Meta Toy City, Game Web3 Penghasil Kripto dan NFT dengan Grafis Piksel Unik!

Default

Bagi kamu yang kangen permainan dengan grafis piksel, kamu mungkin bakal menyukai Meta Toy City. Game Web3 dengan karakter lucu ini diklaim menghasilkan NFT dan token kripto!

Permainan ini digarap untuk Android dan iOS, namun masih dalam tahap pengembangan. Gameplay-nya hampir sama seperti game RPG pada umumnya.

Tapi, tentu saja permainan ini menghasilkan cuan karena kamu bisa mendapat NFT dan minting token. Cocok untuk investasi jangka panjang!

Buat kamu yang penasaran dengan game ini, yuk, baca ulasan Jaka mengenai permainan yang mirip dengan Meta Toy Dragon ini. Mulai dari review, cara daftar, hingga cara bermainnya.

Review Meta Toy City Web3

Nft3
Sumber foto: MetaToyCity.io - Ulasan Meta Toy City

Mengutip whitepaper-nya, Meta Toy City adalah game RPG berbasis blockchain. Gameplay-nya berupa hack and slash, jadi tiap karakter alias pet akan bertarung satu sama lain dalam mode PVE (player versus environment).

Permainan ini dibangun di atas Polygon Chain dan ditenagai oleh token ZMT dan MGOLD, token governance dan utilitiy di dalam game.

Dalam roadmap pengembangannya, Meta Toy City web3 dijadwalkan hadir di Android pada kuartal I 2022. Sementara untuk iOS, jadwal pastinya akan diumumkan kemudian hari.

Sama seperti game Web3 lainnya, permainan ini menggunakan konsep play-to-earn (P2E). Jadi, dengan memainkan permainan ini, kamu akan mendapat imbalan berupa NFT dan token kripto.

Fitur Utama Meta Toy City

Nft1
Sumber foto: MetaToyCity.io - Fitur Meta Toy City

Seperti yang Jaka sebutkan sebelumnya, saat ini, game Meta Toy City masih dalam tahap pengembangan. Namun, jika membaca whitepaper-nya, kira-kira ada dua fitur utama game ini:

1. Play-to-Earn (P2E)

Di permainan ini, kamu berkesempatan mendapat NFT dan token kripto jika memenangkan suatu pertarungan. NFT ini bisa kamu tukarkan dengan item lain yang berharga, kamu jual, atau kamu simpan sebagai koleksi. Tokennya bisa kamu simpan di dompet kripto atau dicairkan.

2. Marketplace

NFT dan token kritpo yang kamu dapatkan bisa kamu transaksikan di sini. Di marketplace ini, kamu juga bisa membeli sejumlah token, item untuk meng-upgrade karaktermu di dalam permainan, atau bahkan menaikkan level mereka.

3. Grafis Piksel

Grafis piksel yang diusung game ini membuat pemain bernostalgia! Kamu pasti sering melihat game dengan grafis seperti ini sewaktu kecil, bukan? Meskipun bukan 3D, tapi tetap menarik dan unik!

In Game Currency & NFT Items

Jaka akan memberikan sedikit informasi mengenai token yang digunakan di dalam ekosistem Meta Toy City 2022 beserta item-item NFT yang ditawarkan.

1. Harga Token ZMT dan MGOLD

Terdapat dua jenis token di dalam Meta Toy City. Pertama, token governance ZMT sebagai pengatur operasi koin, token, dan proyek lain di dalam ekosistem ini.

Suplai maksimal token ZMT ialah 1 miliar, dengan distribusi paling besar, yaitu 40% untuk P2E. Pemain bisa mendapatkannya dengan membeli di marketplace, ditukar melalui transfer P2P, atau didapat dengan staking Meta Toy Guild House.

Kedua, ada token utilitas MGOLD, dengan suplai unlimited dan bisa digunakan untuk breed dan merge hero-hero di sini plus membeli hewan peliharaan dan paket Game Shops.

Sayangnya, kedua token ini belum bisa dilacak di CoinMarketCap. Mengutip _roadmap_nya, dua token ini akan diluncurkan tahun 2023.

2. Aset NFT

Nah, untuk item-item NFT yang ada di permainan ini terbagi menjadi dua, yaitu Heroz dan Guild House (rumah perkumpulan/perhimpunan para hero).

  • Hero: dibedakan berdasarkan generasi, grade, nama dan lore atau legenda yang melekat padanya. Kamu bisa mengawinkan (breed) hero-heromu agar mempunyai anak dengan kekuatan unik, campuran dari dua hero tersebut.
  • Guild House: rumah para hero yang ditawarkan sebagai markas guild (perhimpunan). Nantinya, kamu akan dapat MGOLD dengan menyewakan rumah karaktermu. Rumah ini bisa di-upgrade dengan koin ZMT.

Cara Daftar di Game Meta Toy City

Nft4
Sumber foto: MetaToyCity.io - Cara Daftar Meta Toy City

Seperti yang Jaka sebutkan sebelumnya, mengutip whitepaper, game ini masih dikembangkan. Jadi, kolom pendaftarannya juga belum dibuka untuk umum.

Situs webnya, metatoycity.io, sudah bisa diakses. Terlihat, game ini tersedia untuk Android dan iOS. Namun, link-nya belum bisa diakses dan masih bertuliskan Coming Soon.

Pihak Meta Toy City masih fokus membuka ruang untuk komunitas berbagi dan berdiskusi mengenai proyek mereka ini. Kamu juga bisa mengikutinya di Twitter atau Discord.

Cara Main Game Web3 Meta Toy City

Nft2
Sumber foto: MetaToyCity.io - Cara Main Meta Toy City

Meskipun belum rilis, tapi gameplay Meta Toy City Android bisa dipahami secara umum. Di permainan ini, kamu perlu memiliki hero untuk bertarung melawan hero lainnya demi memenangkan NFT atau token kripto.

Chapter pertama game ini bertajuk Save The City in Danger. Heromu harus berusaha dengan kuat untuk menyelamatkan kota! Untuk menang, heromu harus dilengkapi dengan baju (armor) dan senjata mumpuni.

Cara upgrade-nya bisa dengan membeli item tertentu di marketplace. Kamu juga bisa menjadi lebih kuat jika kamu punya anak dari dua hero yang kamu miliki.

Jika menang melawan hero lain, kamu akan dibawa ke level yang lebih tinggi, dengan tantangan lebih sulit, dan hadiah yang lebih menarik. Teruslah bertahan dan raih posisi tertinggi supaya kamu bisa klaim banyak token dan NFT.

NFT yang didapat bisa ditransaksikan di marketplace, sementara tokennya bisa dicairkan melalui exchange atau transfer peer-to-peer (P2P).

Apakah Meta Toy City Aman dan Menghasilkan Kripto dan NFT?

Perlu Jaka sebutkan lagi, permainan ini masih dalam tahap pengembangan. Jadi, belum pernah ada yang mencobanya.

Namun, jika dilihat dari keseriusan pengembang menyantumkan informasi di whitepaper, Jaka yakin permainan ini aman dan benar-benar menghasilkan kripto. Kamu bisa lihat perhitungan bisnis mereka di whitepaper yang Jaka maksud (klik di sini untuk membaca).

Di sana, pengembang memasang target penjualan NFT yang cukup realistis. Informasi selebihnya masih disusun oleh mereka. Kita tunggu saja _update- terbarunya!

Akhir Kata

Meta Toy City iOS dan Android bakal jadi alternatif game Web3 dengan grafis yang unik nan memikat! Apalagi, permainan ini gratis karena sifatnya P2E.

Meski begitu, kamu harus sabar menunggu game ini rilis pada 2023 mendatang, ya. Versi Android akan rilis terlebih dahulu, baru setelahnya versi iOS.

Jaka sarankan kamu untuk memahami istilah cryptocurrency sebelum memainkan game ini, soalnya permainan ini berbeda dari game Android biasanya. Jika butuh referensi bacaan, bisa lihat artikel berikut.

Istilah Dalam Cryptocurrency Cf8da
30+ Istilah Dalam Cryptocurrency Terlengkap 2022, Trader Wajib Tahu!
Cryptocurrency adalah mata uang digital terdesentralisasi berteknologi blockchain. Sebelum berinvestasi, ketahui istilah-istilah kripto berikut ini!
LIHAT ARTIKEL

Baca juga artikel Web3, VCGamers, Creo Engine, atau artikel menarik lainnya dari Athika Rahma

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal