Pahami 3 Jenis Prinsip Kerja Motor Listrik, Ini Masing-masing Perbedaannya!

Default

Prinsip kerja motor listrik dirancang untuk membuat kendaraan jenis ini dapat digunakan dengan memanfaatkan energi terbarukan. Performa dari sepeda motor listrik yang beredar di pasaran tentu dipengaruhi oleh prinsip kerja bawaan setiap pabrikan.

Motor listrik kini memang menjadi salah satu jenis kendaraan yang diminati banyak orang, termasuk di Tanah Air. Selain lebih ramah lingkungan, biaya perawatan motor listrik lebih hemat terlebih untuk jangka panjang.

Sebagai salah satu negara dengan basis pengguna sepeda motor terbesar, adopsi kendaraan listrik roda dua seharusnya menjadi prioritas. Memahami prinsip kerja kendaraan jenis ini bisa membantu meningkatkan penggunaan motor listrik secara lebih masif lagi.

Ingin wawasan kamu tentang kendaraan ramah lingkungan ini semakin bertambah dari segi teknis? Yuk, simak penjelasan prinsip kerja motor listrik selengkapnya yang sudah Jaka sajikan berikut ini.

Apa Itu Motor Listrik?

Apa Itu Motor Listrik 312c2
Sumber foto: Unsplash - Prinsip Kerja Motor Listrik

Motor listrik adalah kendaraan roda dua yang menggunakan mesin pengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Kendaraan ini dinilai ramah lingkungan karena menggunakan energi listrik sebagai pengganti bahan bakar minyak.

Banyak melakukan inovasi, para pabrikan pun menciptakan jenis baterai sebagai sumber energi yang dapat menunjang jarak tempuh kendaraan ini. Rata-rata, sebuah motor listrik bisa mencapai jarak tempuh 55-100 km dalam satu kali pengisian daya.

Sepeda motor listrik memiliki sejumlah kelebihan yang menarik, seperti efisiensi tinggi, akselerasi spontan, suara mesin lebih halus, serta perawatan mudah dan terjangkau. Motor jenis ini tentunya juga tidak menyebabkan pencemaran udara.

Saat ini, sudah banyak merek sepeda motor listrik dengan model beragam yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan selera. Mulai dari motor listrik Jepang hingga Eropa, kamu dapat menemukan dan membelinya bahkan di pasar otomotif nasional.

Bagaimana Prinsip Kerja dari Motor Listrik?

Bagaimana Prinsip Kerja Dari Motor Listrik E74e4
Sumber foto: Unsplash - Prinsip Kerja Motor Listrik

Motor listrik dikelompokkan menjadi tiga jenis yang terdiri dari DC, Induksi, dan Sinkron. Ketiga jenis ini sebenarnya memiliki prinsip kerja serupa, tetapi dibedakan dari besaran interaksi medan magnetnya.

Simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui selengkapnya.

1. Prinsip Kerja Motor Listrik DC

Prinsip kerja motor listrik DC hadir dengan dua terminal yang memerlukan tegangan arus searah untuk menggerakkannya. Perangkat ini terdiri dari dua bagian utama yang disebut rotor dan stator. Prinsip kinerjanya menggunakan fenomena elektromagnet.

Rotor merupakan bagian yang dapat berputar dan terdiri dari kumparan jangkar, sedangkan stator adalah bagian yang justru tidak dapat berputar dan terdiri dari kumparan medan dan rangka.

Awal mulanya, arus listrik akan disalurkan pada kumparan hingga permukaannya yang merupakan magnet utara bergerak menghadap ke magnet kutub selatan. Sedangkan kumparan magnet selatan akan bergerak menghadap ada magnet kutub utara.

2. Prinsip Kerja Motor Listrik Induksi

Prinsip kerja motor induksi cukup unik, karena mesinnya tidak beroperasi dengan kecepatan sinkron. Motor induksi menggunakan prinsip induksi elektromagnetik, dengan gaya gerak listrik diinduksi dan melintasi konduktor listriknya ketika medan magnet berputar.

Gaya gerak listrik diinduksi melintasi konduktor ketika medan magnet berputar. Perangkat satu ini juga dilengkapi dengan dua bagian utama yang terdiri dari stator dan rotor. Stator merupakan bagian kumparan yang diam dan membawa belitan tumpang tindih.

Uniknya, medan magnet tersebut akan berputar ke arah berlawanan dengan arah jarum jam karena memiliki polaritas. Sedangkan rotor motor induksinya membawa belitan utama.

3. Prinsip Kerja Motor Listrik Sinkron

Prinsip kerja motor sinkron sedikit berbeda, karena tidak bergantung pada adanya arus industri agar dapat dioperasikan. Hal ini dikarenakan rotor pada motor sinkron merupakan magnet permanen yang akan disinkronkan dengan medan magnet berputar.

Jenis ini memiliki kelebihan, yaitu arus eksitasinya dapat diatur dengan mudah, memiliki kecepatan yang konstan, hanya butuh kecepatan di bawah 500RPM untuk operasi sistemnya, dan dari segi harga juga lebih murah.

Komponen Apa Saja yang Ada pada Motor Listrik?

Komponen Apa Saja Yang Ada Pada Motor Listrik 9c38d
Sumber foto: Unsplash - Prinsip Kerja Motor Listrik

Sebuah motor listrik memiliki cukup banyak komponen seperti jenis motor lainnya, tetapi beberapa komponen tidak bisa ditemukan pada motor jenis konvensional. Dikutip dari otoflik, ini komponen motor listrik beserta fungsinya.

1. Stator Coil/Armature Coil

Stator Coil/Armature Coil merupakan sebuah lilitan tembaga statis yang mengelilingi poros utama. Komponen yang satu ini nantinya akan berfungsi sebagai pembangkit medan magnet di area rotor.

2. Rotor Coil/Komutator

Rotor Coil/Komutator merupakan sebuah lilitan tembaga bersifat dinamis, karena menempel dengan main shaft atau poros utama. Semakin cepat putaran yang terjadi maka semakin banyak juga lilitannya.

3. Main Shaft

Main Shaft merupakan sebuah logam memanjang dan dijadikan tempat untuk menempel beberapa komponen lainnya. Menggunakan material alumunium, komponen ini akan awet dan tahan lama dan memiliki kualitas tahan suhu panas.

4. Brush

Brush merupakan sebuah sikat tembaga sebagi penghubung sumber arus listrik dengan rotor coil. Brush akan menempel pada rotor kecil yang terletak di ujung rotor utama, lalu gesekan terjadi didukung pegas untuk menekan brush.

5. Motor Housing

Motor Housing adalah salah satu komponen paling luar yang berfungsi sebagai pelindung semua komponen elektrik. Sebagian orang menyebutnya sebagai "rumah" komponen, karena berfungsi melindungi bagian dalam.

6. Drive Pulley

Drive Pulley adalah komponen yang berfungsi untuk mengirim putaran motor ke komponen lainnya. Komponen ini biasanya berbentuk seperti gear atau pulley sesuai dengan jenisnya.

7. Bearing

Bearing adalah komponen yang punya fungsi sebagai bantalan agar putaran berjalan dengan mulus. Umumnya komponen ini berbahan alumunium seperti poros utama. Penggunaaan bahan ini karena alumunium memiliki gaya gesek terbilang ringan yang tak menghambat putaran pada motor.

8. Dinamo

Fungsi dinamo secara umum mirip dengan piston pada motor konvensional berbahan bakar minyak. Hasil pembakaran pada motor BBM akan menggerakkan piston secara perlahan-lahan yang memicu pergerakan.

9. Baterai

Pada motor listrik, penggunaan istilah bahan bakar disebut dengan daya listrik. Daya listrik didapatkan dari baterai yang dipasok ke dinamo dan akhirnya menggerakkan sepeda motor.

10. Charger

Charger atau alat pengisi baterai motor listrik bisa dibeli secara bebas. Penggunaannya fleksibel dan semudah menghubungkannya dengan aliran listrik di rumah dengan daya atau tegangan yang juga wajib kamu sesuaikan.

Apa Saja Kelebihan Motor Listrik?

Apa Saja Kelebihan Motor Listrik Cc49d
Sumber foto: Unsplash - Prinsip Kerja Motor Listrik

Dibanding kendaraan konvensional, motor listrik memang memiliki segudang keunggulan yang berdampak positif bagi lingkungan dan pengendara itu sendiri. Berbagai merek motor listrik pun hadir untuk memenuhi kebutuhan para konsumen.

Kelebihan yang terdapat pada motor listrik tentunya menjadi hal yang menarik. Selain memiliki teknologi canggih, motor jenis ini unggul dalam jangka panjang. Berbagai teknologi dan fiturnya membuat motor listrik nyaris unggul dalam setiap aspek.

Setelah memahami prinsip kerja motor listrik sederhana, tentu kalian mulai berpikir untuk beralih dari motor konvensional. Mau lebih yakin? Simak artikel Jaka lainnya di bawah ini unutk mendapatkan informasi tentang kelebihan motor listrik.

Kelebihan Motor Listrik 0931f
5 Kelebihan Motor Listrik yang Bikin Kamu Untung & Nyaman saat Berkendara
Tak cuma ramah lingkungan dan hemat biaya perawatan, kelebihan motor listrik bisa bertahan dalam jangka panjang! Simak keuntungan lainnya di sini!
LIHAT ARTIKEL

Rekomendasi Motor Listrik Terbaik di Indonesia

Rekomendasi Motor Listrik Terbaik Di Indonesia B0a88
Sumber foto: Unsplash - Prinsip Kerja Motor Listrik

Hadirnya sejumlah motor listrik terbaik di Indonesia harus kita sambut dengan antusias. Kendaraan bertenaga listrik memang menjadi salah satu upaya untuk mengurangi pencemaran lingkungan. Motor listrik juga relatif hemat dan lebih mudah dirawat.

Bukan tidak mungkin, motor listrik sebentar lagi akan menjadi kendaraan masa depan yang menggantikan motor bertenaga Bahan Bakar Minyak (BBM). Yuk, kunjungi artikel Jaka lainnya di bawah ini untuk mendapatkan rekomendasi motor listrik terbaik.

Motor Listrik Terbaik C257e
12 Motor Listrik Terbaik di Indonesia 2022, Tangguh & Harga Terjangkau!
Lagi cari motor listrik terbaik dan murah untuk dipakai harian? Jaka punya rekomendasinya buat kamu, nih.
LIHAT ARTIKEL

Akhir Kata

Itulah penjelasan tentang prinsip kerja motor listrik yang patut kamu pahami sebagai langkah awal untuk mendukung penggunaan kendaraan ramah lingkungan. Memahami prinsip kerja ini juga dapat membantumu dalam menentukan motor listrik terbaik.

Perlu diketahui juga, pada dasarnya pemahaman tentang prinsip kerja motor listrik tak berbeda atau bahkan cenderung serupa dengan cara kerja motor listrik dan cara kerja mobil listrik. Jadi, tak perlu merasa bingung lagi, ya!

Baca juga artikel Mobil Tesla Termurah, Motor Listrik Murah Terbaik, atau artikel menarik lainnya dari Ilyas.

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Jual Beli Online Terbaik Banner 9adf7
Bukalapak Hilang dari Play Store, Ini Aplikasi Jual Beli Online Terbaik Lainnya!
Untitled Design 2021 01 02t130607 151 2f106
Cara Jualan Online di Facebook Bagi Pemula, Biar Laris Manis!
Situs Jual Beli Online
7 Situs Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia
Cara Jualan Online Cea99
Cara Jualan Online Tanpa Modal dan Laris Terlengkap 2021 | Jaminan Sukses!
Adegan Terbaik Fast And Furious Banner F111c
7 Adegan Terbaik di Seri Film Fast & Furious, Penuh Aksi Menegangkan!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal