat, terutama oleh para calon penerima Bantuan Subsidi Uang (BSU) pemerintah 2022.

Dibicarakannya istilah ini bukan tanpa alasan, geng. Selain karena rekening Himbara menjadi sarana penerima uang bantuan itu, banyak juga yang kepo mengenai apa itu Himbara dan siapa ketuanya.

Meskipun Himbara sudah ada sejak lama, tetapi istilah tersebut belum diketahui secara merata oleh masyarakat luas. Banyak yang akhirnya bingung dengan istilah perbankan yang satu ini.

Oleh karena itulah, Jaka pun secara khusus membahas tentang apa itu Himbara lewat ulasan di bawah. Di sana, Jaka telah mengupas secara tuntas mengenai empat (4) bank Himbara dan apakah BSI termasuk bank Himbara atau bukan. Yuk, simak sampai habis!

Apa yang Dimaksud dengan Rekening Himbara?

Daftar Bank Yang Tergabung Dalam Himbara 059c6

Sumber foto: swa.co.id - Mengenal istilah rekening bank Himbara.

Bagi sebagian orang, Himbara bukanlah istilah baru yang pertama kali mereka dengar. Di antara mereka mungkin sering mendengarkan istilah tersebut dalam perbincangan mengenai perbankan.

Namun, buat kamu yang belum tahu, Himbara adalah akronim dari kata Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) yang dipopulerkan oleh Rini Soemarno (mantan Menteri BUMN periode 2014-2019).

Istilah ini tak hanya sekadar populer saja, usut punya usut, Himbara menjadi salah satu proyek yang dilakukan oleh Rini Soemarno di masa jabatannya.

Pasalnya, ex Menteri BUMN itu menggabungkan beberapa bank pelat merah yang berada di bawah naungan BUMN sebagai anggota Himbara. Adapun bank yang termasuk dalam kelompok Himbara, di antaranya ialah Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, dan Bank BTN.

Dari keempat bank Himbara di atas, apakah bank BSI juga termasuk ke dalam bank Himbara? Dilansir dari Kompas.com, BSI adalah bank yang dibentuk hasil merger tiga bank syariah di Indonesia.

Secara posisi, BSI merupakan bank milik negara Indonesia. Namun, bukan termasuk entitas dari bank Himbara tersebut, geng.

Program Kerja Rekening Himbara

Himbara tak hanya menghubungkan empat bank kenamaan milik negara saja. Akan tetapi, turut membuat proyek integrasi lainnya dalam bentuk ATM bersama bernama Link.

Yap! ATM Link yang sering kamu lihat nangkring di mini market atau tempat lainnya itu merupakan bagian dari produk dan program Himbara, geng.

Lewat ATM Link, nasabah yang mempunyai rekening Himbara di empat bank yang tadi Jaka sebutkan dapat melakukan transaksi penarikan dan transfer uang ke sesama pemegang rekening Himbara tanpa biaya admin.

Hanya saja, untuk transaksi beda bank, pembelian paket internet, maupun pembayaran listrik masih dikenai biaya administrasi. Biaya adminnya beragam, bergantung transaksi yang kamu lakukan.

Selain dalam bentuk ATM, Himbara juga turut mengadakan kerja sama dengan perusahaan listrik milik negara, yaitu PLN. Himbara bersama PLN sepakat mendukung pengembangan green ecosystem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) nasional.

Harapannya, lewat sinergitas yang dilakukan itu bakalan hadir lingkungan yang lebih baik bagi generasi mendatang. Bahkan, pengembangan motor listrik juga diharapkan akan lebih masif daripada sekarang.

Kinerja Bank Himbara

Link Dari Himbara 96b32

Sumber foto: ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN/WS - Apa saja yang dilakukan oleh bank Himbara pemerintah?

Saat ini, rekening bank Himbara yang kamu pegang diketuai oleh Sunarso. Ia merupakan Direktur Utama Bank BRI.

Dari pimpinannya, bank Himbara mencatat laba yang lebih besar daripada tahun 2020 di tahun 2021 lalu.

Masih Jaka lansir dari sumber yang sama, Kompas.com, mencatat bahwa Himbara meraup laba sebesar Rp72,9 triliun di tahun 2021, sedangkan di tahun 2020 sebesar Rp40.34 triliun. Pencapaian itu naik sebesar 78,06 persen.

Sayangnya, untuk mengintip progres Himbara di tahun 2022 ini nggak bisa kamu lakukan secara langsung karena Himbara tidak memiliki website resmi.

Himbara hanya sebatas istilah yang mengkonsilidasikan empat bank milik negara dalam semangat dan visi yang sama.

Kalau kamu mau tahu lebih dalam mengenai kinerja Himbara, silakan cari tahu lewat laman BUMN atau laman anggota bank Himbara yang kamu inginkan.

Bagaimana Jika Penerima BSU Tidak Memiliki Rekening Himbara?

MENGAMBIL UANG DI BANK HIMBARA B2865

Sumber foto: Pixabay - Penerima BSU 2022 masih bisa mencairkan uang bantuan tanpa rekening Himbara.

Tak hanya bertanya mengenai apa yang dimaksud dengan Himbara, pengguna juga banyak bertanya menyoal apakah BSU bakalan tetap cair jika tidak memiliki rekening Himbara sama sekali? Jawabannya tentu saja bisa, geng.

Sekalipun kamu nggak mempunyai rekening bank Himbara yang Jaka sebutan di atas, uang bantuan yang menjadi hak kamu bakalan bisa dicairkan, kok.

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, pernah berkata kepada awak media bahwa penerima BSU tetap bisa mencairkan uangnya, walaupun nggak punya rekening Himbara.

Kamu masih bisa mendapatkan uang BSU sebesar Rp600.000 tersebut lewat kantor Pos terdekat.

"Dalam rangka mempercepat proses penyaluran BSU, pemerintah juga bekerja sama dengan PT Pos Indonesia. Dengan begitu, penerima nggak perlu panik," tutur Menaker Ida yang Jaka kutip dari Liputan6.com

Nah, maka dari itu, kamu jangan langsung panik apabila nggak punya nomor rekening Himbara, baik itu rekening BRI, BNI, Mandiri, maupun BTN, ya. Tinggal datang saja ke kantor Pos terdekat buat mendapatkan bantuan tadi, geng.

Akhir Kata

Demikian penjelasan Jaka mengenai rekening Himbara yang wajib kamu ketahui di tahun 2022 ini. Sederhananya, Himbara bukanlah rekening suatu bank, melainkan istilah yang menyebutkan konsolidasi bank-bank milik negara, seperti BNI, Mandiri, BRI, dan BTN.

Jadi, semisal kamu punya rekening bank BRI, berarti kamu bisa mencairkan uangmu lewat rekening tersebut, geng. Nggak perlu lagi bikin rekening lain.

Semoga penjelasan Jaka dapat kamu pahami dan bermanfaat, ya. Sekian dari Jaka. Sampai jumpa pada pembahasan berikutnya!

Baca juga artikel seputar Download TikTok Seller APK 2022 untuk Jualan Online atau artikel Tips lainnya dari Rismawati Idris.

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal