Gaji dan Tugas Petugas KPPS Pemilu 2024: Informasi Terbaru dan Lengkap!

Default

Pada tahun 2024, petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilu mendapatkan kenaikan honorarium yang signifikan dibandingkan dengan sebelumnya. Menurut informasi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), gaji untuk ketua KPPS pada pemilu 2024 sebesar Rp1,2 juta, sementara anggota KPPS mendapatkan Rp1,1 juta. Perubahan ini merupakan hasil pengajuan langsung dari KPU yang disetujui oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Selain itu, keputusan kenaikan honor ini telah disetujui dalam Surat Kementerian Keuangan Nomor S-647/MK.02/2022 tanggal 5 Agustus 2022.

Gaji [petugas KPPS](https://jalantikus.com/news/petugas-kpps-pemilu-2024-tsai/)

Menurut laman resmi KPU, honorarium petugas KPPS pada pemilu sebelumnya sangat berbeda dengan saat ini. Untuk jabatan ketua pada pemilu 2019, gaji yang diterima hanya sebesar Rp550 ribu, sedangkan anggota mendapatkan Rp500 ribu. Namun, dengan adanya perubahan kebijakan kenaikan honorarium dari KPU yang disetujui oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu), maka nominal gaji petugas KPPS pada pemilu 2024 mengalami peningkatan yang signifikan.

Tugas Petugas KPPS

Petugas KPPS memiliki tugas dan tanggung jawab yang penting dalam pelaksanaan Pemilu. Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2011, berikut adalah tugas, wewenang, dan kewajiban petugas KPPS: - Mengumumkan dan menempelkan daftar pemilih tetap di Tempat Pemungutan Suara (TPS) - Melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara di TPS - Mengumumkan hasil penghitungan suara di TPS - Menindaklanjuti temuan dan laporan dari saksi peserta Pemilu dan masyarakat - Membuat berita acara pemungutan dan penghitungan suara serta membuat sertifikat penghitungan suara - Melaksanakan tugas lain sesuai dengan peraturan perundang-undangan

Dengan adanya peningkatan honorarium petugas KPPS serta pembahasan mengenai tugas mereka dalam pelaksanaan Pemilu, diharapkan para petugas dapat melaksanakan tugas mereka dengan baik demi terciptanya proses demokrasi yang berkualitas.

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal