Cara Nonton Piala Dunia TV Digital Paling Mudah, Gratis dan Anti Ribet!

Default

Cara nonton Piala Dunia TV digital sekarang lagi dibutuhkan banyak orang. Apalagi, siaran TV analog juga sudah resmi ditutup pemerintah sehingga orang-orang harus mencari cara lain buat nonton FIFA World Cup 2022 yang sedang berlangsung di Qatar.

Nah, kalau kamu baru ingin mulai beralih ke siaran TV digital, perlu diketahui juga bahwa tidak semua stasiun TV bisa menyiarkan tayangan live pesta sepak bola tersebut. Kamu pun harus menetahui stasiun TV mana saja yang menjadi pemegang hak siar Piala Dunia 2022 di Indonesia.

Dalam hal ini, hak siar tersebut dipegang oleh EMTEK Grup yang juga pemilik sub-holding Surya Citra Media (SCM). Jadi kamu bisa nonton live streaming Piala Dunia 2022 gratis melalui stasiun SCTV, Indosiar, Moji, dan Mentari TV.

Lantas, bagaimana cara setting dan cari siaran channel yang menayangkan siaran langsung Piala Dunia 2022 di TV digital? Untuk penjelasan dan tutorial selengkapnya bisa kamu simak di bawah ini, ya!

Cara Setting TV Digital Buat Nonton Piala Dunia

TV Luar Negeri Yang Menyiarkan Piala Dunia 2022
Sumber foto: IST - Setting TV Digital

Agar bisa menikmati laga-laga di Piala Dunia 2022 di siaran digital, kamu perlu memiliki perangkat yang sudah mendukung sinyal digital. Apabila perangkat kamu masih berupa TV analog, maka kamu memerlukan alat bernama set top box atau STB.

Adapun kamu harus membeli STB dengan kode khusus DVB-T2 sebagai platform yang mendukung penyiaran digital di Indonesia, serta termasuk dengan dekoder yang dipasang pada perangkat TV.

Jika sudah lengkap, kamu harus memastikan lebih dulu kalau TV analog dan STB sudah benar terkoneksi dengan kabel-kabel penghubungnya. Nantinya, layar TV akan menunjukkan tampilan menu STB apabila pemasangannya sudah sesuai.

Selanjutnya, kamu tinggal melakukan setting STB di TV analog agar bisa menangkap channel siaran digital dengan cara berikut ini:

  1. Nyalakan STB dan TV tabung.
  2. Pastikan menu STB sudah tampil pada layar TV.
  3. Gunakan remote control STB untuk memindah dan memilih menu. Jangan lupa atur bahasa, resolusi gambar, serta kode pos. Untuk isi kode pos, masukkan kode pos sesuai lokasi keberadaan STB.

Masih belum jelas atau ada tahapan yang belum dimengerti? Silakan cek penjelasan lebih lengkap seputar cara memasang STB di TV analog pada artikel berikut ini:

Cara Memasang Set Top Box 60393
Cara Memasang Set Top Box Di TV Tabung & LED/LCD, Nikmati Siaran Jernih!
Bingung melakukan proses migrasi dari siaran analog ke digital? Tenang, simak cara memasang set top box untuk TV tabung dan LCD/LED berikut ini!
LIHAT ARTIKEL

Cara Mencari Siaran Piala Dunia 2022 TV Digital

Piala Dunia Di Acak
Sumber foto: IST - Cara Memindai Siaran Piala Dunia di TV Digital

Jika kamu sudah melakukan langkah-langkah di atas dengan benar, maka bisa dipastikan jika TV analog dan STB sudah dapat difungsikan. Sedangkan langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah memindai channel TV digital yang dapat kamu tonton.

Silakan ikuti langkah-langkah setting siaran TV digital berikut ini:

  1. Nyalakan STB dan TV tabung.
  2. Jika menu STB sudah ditampilkan, klik Pencarian Otomatis.
  3. Tunggu beberapa saat hingga STB menampilkan hasil pemindaian siaran TV digital yang menjangkau area yang kamu tinggali.
  4. Cek apakah stasiun TV pemegang hak siar Piala Dunia seperti SCTV, Indosiar, Moji, dan Mentari TV termasuk di dalamnya atau tidak.

Sementara jika kamu telah memiliki perangkat TV yang sudah dilengkapi dekoder DVB-T2, kamu hanya memanfaatkan remote saja untuk mencari menu pemindaian.

Setiap TV digital pasti memiliki cara yang hampir sama dalam memindai saluran siaran digital. Jika sinyal kurang kuat, tambahkan antena luar bila diperlukan.

Kira-kira beginilah langkah yang perlu dilakukan apabila TV kamu sudah mendukung siaran digital:

  1. Tekan tombol Menu pada remote TV digital.
  2. Pilih Saluran dan pilih submenu Pemindaian Saluran Otomatis.
  3. Pilih Jenis Saluran.
  4. Sebagian jenis TV digital akan menampilkan tiga sub menu yaitu Analog, Digital, atau keduanya. Silakan pilih Digital lalu tunggu sampai pemindaian channel selesai.
  5. Cek apakah stasiun TV pemegang hak siar Piala Dunia seperti SCTV, Indosiar, Moji, dan Mentari TV sudah tersimpan atau belum. Jika sudah, maka kamu sudah bisa nonton siaran Piala Dunia 2022.

Apakah Bisa Nonton Piala Dunia di TV Analog?

TV Thailand Menyiarkan Piala Dunia 2022
Sumber foto: IST - Cara Nonton Piala Dunia di TV Analog

Bagi kamu yang masih memiliki TV analog dan belum membeli STB khusus, mungkin kamu cukup ragu apakah tetap bisa dipakai nonton Piala Dunia atau tidak. Namun jika kamu menyimak ulasan Jaka di atas, maka dipastikan hal tersebut tidak bisa.

Maka dari itu, kamu mau tak mau harus memiliki perangkat TV yang sudah mendukung siaran digital, entah itu dengan menambahkan STB atau dengan membeli TV baru yang sudah support channel digital.

Adapun pengecualian barusan hanya diperuntukkan bagi kamu yang area tempat tinggalnya belum terkena dampak kebijakan Analog Switch Off (ASO) sehingga masih bisa menonton siaran TV analog tanpa perlu STB.

Memang pelaksanaan ASO untuk saat ini belum menyeluruh, namun pemerintah dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan terus memperluas cakupan migrasi TV analog ke digital ini di Tanah Air. Jadi, kamu tetap harus bersiap-siap, ya.

BONUS: 6 Cara Nonton Piala Dunia 2022, Bisa untuk PC dan HP

Sebenarnya, kamu masih bisa menyaksikan laga-laga seru di Piala Dunia 2022 melalui alternatif lain seperti smartphone, PC atau laptop. Tapi tentu saja tidak gratis dan harus berlangganan layanan resmi terlebih dahulu.

Untuk penjelasan lebih lengkap dan detail, silakan klik artikel Jaka lainnya pada tautan di bawah ini:

Cara Nonton Piala Dunia 2022 58346
6 Cara Nonton Piala Dunia 2022 Gratis & Berlangganan, Dukung Tim Jagoanmu!
Bingung di mana mendukung tim jagoanmu di Piala Dunia Qatar? Simak daftar cara nonton Piala Dunia secara mudah dan praktis di sini sekarang!
LIHAT ARTIKEL

Akhir Kata

Itulah tadi ulasan dari Jaka mengenai cara nonton Piala Dunia TV digital yang saat ini sedang banyak ingin diketahui orang. Dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah Jaka jelaskan di atas, kamu dijamin bisa nonton Piala Dunia 2022 secara gratis di TV digital, deh.

Selamat mencoba dan semoga berhasil tanpa adanya kendala, ya!

Baca artikel mengenai Aplikasi Skorlife BI Checking, Aplikasi Kanggo, atau artikel menarik lainnya dari Muhammad Irsyad.

ARTIKEL TERKAIT
Cytus 2 Mod Apk Banner B8fe0
Download Cytus 2 MOD APK, Semua Unlocked dan Gratis!
Rooster Defense Mod Apk Banner 6f677
Download Rooster Defense MOD APK, Unlimited Money!
Asphalt Nitro Mod Apk Banner 7745b
Download Asphalt Nitro 2 MOD APK 1.0.9 Terbaru 2021, Unlimited Money!
House Flipper Mod Apk 6b3f0
Download House Flipper MOD APK v1.182 Terbaru 2022, Unlimited Money & Coins
Untitled Design 2021 05 28t105959 634 Cb138
Download Stumble Guys MOD APK v0.44.3 Terbaru 2023, Unlimited Money & Gems!
Zombie Catcher Banner A6520
Download Zombie Catchers MOD APK v1.30.26, Kejar dan Tangkap Para Zombie!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal