4 Jenis Mobil Listrik dan Teknologinya, Manakah Pilihan Terbaik Kamu?

Default

Jenis mobil listrik terbagi ke dalam beberapa kategori yang masing-masing membawa teknologinya sendiri. Mengenali jenis-jenisnya membantumu untuk memutuskan merek dan model mobil listrik apa yang sesuai dengan kebutuhan, geng.

Faktanya, mobil listrik tidak hanya diproduksi dalam satu jenis saja. Setidaknya, saat ini ada empat jenis mobil listrik yang sudah diproduksi secara masif dan siap dikendarai di jalanan Indonesia.

Beberapa pabrikan, sebut saja mobil listrik Toyota memiliki jenis yang lengkap di industri kendaraan elektrik ini. Mulai dari BEV, HEV, PHEV, hingga FCEV bisa dipilih sesuai dengan gaya berkendara.

Tertarik dan sedang mencari mobil listrik yang sesuai kebutuhan? Sebelum memutuskan, simak dulu berbagai jenis mobil listrik lengkap dengan penjelasannya berikut ini!

Apa Itu Mobil Listrik?

Toyota Lexus UX 300e
Sumber foto: Toyota - Jenis Mobil Listrik

Pengertian mobil listrik adalah mobil yang menggunakan energi listrik berasal dari baterai atau tempat penyimpan energi lainnya. Sebenarnya, mobil listrik sudah populer pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, tetapi meredup karena teknologi mesin pembakaran yang lebih disukai kala itu.

Baru pada tahun 2000-an para produsen mulai serius mengembangkan kendaraan-kendaraan listrik, termasuk mobil sebagai salah satu jenisnya. Di negara Indonesia sendiri, pada tanggal 1 April 2012 pemerintah mengucurkan Rp100 miliar untuk riset mobil listrik.

Ada beberapa jenis teknologi elektrifikasi kendaraan, meliputi Hybrid Electric Vehicle (HEV), Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), dan Battery Electric Vehicle (BEV).

Mobil jenis ini pun dinilai mampu mengurangi polusi udara. Selain itu, kesan canggih dan tampilan body yang lebih futuristik dibandingkan jenis konvensional, membuat banyak orang mulai beralih menggunakan mobil listrik.

Apa Saja Jenis Mobil Listrik?

Toyota C Pod
Sumber foto: Toyota - Jenis Mobil Listrik

Inovasi mobil dengan tenaga listrik sebenarnya bukan hal yang baru, karena mobil listrik sebenarnya telah mulai dirintis sejak tahun 1880-an. Istilah mobil listrik itu sendiri lebih condong pada Battery Electric Vehicle (BEV).

Selain itu, masih ada jenis-jenis mobil elektrifikasi lainnya, seperti Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug In Hybrid Electric Vehicle (PHEV), dan Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV). Berikut jenis-jenis mobil listrik dengan fungsinya masing-masing.

1. Battery Electric Vehicle (BEV)

Battery Electric Vehicle benar-benar tidak menggunakan bahan bakar sama sekali dengan moda penggerak sepenuhnya bergantung pada daya baterai lithium-ion. Sumber dayanya didapat dari sistem pengisian ulang energi listrik.

Kelebihan utamanya adalah mobil yang satu ini benar-benar dipastikan ramah lingkungan. Mobil BEV juga lebih hemat energi dibanding mobil konvensional yang menggunakan bahan bakar minyak.

Contoh merek mobil listrik jenis BEV:

2. Hybrid Electric Vehicle (HEV)

Hybrid Electric Vehicle digerakkan oleh dual sistem, yakni kolaborasi antara motor listrik dan bahan bakar. Mobil listrik jenis hybrid ini tidak memerlukan isi ulang listrik atau stasiun pengisi ulang, karena memanfaatkan energi dari bahan bakar.

Konsumsi energi mobil ini tetap efisien dan hemat karena membagi pekerjaan pada dua sumber energi. Sebagian besar pekerjaan mobilitas (bergerak) dikendalikan oleh energi bahan bakar dan daya dari baterai untuk menjalankan fungsi sekunder.

Contoh merek mobil listrik jenis HEV:

3. Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV)

Plug-in Hybrid Electric Vehicle bekerja dengan perpaduan energi dari baterai motor listrik dan bahan bakar. Meski sekilas mirip HEV, perbedaan krusialnya adalah baterai mobil PHEV bisa juga diisi dayanya dengan di-charge seperti BEV.

Perpaduan sistem energi pada mobil listrik jenis ini menawarkan manfaat lain. Misalnya, sumber energi mobil PHEV ini bisa berfungsi layaknya genset yang bisa mengaliri listrik ke rumah. Ini bisa sangat bermanfaat terutama saat kondisi darurat.

Contoh merek mobil listrik jenis PHEV:

  • Porsche Cayenne S E-Hybrid
  • Ford C-Max Energi
  • Hyundai Sonata
  • BMW i8
  • Mini Cooper SE Countryman
  • Marcedes S550e

4. Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV)

Fuel Cell Electric Vehicle menggunakan hidrogen sebagai sumber energi untuk menghasilkan listrik dari sistem sel bahan bakar. Mobil listrik jenis ini juga dikenal sebagai kendaraan Zero Emission.

Cara kerja mobil listrik ini perkembangan yang paling baru. Alhasil, belum ada terlalu banyak pabrikan otomotif yang merintis sumber energi satu ini. Mobil listrik Hyundai model Nexo jadi kendaraan yang mengadopsi jenis ini.

Contoh merek mobil listrik jenis FCEV:

  • Honda Clarity Fuel Cell
  • Toyota Mirai
  • Hyundai Tucson FCEV

Berbagai Kelebihan Mobil Listrik

Wuling Air Ev
Sumber foto: IST - Jenis Mobil Listrik

Kelebihan mobil listrik yang ditawarkan dibanding kendaraan konvensional berbahan bakar minyak harus diakui memang menggiurkan buat banyak orang. Berbagai teknologi dan fitur canggih yang disematkan, membuat mobil listrik nyaris unggul dalam setiap aspek.

Penasaran dengan kelebihan apa saja yang dibawa oleh mobil listrik? Simak beberapa poin yang Jaka sajikan di bawah ini.

1. Ramah Lingkungan

Mobil listrik disebut sebagai mobil ramah lingkungan, karena tidak menghasilkan emisi yang dapat mempengaruhi polusi udara di sekitarnya. Kendaraan ini memiliki mekanisme laju yang diproses menggunakan daya listrik.

Berkat teknologi penggerak tersebut, mobil jenis ini tidak akan menghasilkan residu emisi Co2 dan Co. Bisa dikatakan, mobil listrik menjadi solusi pilihan kendaraan untuk daerah perkotaan yang sudah terpapar polusi udara tinggi.

2. Suara Mesin Tidak Bising

Digerakkan oleh listrik, maka suara mesin yang dihasilkan mobil ini jadi lebih senyap atau tidak bising. Hal ini membuat pengemudi lebih nyaman dan fokus saat berkendara di jalan, sehingga menambah pengalaman berkendara terbaik.

Berkat suara yang tidak bising, maka kabin dalam mobil lebih sunyi dan tenang. Kamu akan merasakan kenyamanan ekstra ketika sedang menikmati obrolan di perjalanan. Sementara mesin mobil konvensional biasanya menghasilkan getaran ke dalam kabin.

3. Perawatan Mudah & Hemat

Mengingat mobil listrik tidak menggunakan mesin seperti mobil konvensional, maka perawatan yang diperlukan pun akan lebih sedikit. Hal ini dikarenakan mobil listrik tidak memiliki sistem pembuangan.

Biaya yang dikeluarkan untuk pengisian daya mobil listrik pun lebih murah dibandingkan dengan pengisian bahan bakar di mobil konvensional. Selain itu, mobil listrik juga tidak perlu mengganti oli, radiator, dan lainnya.

4. Benefit Pajak & Bebas Ganjil-Genap

Guna meningkatkan penggunaan kendaraan listrik, pemerintah mendukung dengan memberikan stimulus. Menurut Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2022 Tentang Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah, mobil listrik termasuk ke dalam lima jenis kendaraan yang dikecualikan dari Objek PKB dan BBNKB.

Mobil listrik dapat kebebasan untuk melintas di kawasan ganjil-genap. Pasalnya, berdasarkan Pergub DKI Jakarta Nomor 88 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Gubernur Nomor 155 Tahun 2018 tentang Pembatasan Lalu Lintas dengan Sistem Ganjil-Genap, kendaraan listrik dikecualikan dari peraturan ganjil-genap di Jakarta.

5. Performa Taktis

Meski digerakkan dengan daya listrik, performa mobil listrik tak kalah dibandingkan dengan mobil konvensional. Saat pedal diinjak, torsi puncak pada mobil listrik akan langsung tersedia.

Jadi, kamu tak perlu menunggu pada putaran mesin tertentu agar mobil langsung melaju sesuai dengan kecepatan yang dihendaki. Beda dengan mobil konvensional yang torsi puncaknya baru tersedia pada putaran mesin tertentu.

Contoh Mobil Listrik di Indonesia

Hyundai Kona
Sumber foto: Hyundai - Jenis Mobil Listrik

Harus diakui, harga mobil listrik yang masih belum semurah mobil-mobil konvensional menjadi salah satu alasan utama minimnya adopsi oleh masyarakat Indonesia. Banderol mobil listrik biasanya tiga kali lipat lebih mahal dibanding mobil berbahan bakar minyak.

Meski begitu, harapan untuk bisa memiliki mobil listrik di garasi rumah kamu tidak benar-benar sirna. Pasalnya, di Indonesia sendiri beberapa pabrikan mulai menghadirkan model-model mobil listrik dengan harga yang lebih masuk akal.

Nama-nama seperti DFSK, Wuling, hingga Hyundai memiliki model yang dapat dipilih untuk menjadi mobil listrik. Kamu bisa kunjungi artikel Jaka lainnya di bawah ini untuk mendapatkan informasi contoh mobil listrik yang sudah ada di Indonesia.

Mobil Listrik Termurah 83cb2
6 Mobil Listrik Termurah 2022 Di Indonesia, Ada Harga Di Bawah Rp100 Juta!
Harapan untuk bisa memiliki mobil listrik dengan harga terjangkau masih ada! Cek daftar mobil listrik termurah di Indonesia 2022 di sini.
LIHAT ARTIKEL

Akhir Kata

Itulah penjelasan jenis mobil listrik yang penting kamu ketahui untuk menjadi bahan pertimbangan sebelum memilih merek serta modelnya. Meski sama-sama melibatkan energi listrik, jika diteliti lebih jauh ternyata ada cukup banyak perbedaan.

Sekarang, tergantung kamu untuk memilih seperti jenis mobil listrik yang sesuai dengan kebutuhan berkendara. Namun yang pasti, masing-masing jenisnya membawa teknologi dan inovasi lebih maju dibanding mobil konvensional.

Baca juga artikel Mobil Tesla Termurah, Motor Listrik Murah Terbaik, atau artikel menarik lainnya dari Ilyas.

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Jual Beli Online Terbaik Banner 9adf7
Bukalapak Hilang dari Play Store, Ini Aplikasi Jual Beli Online Terbaik Lainnya!
Untitled Design 2021 01 02t130607 151 2f106
Cara Jualan Online di Facebook Bagi Pemula, Biar Laris Manis!
Situs Jual Beli Online
7 Situs Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia
Cara Jualan Online Cea99
Cara Jualan Online Tanpa Modal dan Laris Terlengkap 2021 | Jaminan Sukses!
Adegan Terbaik Fast And Furious Banner F111c
7 Adegan Terbaik di Seri Film Fast & Furious, Penuh Aksi Menegangkan!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal